B e r h i t u n g
Piaget,
ahli psikologi Swiss membagi perkembangan
psikis anak :
1. sensori-motorik :
0-2 tahun
2. pra-operasional :
2-7 tahun
3. operasional konkret : 7-11
tahun
4. operasional formal :
11 + tahun
usia + 3 tahun : bedakan besar-kecil, tinggi-pendek, berat-ringan
à
pengertian konkret
usia 5-6 tahun : pengertian abstrak
- pelajari konsep kuantitas, menambah, mengurangi,
mengali, membagi
- dicapai pada stadium operasional konkret
anak mempelajari simbol angka-angka dan mengaitkannya dengan pengertian numerik
penghitungan à bahasa
berhitung : bahasa khusus dan penulisannya digunakan simbol-simbol khusus
penghitungan umum : berdasar 10, sesuai jumlah jari
à
hitung jari, kemudian diterapkan pada benda
konkret
à
pengertian ditulis dengan simbol-simbol
ukuran banyak, panjang, tinggi, jauh : pengukuran dalam ruangan yang terlihat
berat-ringan suatu benda dirasakan bobotnya bila diangkat
pelihatanà lobus oksipitalis
penilaian dalam ruangan dan bobot à lobus parietalis
pengertian auditorik yang berkaitan dengan bahasa à lobus temporalis
Pemeriksaan
1. menghitung dengan diucapkan, mengingat angka berurutan
2. hitung kelompok benda : tahu arti angka
3. kartu angka disesuaikan dengan kelompok benda
4. menulis jumlah benda dalam kelompok
Pemeriksaan
Bila 1-4 bisa dilakukan, lanjutkan :
5. membaca : 201, 1010, 2006 à tes pengertian sistem desimal
6. mana lebih besar : 601 atau 598, 1000 atau 978
7. apakah 16 sama dengan 61, 573 à 375
8. pengertian menambah, mengurang, mengali, membagi
àkerusakan otak terjadi di luar daerah yang
mengurus orientasi arah, spatial dan wicara
Pemeriksaan
9. pengurangan angka 2 digit dengan 1 digit :
41-6
kemudian 2 digit dengan 2 digit :
83-19
10. menghitung di luar kepala : 100-7, dst
11. kemampuan penalaran dedukatif dan induktif
àFungsi lobus temporalis dan frontalis baik
Jenis
gangguan berhitung
pengertian kuantitas dan perbedaan : praktognosis
ketidakmampuan berhitung berdasarkan tidak berkembangnya
praktognosis : diskalkulia
praktognostik
gangguan penamaan, pengertian angka simbol, bentuk yang
diucapkan : diskalkulia verbal
tidak mengerti numerik abstrak, tidak menangkap
pengertian kuantitas yang disimbolkan angka : diskalkulia ideognostik
à tertahan di stadiun
operasional konkret
Jenis
gangguan berhitung
tidak dapat membaca simbol berhitung : diskalkulia dislektik atau disgrafik
tidak mengerti sistem desimal, tidak dapat bedakan 13
dan 31 : dissimbolia numerik
mengerti konsep berhitung, angka, dan simbol, dapat
membaca dan menuliskannya, tapi penerapan dalil berhitung yang lebih kompleks
salah : diskalkulia
operasional