Tuesday, 25 February 2014

Psikologi Industri dan Organisasi



Sejarah Psikologi Industri
Menurut dengan masalah-masalah dalam periklanan dan penjualan 1925 Psikologi industry memulai penelitian pada teori-teori motivasi,penyeleksian karyawan,komunikasi dan tingkah laku induvidu dalam organisasi,tokoh-tokoh Psikologi industry,Walter Dill Scott(Profesor Psikologi Universitas Nortthwestern)yang memulai memperkenalkan psikologi pada bidang periklanan.Penelitian bidang kosumen ninat membeli,pengambilan keputusan,salesmanship.J.M Cattell(awal abad 20) gerakan mental testing.Psikologi dalam bisnis.Aspek kecerdasan dikaitkan dengan pekerjaan,Hugo Munsterberg(guru besar di Harvard)penelitian dalam bidang tes kerja,tahun 1912 melakukan tes seleksi personal paling awal.H.Munsterberg(1913)-Jerman Pelopor psikologi terapan lab psikologi dasar: mengkaji seleksi operator mesin kecelakaan kerja berkurang,Gilberth(Frank&Lilian)(1916) merekam gerakan proses kerja,menggunakan metode ilmiah dalam prosedur menagemen,studi gerak dan waktu(MTS)sebagai cikal bakal ekonomi.
James Mckeen Catten(Mahaguru di Universitas Colombia)ia menciptakan istilah “mental set”.Frederick W Taylor:perbaikan organisasi pencapaian efetifitas dan efisiensi yaitu hal-hal yang menguntungkan perusahaan,F.W talyor(1911) menggunakan metode ilmiah untuk meningkatkan performance kerja(efisiensi/prodikfitas)Scientific menagemen:cara kerja, bebankerja, insentif/ upa.W.Wundt(1879)-Jerman menggunakan lab Ekperimen – psikologi berkembang :lepas dari filsafat.
Perang dunai 1 yaitu kterlibatan psikologi dalam bidang militer,mmbuat tes interlegensi dengan anam Army Alpha untuk calon wajib militer yang tidak buta huruf,Army betta yang dibuat specific buat calon wajib meliter yang buta huruf,sehingga merupakan tes intelegensi pada individu yang buta huruf.
Perang dunai kedua 2 Psikologi fimintai untuk membantu masalah meliter dengan menpatkan individu sesuai dengan potensinya”Man Power”serta menemukan cara-cara pengalokasi,pelatihan dan penugasan orang –orang sesuai dengan keahlian-kahlian yang cocok dengan diri individu.
Definisi psikologi industry dan organisasi
Psikologi industry dan organisasi dalah cabang dari ilmu psikologi yang secara khusus mempelajari prilaku dalam kerja dan menerapakan ilmu psikologi dalam usaha memperoleh hasil kerja yang maksimal.Psikologi industry dan oraganisasi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam hubungannya dengan proses produksi dan kshidupan dalam organisasi.Sejarah perkembangan nama Bussines Pychology, Economic Pychology,Vocation Pychology,industrial Pychology, industrial and Oragnization Pychology.
Lingkungan
Lingkungan organisasi sekelompok kekuatan yang mempunyai potensi mempengaruhi cara oragnisasi beroperasi dan aksesnya terhadap sumberdaya yang terbatas(Jones 2005).Organisasi harus menyesuaikan dengan lingkungannya agar mereka dapat mempertahankan atau meningkatkan keratifitasnya.Brun dan Stalke mempelajari 20 perusahaan di skolandia untuk menetukan bagimana strutur organisasi dan praktek manajemen mereka dapat berbeda atas dasar kondisi lingkungan yang saling berbeda.
Emery dan Trist mengusulkan 4 macam lingkungan yang mungkin dihadapi organisasi,Placid-radomized(realtif tidak perna berubah,ancaman sedikit),Placid-clustered(berubah perlahan,ancaman oragnisasi sifatnya kelompok,perencanaan jangka panjang,desentralisasi)disturbed-reactive(lebih kompleks,banyakpesaing ada insisatif taktis,fleksibel,desentralisasi)Turbulent-field(panling dinamis,pasar tidak pasti,perubahan selalu terjadi).
Lawrence dan lorsch memilih 10 perusahaan pada industry plastic,makanan,dan peti kemas,industry plastic sangat bersaing,daur  hidup pendek,pengembangan produk dan proses baru,industry  peti kemas sebaliknya,tidak terdapat pertumbuhan produk baru yang bermakna dalam dua decade terkahir,lingkungan pasti,tampa acaman nyata,industry makanan ada di tengahnya,memanga terjadi banyak inovasi,ia melihat dua dimensi berbeda difensiasi dan intergrasi.ketidakpastian lingkungan niscaya terjadi dengan tingkatan yang berbeda-beda,tugas organisasi adalah mengelolahnya untuk tetap survive.
