Wednesday, 31 July 2013

B e r h i t u n g


B e r h i t u n g
Piaget, ahli psikologi Swiss membagi  perkembangan
psikis anak :
1.   sensori-motorik  : 0-2 tahun
2.   pra-operasional  : 2-7 tahun
3.   operasional konkret  : 7-11 tahun
4.   operasional formal  : 11 + tahun
usia + 3 tahun : bedakan besar-kecil, tinggi-pendek, berat-ringan
  à pengertian konkret
usia 5-6 tahun : pengertian abstrak
  - pelajari konsep kuantitas, menambah, mengurangi,
        mengali, membagi
  - dicapai pada stadium operasional konkret
anak mempelajari simbol angka-angka dan mengaitkannya dengan pengertian numerik
penghitungan à bahasa
berhitung : bahasa khusus dan penulisannya digunakan simbol-simbol khusus
penghitungan umum : berdasar 10, sesuai jumlah jari
  à hitung jari, kemudian diterapkan pada benda
           konkret
  à pengertian ditulis dengan simbol-simbol
ukuran banyak, panjang, tinggi, jauh : pengukuran dalam ruangan yang terlihat
berat-ringan suatu benda dirasakan bobotnya bila diangkat
pelihatanà lobus oksipitalis
  penilaian dalam ruangan dan bobot à lobus parietalis
pengertian auditorik yang berkaitan dengan bahasa à lobus temporalis
Pemeriksaan
1. menghitung dengan diucapkan, mengingat angka berurutan
2. hitung kelompok benda : tahu arti angka
3. kartu angka disesuaikan dengan kelompok benda
4. menulis jumlah benda dalam kelompok
Pemeriksaan
Bila 1-4 bisa dilakukan, lanjutkan :
5. membaca : 201, 1010, 2006 à tes pengertian sistem desimal
6. mana lebih besar : 601 atau 598, 1000 atau 978
7. apakah 16 sama dengan 61, 573 à 375
8. pengertian menambah, mengurang, mengali, membagi
àkerusakan otak terjadi di luar daerah yang
   mengurus orientasi arah, spatial dan wicara
Pemeriksaan
9.  pengurangan angka 2 digit dengan 1 digit : 41-6
     kemudian 2 digit dengan 2 digit : 83-19
10. menghitung di luar kepala : 100-7, dst
11. kemampuan  penalaran dedukatif dan induktif
àFungsi lobus temporalis dan frontalis baik
Jenis gangguan berhitung
pengertian kuantitas dan perbedaan : praktognosis
ketidakmampuan berhitung berdasarkan tidak berkembangnya praktognosis : diskalkulia praktognostik
gangguan penamaan, pengertian angka simbol, bentuk yang diucapkan : diskalkulia verbal
tidak mengerti numerik abstrak, tidak menangkap pengertian kuantitas yang disimbolkan angka : diskalkulia ideognostik
à tertahan di stadiun operasional konkret
Jenis gangguan berhitung
tidak dapat membaca simbol berhitung : diskalkulia dislektik atau disgrafik
tidak mengerti sistem desimal, tidak dapat bedakan 13 dan 31 : dissimbolia numerik
mengerti konsep berhitung, angka, dan simbol, dapat membaca dan menuliskannya, tapi penerapan dalil berhitung yang lebih kompleks salah : diskalkulia operasional

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...