Wednesday 31 July 2013

Psikologi Perkembangan Semester 3 (awal)


Psikologi Perkembangan
Definisi Perkembangan
Psi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada individu mulai dari usia 0 bulan dalam kandungan sampai tua renta, menjelang kematian.
Anak adalah manusia dewasa dalam bentuk kecil, dampaknya, tidak acuh, dihukum, trauma, dendam.
Manfaat
1.Untuk mengetahui perkembangan anak apakah sudah benar
2.Mengatasi masalah anak
3.Mengantisipasi
Tujuan Psi. Perkembgn
1.Dapat bersikap benar terhadap anak
2.Mengarahkan pendidikan anak
3.Mengerti sifat anak pada masa dewasa kelak.
3 Istilah Perkmbgn
1.Grouth = tumbuh secara fisik
2.Maturation= pertmbhn tlh mencapai tgkt kesiapan tertentu utk dapat berfungsi.
3.Training = pengaruh lingk. Utk memberikan pelatihan supaya anak itu aktif dan fungsinya semakin baik.
4 Aspek Perkembangan
1.Fisik
2.Psikologis
3.Sosial
4.Intelektual
  Tugas perkembangan adalah tugas tugas yang harus diselesaikan oleh individu dalam setiap fase perkembangan
Pr lebih lentur dan tahan uji (stres) karena
  1. Wanita lebih sering menangis (air mata
       banyak racunnya)
  2. Lebih sering mengeluh (lebih cepat
       terditeksi penyakitnya)
  3. Lebih cerewet (tidak ada beban)
Istilah
Androgini = mandiri = berpikir secara rasional
Trotz Alter = masa pembangkangan (usia 4 tahun)
Sibling Rivalry = persaingan pada saudara kandung
REM = gerakan mata yang sangat cepat
Rank= trauma kelahiran
Altruistik = lebih mementingkan orang lain
Attachment Behavior = T.L yg melekat pada seseorang.
Prematur
Beratnya di bawah 2,5 kg
Anak prematur sgt dipedulikan karena kondisi fisiknya lemah
Bayi normal umumnya 280 hari atau 9 bulan 10 hari.
Rank = trauma kelahiran (bayi menangis trauma saat tali pusat diputuskan.
Anak Belajar dari Kehidupan
Jika anak dibesarkan dengan :
Celaan à ia belajar memaki
Permusuhan à ia belajar berkelahi
Cemooh à ia belajar rendah diri
Penghinaan à ia belajar menyesali diri
Toleransi à ia belajar menahan diri
Dorongan à ia belajar percaya diri 
Pujian à ia belajar menghargai
Perlakuan yang sebaik-baiknya à ia belajar keadilan
Rasa aman à ia belajar menaruh kepercayaan
Dukungan à ia belajar menyenangkan dirinya
Kasih sayang dan persahabatan à ia belajar menemukan cinta dalam  kehidupan
Tahapan Perkembangan
Masa Infancy (bayi)
   infancy berasal dari bahasa latin artinya tanpa batas
   Dahulu byk yg beranggapan bayi neonatus dianggap tidak berdaya, tidak memiliki sensasi dan tdk responsive misalnya bayi dianggap buta, tdk dapat mengecap atau merasa sakit.namun sebenarnya bayi terlahir dgn semua sistem sensorik yg berfungsi dan siap mempelajari lingkungan baru mereka.
Pendengaran.
  Bayi neonatus akan berespon thdp bunyi nyaring, dan akan memalingkan kepalanya ke sumber bunyi.namun saat usai 6 mgg respon ini akan menghilang dan akan timbul kembali pada usia 3 atau 4 bulan.
Penglihatan.
   bayi neonatus tdk lahir dalam keadaan buta, mereka memiliki kemampuan utk melihat hanya saja near sighted. Shg mereka dapat melihat lebih jelas pada jarak dekat. Namun kondisi ini akan membaik dalam bulan pertama dan semakin baik ketika mereka belajar merangkak (usia 7 – 8 bulan)
Penglihatan (2)
   bayi menyukai daerah yg memiliki kontras visual yg tinggi, misalnya pinggiran meja yg berbeda warna. Lebih menyukai stimulus yg kompleks dibandingkan yg polos. Lebih menyukai garis lengkung daripada garis lurus. Bayi sangat tertarik pada wajah.
Pengecapan dan penciuman.
   sejak lahir, bayi lebih menyukai cairan rasa manis daripada asin, pahit, asam atau campuran.respon yg ditunjukkan bayi thdp rasa manis biasanya berupa senyuman kecil atau menjilat bibir. Bayi akan menunjukkan perilaku menjulurkan lidah atau sudut mulut menurun thdp rasa selain manis.
Pengecapan dan Penciuman (2)
   bayi yg baru lahir juga dapat membedakan bau-bauan, mereka cenderung mencari sumber bau yg manis. Memalingkan wajah dgn cepat jika ada bau busuk atau amonia. Mereka juga dapat membedakan bau asi ibu mereka dengan asi ibu lain.
Belajar dan Memori
   dahulu diduga bahwa bayi baru lahir tidak dapat belajar atau mengingat. Hal ini jelas keliru. Habituasi jelas membuktikan adanya indikasi memori dasar, sehingga bayi dapat menunjukkan rasa bosan thdp lingk stimulus berulang.
Tempramen
   ketika lahir, ada bayi dgn pembawaan cenggeng dan tenang. Respon thdp bunyi nyaring vs lembut dsb. Karakteristik kepribadian yg berhubungan dgn mood disebut dgn tempramen, juga terdapat beberapa bukti. Hal ini merupakan blok pembangunan awal dari kepribadian individu dimasa depan.
Tempramen ini dapat diubah. Jangan tidak kebal terhadap pengaruh lingkungan. Trait tempramen ini dapat berubah seiring dgn perkembangan selanjutnya.
Perkembangan Psikoseksual
Teori ini Sigmund Freud (1933-1964)
Tahapan perkembangan ini dibagi menjadi 5 tahapan.
  1. Masa Oral ( 0-1 tahun) 

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...