Deferensiasi(horizontal)menajer dalam berbagi deperteman dapat mempunyai sikap dan prilaku yang berbeda dalam kaitannya dengan perseftip tujuan,kerangka waktu,orentasi pribadi jadi sulit melihat dalam kaca mata yang sama.integrasi yang kualitas kerja sama yang terjadi pada unti-unit atau deperteman yang saling bergantungan satu sama yang lain yang dibutuhkan untuk mencapai kesatuan usaha alat-alat dipakai,peraturan,produksi,rencana formal,wewenang,hiraki,komite pengambilan keputusan.dua strategis umum mengurangi ketidakpastian lingkungan pilihan domain,rekrutmen,pengamatan lingkungan, buffering, smoothing, rationing, Satategis antar organisasi untuk mengelolah ketergantungan sumberdaya,symbiotic interdependencies suatu saling ketergantungan yang ada antara sebuah organisasi dengan supliernya dan distributornya,misalnya inter dengan perbuatan kmputer seperti deli dan compact.Competative interdependencees saling ketergantungan yang ada antara organisasi yang saling berkompetisi memperebutkan sumber daya yang terbatas,pilihan domain kalau domsin sekarang tidak mengutungkan maka pindah ke domain yang lebih menguntungkan,kalau tidak memungkinkan pindah ke domain yang lebih menguntungkan maka perlu memperluas stategi yang foramtnya umum,contohnya industry pesawat terbang.
Rekrutmen
Rekutmen terhadap orang yang tepat akan mengurangi pengaruh lingkungan terhadap organisasi,misalnya:merekut orang yang mempunyai pengaruh politik(bekas pejabat pemerintahan)untuk posisi eksekutif.manfaat untuk mendapatkan sokongan/dana,memperoleh informasi tentang organisasi pesaing,meperoleh kahilan teknik dari pesaing,memperoleh hubungan baik,Smoothing yatiu: mendatakan dampak dari flukuasi di lingkungan misalnya: tariff telepon jam 2 sibuk,harga tiket pesawat/kereta yang mahal pada peak season,obral harga pada masa-masa sepia tau menjelang pengatian mode,kalau menjadi pelanggan harga lebih murah dll.
Pengamatan lingkungan Penelitian yang cermat atas suatu lingkungan untuk mengidentifikasi tindakan para pesaing,pemerinatah,serikat baruh dan sebaginya,dengan harapan dapat memperdiksi kondisi yang akan dating dengan antisipasi untuk mengurangi ketidak pastian,yang melakukan pengamatan
Boundary spomers yang berfungsi sebagai agen perubahan yang dilakukan menagani masukan,menyaring masukan dan keluaran mencari dan mengumpulakan informasi,mewakili organisasi pada lingkungan,melindungi organisasi,dll.


 Rationing
Dasarnya permintaan yang berlebihan misalnya: Universitas yang kelibuhan permintaan dengan menambah syarat atau akan mengarahkan ke minat yang lain.PT Pos pada hari-hari raya akan merationing dengan jenis-jenis pengiriaman,retoran yang kebanjiran tamu akan meminta untuk memesan terlebih dahulu
Buffering tugasnya mengurangi kemungkinan gangguan terhadap operasi organisasi dengan memastikan pemasokan dan penyerapan keluaran.Masukan memyimpan bahan-bahan dan pasokan,memelihara SDM,keluaran:penggunaan persedian(menyimpan stok)
Periklanan
Bertujuan untuk menigkatkan image,sehingga tidak bergantung pada konsumen(membangun loyalitas pada mereka)yang sangat flutuatif dinamis.contohnya aspirin,coca-cola-Honda,Ji sam Soe dll.
Contracting
Melindungi organisasi terhadap perubahan kualitas atau harga baik pada sisi masukan maupun keluaran,misalnya: melakukan kontrak jangka panjang untuk supply maupun penjualan
Coopting
Menyerap individu atau organisasi dalam lingkungan yang mengacam stabilitas,misalnya: kalau masalah utama modal,maka direkutnya dari bank,asuransi,kalau masalah tenaga kerja,maka mengisi posisi direksi dari kebutuhan kerluarga,kalau perusahan tergantung pada kontrak pemerintahan maka direksinya bias menatan pejabat dll.Intelocking directorate dua organisasi atau lebih bersama-sama mempunyai seorang taua lebih direktur yang sama.
Lobbying
Yaitu menggunakan pengaruh untuk mencapai hasil yang menguntungkan, misalnya: asosiasi perdagangan melakukan lobi dengan pejabat pemerintahan/DPR agar megeluarkan peraturan/UU yang menguntungkan mereka
Geographic dispersion
Ketidak pastian lingkungan kadang berbeda berdasarkan lokasi,misalnya: do As,serikat buruh sangat kuat di bag timur laut,lemah di bagaian selatan,amak banyak perusahan yang mau tenang pindah ke selatan,Honda,Nissan membangun pabrik di AS karena kebijakan politik AS yang berubah-ubah.
