Wednesday 31 July 2013

METODOLOGI PENELITIAN II SEMESTER 4 Tugas (Presentasi)


UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
MEDAN
PROPOSAL PENELITIAN
HUBUNGAN KENAKALAN REMAJA DENGAN PRESTASI BELAJAR
 
TEMA
 
Diajukan Untuk  Proposal Penelitian Dalam Penyusuan Skripsi
 
 
Oleh:
 
Nama Mahasiswa        : TJUNG TECK
NIM                                 : 113310095
Program Studi             : PSIKOLOGI (S1)
 
UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
MEDAN
JURUSAN PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI (S1)

Menyetujui:
Dosen Pembimbing Skripsi
 
 
LIANA MAILANI. S.Psi.M.A
                                                     NIP.
Mengetahui:
 
Jurusan Psikologi (S1)                                             Program Studi Psikologi
Ketua,                                                                         Ketua,
 
 
Rianda Elvinawanty S.Psi.M.Si                                LIANA MAILANI.S.Psi.M.A
NIP.                                                                             NIP.
 
Metodologi penelitian
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
 A.Pendekatan Kualitatif
Istilah penelitian kualitatif menurut Krik dan Miller (dalam Moleong, 2006) pada mulanya bersumber pada pengamatan kuantitatif. Pengamatan kuantitatif melibatkan pengukuran tingkat suatu ciri tertentu. Untuk menemukan sesuatu dalam pengamatan, pengamat harus mengetahui apa yang menjadi ciri sesuatu itu. Berdasarkan pertimbangan tersebut, peneliti
Metodologi penelitian
1. Karakteristik Penelitian Kualitatif
Menurut Alsa (2003) ada sembilan ciri penelitian kulitatif yaitu :
  a. Penelitian kualitatif memiliki setting alamiah sebagai sumber data
  b. Peneliti sebagai instrumen penelitian
  c. Penelitian kualitatif adalah deskriptif
  d. Peneliti kualitaif lebih memperhatikan proses daripada hasil penelitian
  e. Peneliti kulitatif cenderuing menganalisa datanya secara induktif
  f. Pemaknaan merupakan perhatian utama dari penelitian kualitatif
  g. Pentingnya kontak personal langsung dengan subyek
  h. Berorientasi pada kasus unik
  i. Penelitian kualitatif biasanya merupakan penelitian lapangan.
Metodologi penelitian
2. Langkah Penelitian Kualitatif
  Menurut Alsa (2003) langkahlangkah penelitian kualitatif adalah sebagai berikut :
  a. Mengidentifikasi problem penelitian
  b. Mereviu kepustakaan
  c. Menetapkan tujuan penelitian
  d. Mengumpulkan data
  e. Menganalisa dan menginterpretasi data
  f. Melaporkan dan mengevaluasi penelitian
Metodologi penelitian
Metode Pengambilan Data
  Sesuai dengan sifat penelitian kualitatif yang terbuka dan luas, metode pengambilan data kualitatif sangat beragam, disesuaikan dengan masalah, tujuan penelitian serta sifat objek yang diteliti. Metode pengambilan data dalam penelitian kualitatif antara lain: wawancara, observasi, diskusi kelompok terfokus, analisa terhadap karya (tulis, film, dan karya seni lain), analisa dokumen, analisa catatan pribadi, studi kasus, studi riwayat hidup dan sebagainya. Lofland dan Lofland (dalam Moleong, 2006) menyatakan bahwa sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata atau tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Dalam penelitian ini, metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara.
Metodologi penelitian
Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi, dan wawancara. Karena sifat penelitian kualitatif yang fleksibel dimungkinkan adanya tambahan data – data lain seperti foto ataupun  catatan  harian.
Metodologi penelitian
. Wawancara
  Menurut Banister (dalam Poerwandari, 2007) wawancara adalah percakapan dan tanya jawab yang diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Wawancara kualitatif dilakukan bila peneliti bermaksud untuk memperoleh pengetahuan tentang makna-makna subjektif yang dipahami individu, berkenaan dengan topik yang diteliti, dan bermaksud melakukan eksplorasi terhadap isu tersebut, suatu hal yang tidak dapat dilakukan melalui pendekatan lain.
Metodologi penelitian
Wawancara informal
Proses wawancara didasarkan sepenuhnya pada berkembangannya pertanyaan-pertanyaan secara spontan dalam interaksi alamiah. Tipe wawancara demikian umumnya dilakukan oleh peneliti yang melakukan observasi partisipatif. Dalam situasi demikian, orang yang diajak bicara mungkin tidak menyadari dirinya sedang diwawancarai secara sistematis untuk menggali data.
Metodologi penelitian
Wawancara dengan pedoman umum
Dalam proses wawancara ini peneliti dilengkapi dengan pedoman wawancara yang sangat umum, yang mencantumkan isu-isu yang harus diliput tanpa menentukan urutan pertanyaan, bahkan mungkin tanpa bentuk pertanyaan eksplisit. Pedoman wawancara digunakan untuk mengingatkan peneliti mengenai aspekaspek yang harus dibahas, sekaligus menjadi daftar pengecek (checklist) apakah aspekaspek relevan tersebut telah dibahas atau ditanyakan. Dengan pedoman demikian, peneliti harus memikirkan bagaimana pertanyaan tersebut akan dijabarkan secara konkrit dalam kalimat tanya, sekaligus menyesuaikan pertanyaan dengan konteks actual saat wawancara berlangsung.
Metodologi penelitian
