•Psikologi Perkembangan
•
•Definisi Perkembangan
•Psi perkembangan
adalah ilmu yang
mempelajari
tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada individu mulai dari usia 0 bulan dalam kandungan sampai tua renta, menjelang kematian.
•Anak adalah manusia dewasa dalam bentuk kecil, dampaknya, tidak acuh, dihukum, trauma, dendam.
•Manfaat
1.Untuk mengetahui perkembangan anak apakah sudah benar
2.Mengatasi masalah anak
3.Mengantisipasi
•Tujuan Psi. Perkembgn
1.Dapat bersikap benar terhadap anak
2.Mengarahkan pendidikan anak
3.Mengerti sifat anak pada masa dewasa kelak.
•3 Istilah Perkmbgn
1.Grouth = tumbuh secara fisik
2.Maturation= pertmbhn tlh mencapai tgkt kesiapan tertentu utk dapat berfungsi.
3.Training = pengaruh lingk. Utk memberikan pelatihan supaya anak itu aktif dan fungsinya semakin baik.
•4 Aspek Perkembangan
1.Fisik
2.Psikologis
3.Sosial
4.Intelektual
Tugas perkembangan
adalah tugas tugas yang
harus diselesaikan
oleh individu dalam setiap fase perkembangan
•
•Pr lebih lentur dan tahan uji (stres) karena
1. Wanita lebih sering menangis (air
mata
banyak racunnya)
2. Lebih sering mengeluh (lebih cepat
terditeksi penyakitnya)
3. Lebih cerewet (tidak ada beban)
•
•Istilah
•Androgini = mandiri =
berpikir secara rasional
•Trotz Alter = masa
pembangkangan (usia 4 tahun)
•Sibling Rivalry =
persaingan pada saudara kandung
•REM = gerakan mata yang
sangat cepat
•Rank= trauma kelahiran
•
•Altruistik = lebih
mementingkan orang lain
•Attachment Behavior = T.L
yg melekat pada seseorang.
•Prematur
•Beratnya di bawah 2,5 kg
•Anak prematur sgt
dipedulikan karena kondisi fisiknya lemah
•Bayi normal umumnya 280
hari atau 9 bulan 10 hari.
•Rank = trauma kelahiran
(bayi menangis trauma saat tali pusat diputuskan.
•Anak Belajar dari
Kehidupan
Jika anak dibesarkan dengan :
•Celaan à ia belajar memaki
•Permusuhan à ia belajar berkelahi
•Cemooh à ia belajar rendah diri
•Penghinaan à ia belajar menyesali diri
•Toleransi à ia belajar menahan diri
•Dorongan à ia belajar percaya diri
•
•Pujian
à ia belajar menghargai
•Perlakuan
yang sebaik-baiknya à ia
belajar keadilan
•Rasa
aman à ia belajar menaruh kepercayaan
•Dukungan
à ia belajar menyenangkan dirinya
•Kasih
sayang dan persahabatan à ia
belajar menemukan cinta dalam kehidupan
•
•Tahapan Perkembangan
•Masa Infancy (bayi)
infancy berasal dari bahasa latin artinya tanpa batas
Dahulu byk yg beranggapan bayi neonatus dianggap tidak berdaya, tidak memiliki sensasi dan tdk responsive misalnya bayi dianggap buta, tdk dapat mengecap atau merasa sakit.namun sebenarnya bayi terlahir dgn semua sistem sensorik yg berfungsi dan siap mempelajari lingkungan baru mereka.
•
•
•Pendengaran.
Bayi neonatus akan berespon thdp bunyi nyaring, dan akan memalingkan
kepalanya ke sumber bunyi.namun
saat usai 6 mgg respon ini akan menghilang dan akan timbul kembali pada usia 3 atau 4 bulan.
•
•
•Penglihatan.
bayi neonatus tdk lahir dalam keadaan buta,
mereka memiliki kemampuan utk melihat hanya saja near sighted. Shg mereka dapat melihat
lebih jelas pada jarak dekat. Namun kondisi ini akan membaik dalam bulan
pertama dan semakin baik ketika mereka belajar merangkak (usia 7 – 8 bulan)
•
•Penglihatan (2)
bayi
menyukai daerah yg memiliki kontras visual yg tinggi, misalnya pinggiran meja
yg berbeda warna. Lebih menyukai stimulus yg kompleks dibandingkan yg polos.
Lebih menyukai garis lengkung daripada garis lurus. Bayi sangat tertarik pada
wajah.
•
•Pengecapan dan penciuman.
sejak lahir, bayi lebih menyukai cairan rasa manis daripada asin, pahit, asam atau campuran.respon yg ditunjukkan bayi thdp rasa manis biasanya berupa senyuman kecil atau menjilat bibir. Bayi akan menunjukkan perilaku menjulurkan lidah atau sudut mulut menurun thdp rasa selain manis.
•
•Pengecapan dan Penciuman
(2)
bayi
yg baru lahir juga dapat membedakan bau-bauan, mereka cenderung mencari sumber
bau yg manis. Memalingkan wajah dgn cepat jika ada bau busuk atau amonia.
Mereka juga dapat membedakan bau asi ibu mereka dengan asi ibu lain.
•
•
•
•Belajar dan Memori
dahulu diduga bahwa bayi baru lahir tidak dapat belajar atau mengingat.
Hal ini jelas keliru. Habituasi jelas membuktikan adanya indikasi memori dasar,
sehingga bayi dapat menunjukkan rasa bosan thdp lingk stimulus berulang.
•
•Tempramen
ketika lahir, ada bayi dgn pembawaan cenggeng dan tenang. Respon thdp bunyi nyaring vs lembut dsb. Karakteristik kepribadian yg berhubungan dgn mood disebut dgn tempramen, juga terdapat beberapa bukti. Hal ini merupakan blok pembangunan awal dari kepribadian individu dimasa depan.
•
•Tempramen ini dapat
diubah. Jangan tidak kebal terhadap pengaruh lingkungan. Trait tempramen ini
dapat berubah seiring dgn perkembangan selanjutnya.
•Perkembangan Psikoseksual
•Teori ini Sigmund Freud (1933-1964)
•Tahapan perkembangan ini dibagi menjadi 5 tahapan.
1. Masa Oral
( 0-1 tahun)
•