Colescing
Kerjasama dengan satu atau lebih organisasi lain dengan tujuan melakukan kegiatan bersama.contohnya marger,akusisi,kerjasama,dimler-crysler,GM/Suzuki,Caterpillar/Mitsubisi.
Kepuasan kerja(job Stisfaction)
Pengertian kepuasan kerja
Kepuasan kerja merupakan suatu perasaan yang menyenangkan yang timbul akibat dari persepsi karyawan,bahwa dengan menyelesaikan tugas atau berusaha untuk menyelesaikannya,pekerjaan memiliki arti penting bagi perkerjaan tersebut(Cascio,2033).Kepuasan kerja merupakan rekasi emosi terhadap perkerjaan akibat perbandingan yang dilakukan karyawan antara imbalan actual yang diterima dengan apa yang diinginkan atau diharapkan karyawan(Cranny dkk,1992).
Hal-hal yang mempengaruhi kepuasan kerja,tipe pekerjaan,rekan sekerja,tunjangan kerja,perlikaku organisasi,keamanan kerja,upah,pengakuan akan kinerja,kondisi kerja,pekerjaan itu sendiri,promosi,supervasi,rekan sekerja,kebijakan perusahan dan system menejemen.Karakteristik pekkerjaan,variasi perkerjaan,otonomi,stress kerja,karakteristik individu,factor social dalam kerja,kesempatan untuk maju,(Robbins,2005,Dunnette,1982,Levy,2033).
Teori-teori kepuasan kerja
Teori dua factor Herzberg Hygiene need factor ektrinsik(upa,fasilitas dan sebaginya)dissatisflers.Motivasi need factor interisik(motif berperstasi dsb) satisflers.Teori-teori kepuasan kerja teori kesenjangan(Discrepancy Teory) teori ini mejelaskan bahwa kepuasan adalah selisih dari sesuatu yang seharusnya ada(harapan)dengan sesuatu yang diperoleh,kepuasan kerja seseorang tergantung pada kesenjangan antara apa yang seharusnya ia peroleh dengan apa yang ia peroleh secara nyata menurut perasaanya(locke,1969).
Teori-teori kepuasan kerja
Teori nilai(value theory) nilai merupakan sesuatu yang diinginkan yang muncul dari proses belajar.kepuasan kerja merupan keadaan emosianl akibat individu mendaptkan apa yang dinilai sesuatu yang mungkin tidak ia butuhkan atau sebaliknya kebutuhan adalah kondisi kodrat yang diperlukan individu demi kesejahteraan fisiologi maupun psikologi.
Teori-teori kepuasan kerja
Teori”opponent process theory” kepuasan atau ketidak puasan lebih pada usaha untuk mempertahankan kesimbangan emisonal kepuasan sangat ditentukan oleh sejauh mana pengahyatan emosinalnya terhadap situasi yang dihadapai.apabila situasi memberikan keseimbangan emosianal bagi dirinya maka orang itu merasa puas,sebaliknya apabila situasi memberikan ketidak seimbangan maka ia tidak puas,(Landy,dalam berry,1998)
Teori-teori kepuasan kerja teori instrumentalia(Intrumentality theory)kepuasan tergantung pada kecocokan antara penghargaan yang diharapkan dengan penghargaan yang diterima.Porter&lawier(1998)
Teori-teori kepuasan kerja teori model aspek pekrjaan(facet satisfaction) individu dipuaskan dengan satu aspek khusus dari pekerjaan misalnya: rekan kerja ,nama baik tempat kerja.(lawler,1973) dimensi-dimensi kepuasan kerja luthans(1992)imbalan,pekerjaan itu sendiri,promosi, supervise, kelompok kerja, kondisi kerja, Glimer(1984) keamanan,kesempatan untuk maju,perusahan dan kondisi menajeman,gaji,aspek istiristik dari pekerjaan,aspek social dari perkerjaan,komunikasi,kondisi kerja,benefit.
Motivasi
Dorongan yang menggerakan prilaku seseorang yang mengarah pada pencapaian tujuan,teori motivasi teori kebutuhan achiement motivasi,needs Hierarchy, ERG,Two Factor theory,teori proses Reinforcement thory,Goal Setting,Equity thory,Achiement Motivasi thory –D.Mc Clelland need for achiement,need for power,need for affiliation.Teori Mc Clelland tiga kebutuhan manusia,kebutuhan untuk berperstasi(n-Ach),kebutuhan akan kekuasaan(n_power), kebutuhan untuk berteman/bersahabat(n_Affilation)dimana kekuatan dan masing-masing kebutuhan tersebut pada setiap individu berbeda.ciri-ciri individu dengan n-Ach tinggi,keinginan yang kuat untuk mendaptkan umpan balik,stategi memaksimalkan keberhasilan,perspektip waktu,persepsi lingkungan.
