uADA DUA ISTILAH
uPertumbuhan
(growth) è Perubahan ke arah kematangan (maturation). Lebih ke arah fisik yang dengan mudah dapat dikuantifikasikan. Contoh tinggi,
berat badan,
gigi, rambut,
seksual, dll.
uContoh Lain: Pos Yandu è “Penimbangan (KMS)
dan
Pemberian makanan tambahan”
uADA DUA ISTILAH
uPerkembangan
(development) è Perubahan ke arah semakin maju, kompleks dan menuju ke dewasaan. Contoh kognitif, emosi, bahasa, moral-religius, sosial, seksual, dll.
uContoh Lain: Pos Yandu è “Selain ditimbang ada
PE (Permainan Edukatif)”
uApa Ciri Tumbuh-Kembang?
uIsyarat, Reaksi, Gerak
uPerubahan/Progresif
uPerpindahan
uKematangan
uPenambahan, dll.
(ingat ciri hidup Vs. mati).
uKONTROVERSI
MNativisme Vs. Emperisme
MNature Vs. Nurture
MEndogen Vs. Eksogen
MDasar Vs. Ajar
MMaturation Vs. Learning
uKONTROVERSI
MBakat Vs. Pengalaman
MDiperoleh Vs. Memperoleh
MContinuity Vs.
Discontinuity
MStability Vs. Change
MPasive Vs. Active
MIndividuality Vs.
Universality
uAliran/Pandangan
uNativisme
uEmperisme
uKonvergensi
uInteraksionisme
uLife Span
View/Perspective
u
uLifelong
uPerkembangan sepanjang hayat {mulai dari konsepsi/bahkan sebelumnya (mencari pasangan) sampai lanjut usia/meninggal}
uTidak ada yang mendominasi dalam tahapan perkembangan.
uSemua tahapan/siklus kehidupan penting.
uTahapan Perkembangan
¤Mencari/Menentukan Pasangan
¤“Pergaulan/Pacaran”
¤…………..Menikah……….....
¤Konsepsi/“Seksual”
¤Pranatal
¤Perinatal
¤Bayi
¤Anak
(early, middle, late)
¤Sekolah
¤Remaja
(early, middle, late)
¤Dewasa
(early, middle, late)
¤Tua
¤Lansia
¤Meninggal
uMulti Dimentionality
uPerkembangan Fisik-motorik
uPerkembangan Kognitif
uPerkembangan Emosi
uPerkembangan Bahasa
uPerkembangan Sosial
uPerkembangan Moral/Religius, dll.
uMulti Dimentionality
uBiological
Processes
uCognitive
Processes
uSocioemotional
Processes (Santrock,
2002)
uMulti Direction
uBeberapa dimensi/komponen dapat meningkat namun dimensi lain dapat menurun.
uMisal:
“pada orang dewasa kecepatan
(fluency) akan menurun namun aspek “kearifan
(wisdom)” akan meningkat”.
uPlasticity
uPerkembangan bersifat
lentur, bergantung pada kondisi kehidupan individu.
uKondisi lingkungan menjadi penting,
termasuk peristiwa penting dalam kehidupannya (important life event).
uMenekankan peran
intervensi (pelatihan/training).
uHistorical Embeddedness
uPerkembangan melekat
pada aspek kesejarahan.
uMuncul Metode
Life-history
uCohort
uGap-Generation
uDll.
uMulti Disiplinary
uPsikologi
uSosiologi
uAntrolopogi Budaya
uPendidikan
uBiologi, Kesehatan, Neuroscience
uEkonomi
uAgama, dll.
uContextualism
uPerkembangan senantiasa
bersifat kontekstual.
uKonteks biologis
uKonteks sejarah
uKonteks kebudayaan
uKonteks politik
uKonteks agama, dll.
u
-Usia Biologis è BA
-Usia Kronologis/Kalender è CA
-Usia Mental è MA
-Usia Sosial èScA
-Usia Fungsional è FA
-Usia Subjektif è SbA
-Usia Harapan (UHH) è EA
-Usia Hukum è LA
-Usia Spiritual è SpA
u