Wawancara dengan pedoman terstandar yang terbuka
Dalam bentuk wawancara ini, pedoman wawancara ditulis dengan rinci, lengkap dengan set pertanyaan dan penjabarannya dalam kalimat. Peneliti diharapkan dapat melaksanakan wawancara sesuai sekuensi yang tercantum, serta menanyakannya dengan cara yang sama pada respondenresponden yang berbeda. Keluwesan dalam mendalami jawaban terbatas, tergantung pada sifat wawancara dan ketrampilan peneliti.
Metodologi penelitian
. Observasi
Istilah observasi ditunkan dalam bahasa latin yang berartimelihatdanmemperlihatkan”. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara actual, mencatat fenomena yang muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Observasi selalu menjadi bagian dalam penelitian psikologis, dapat berlangsung dalam konteks laboratorium (eksperimental) maupun dalam konteks alamiah (Banister, dalam Poerwandari 2007).
Metodologi penelitian
Pencatatan (recording)
Perencanaan dibuat untuk merekam (record) observasi, apakah dengan menggunakan ingatan observer, lembaran catatan, audio atau videotape, system monitoring fisiologis, penunjuk waktu, alat penghitung, atau yang lainnya.
  Menurut Banister (dalam Poerwandari, 2007) dalam membuat catatan dalam observasi halhal yang harus diperhatikan adalah
deskripsi konteks
deskripsi mengenai karakter orangorang yang diamati
deskripsi tentang siapa yang melakukan observasi
deskripsi mengenai perilaku yang ditampilkan orangorang yang diamati
interpretasi sementara peneliti terhadap kejadian yang diamati
pertimbangan mengenai alternative interpretasiinterpretasi lain
eksplorasi perasaan dan penghayatan peneliti terhadap kejadian yang diamati.
Metodologi penelitian
Menurut Banister (dalam Poerwandari, 2007) mengatakan dengan fokusnya pada kedalaman dan proses, penelitian kualitaif cenderung dilakukan dengan jumlah kasus sedikit. Suatu kasus tunggal pun dapat dipakai, bila secara potensial memang sangat sulit bagi peneliti memperoleh kasus yang lebih banyak, dan bila dari kasus tunggal tersebut memang diperlukan sekaligus dapat diungkap informasi yang sangat mendalam.
Metodologi penelitian
. Lokasi  dan Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilakukan pada bulan April tahun 2013. Proses wawancara  bisa dilakukan langsung di lokasi sekolah, di taman ataupun di rumah responden sendiri, sesuai dengan kemauan responden.
Metodologi penelitian
Alat Bantu Pengumpulan Data
  Pencatatan data selama penelitian penting sekali karena data dasar yang akan dianalisis didasarkan ataskutipanhasil wawancara. Oleh karena itu, pencatatan data harus dilakukan dengan cara yang sebaik dan setepat mungkin. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitataif cukup rumit, untuk itu diperlukan instrumen atau alat penelitian agar dapat membantu peneliti dalam mengumpulkan data (Moleong, 2006).
Metodologi penelitian
Tahap Persiapan Penelitian
Tahap Pelaksanaan Penelitian
  Prosedur Analisis Data
  Data penelitian kualitatif tidak berbentuk angka, tetapi lebih banyak berupa narasi, cerita, dokumen tertulis dan tidak tertulis (gambar atau foto) ataupun bentuk-bentuk nonangka lainnya. Penelitian kualitatif tidak memiliki rumusan atau aturan absolut untuk mengolah dan menganalisis data (Poerwandari, 2007). Moleong dan Poerwandari menjelaskan prosedur analisis data dalam penelitian kualitatif adalah sebagai berikut:
Mengelompokkan data menjadi bentuk teks
Mengelompokkan data dalam kategori-kategori tertentu sesuai dengan pokok-pokok permasalahan yang ingin dijawab. Dalam hal ini pertama-tama dilakukan sorting data untuk memilih data yang relevan dengan pokok permasalahan dan tahap kedua dilakukan coding atau pengelompokan data dalam berbagai kategori.
Dilakukan interpretasi awal terhadap setiap kategori data. Dari hasil interpretasi awal ini peneliti dapat kembali melakukan pengumpulan data dan melakukan kembali proses 1 sampai 3. Hal ini merupakan keunikan lain dari penelitian kualitatif, dimana selalu terjadi prosesbolak-balikdari pengumpulan data dan proses interpretasi atau analisis.
Mengidentifikasi tema utama atau kategori utama dari data yang terkumpul. Hal ini dilakukan untuk melihat gambaran apa yang paling utama tampil dan dirasakan oleh subjek penelitian. Jika ditemukan tema utama, maka hasil interpretasi lainnya merupakan penunjang untuk menjelaskan dinamika tema tersebut.
Metodologi penelitian
Lokasi dan Waktu Penelitian
Lokasi Penelitian
Waktu Penelitian
Teknik Obsevasi Wawancara
Rekama rekoder
Dengan wawancara mengunakan handpon sebagai alat rekoder,disaat rekaman bersama subjeck berjalan dengan lancar dengan berbagai pertanyakan dan di rekam dalam handpon
Tanyak jawab langsung kepada subjeck
Tanyak jawab langsung kepada subjeck di tempat itu, banyak informasi juga di dapat dengan hasil rekaman dari rekoder, kemudian hasil pertanyakan juga langsung di ketik kembali ke computer dengan mendengar kembali isi cerita pertanyakan dalam hasil remakan rekoder handpon verbatin
Data sempel hasil jawaban bentuk table :
Persentasi
Sekian dan terima kasih

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...