Need of power tinggi aktif dalam mentukan arah kegitan dari organisasi simana dia berada,peka terhadap struktur pengaruh antar pribadi dari kelompok, mengumpulkan barang-barang atau menjadi anggota perkumpulan yang dapat mencerminkan prestise berusaha menolong orang lain walu tidak diminta.
Teknik motivasi dari cirri pribadi
Kebutuhan kekuatan (n_Power),cenderung membangakan diri dan meremekan orang lain,berupaya untuk berada pada posisi yang berpengaruh,umunya mereka lancer dalam berbicara,sikap tegas cederung balk-balkan dan argumentasi,sering berbicara  atau mengajar di depan public,sering menberi hadiah  atau pun nasehat,walaupun sebenarnya orang yang diberikan tidak memelukan,senang mengumpulkan gelar maupun barang,senang menjadi anggota club/perkumpulan bergensi,teknik motivasi mengajak mereka membahas tujuan,stategi,keputusan dan kelompok kerja,diberi penugasan yang memungkinkan ia memimpin dan ada kewenagan mengambil keputusan,diberi kesempatan sebagai kompensasi dengan mejadi anggota suatu perkumpulan,misalnya kesempatan memberi kesempatan konsultasi.
Kebutuhan aktualitas diri,memdapat kepuasan diri dan menyadari potensinya,kebutuhan akan penghargaan berperstasi,berkompetisi dan mendapatkan dukungan serta mengakuan,kebutuhan akan cinta dan rasa memiliki berafiliasi dengan orang lain,diterima,dan dimiliki,kebutuhan akan rasa aman merasa aman terlindungi,jauh dari bahaya,kebutuhan fisiologi: rasa lapar ,haus,dan sebaginya.
ERG thory- Alderfer
Xistency,Elatedness,Rowth kebutuhan ERG Exstency terpusatkan oleh factor-faktor ,al,makanan,udara,iar,gaji,kondisi pekerjaan,Elatedness terpusatkan dengan adanya hubungan social dan lingkungan yang berarti,G.Rowth terpusatkan ketika seseorang menciptakan konstibusi yang kratip dan produktip.Two factor thory –Herzberg motivasi ditentukan oleh dua factor 1 motivasi factor yang menimbulkan kepuasan kerja job control,interistik,2.Hygiene factor yang menimbulkan ketidak puasan kerja job control,interistik.Ekstrinsik berupa gaji/upa,keaman kerja,kondisi kerja,status,prosedur perusahaan,mutu supervasi,mutu hubungan antar individu.
Intrinsik Achievement,Recognition,Responsibility,Advancment,The work it self,the possibility of Growth.Reinforcement thory(teori penguatan) motivasi merupakan fungsi dari konsekuensi prilaku tertentu,prilaku yang dikuatkan cendrung diulang dan tidak dikuatkan cendrung ditinggalkan (penguatan:reward:punishment), prilaku yang tidak diinginkan dapat dihilagkan dengan hadiah,kenerja dapat ditingkatkan dengan hadiah dan hadiah mempunyai nilai positip.Penguatan positip konsekuensi menyenagkan yang menyertai prilaku dan mendorong pengulangan prilaku itu,penguatan negatip peniadaan konsekuensi tidak menyenagkan yang menyertai prilaku,hukuman:konsekuensi tidak menyenagkan yang menyertai prilaku dan tidak mendorong pengulangan prilaku. Komponen dasar dari tujuan untuk menigkatkan motivasi karyawan,adalah:tujuan harus tertentu dan jelas tujuan harus mepunyai tingkatan kesuliatan menegah sampai tinggi,karyawan harus menerima tujuan tersebut.hal ini menunjukan bahwa ia harus setuju untuk mencapainya,karyawan harus menerima umpan balik mengenai kemajuannya dalam usaha mencapai tujuan tersebut,tujuan yang ditentukan secara partisipasi lebih baik dari tujuan yang hanya ditentukan begitu saja (jewell & Siegall)
Teori Equity(teori persamaan)dikembangkan oleh J.Stacey Adms motivasi kerja timbul dipengaruhi oleh ada tidaknya keadailan dalam kerja,rasa adil/tidak adil diperoleh dengan cara membandingkan dirinya dengan orang lain baik sekantro maupun di tempat lain.individu membandingkan ratio input-ouputcomes dirinya dengan orang lain,Variasi yang muncul:perasaan adil tidak adil tetapi untung tidak adil tetapi rugi,


Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...