Wednesday 25 June 2014

Psikologi Abnormal (Satuan Acara Pengajaran)



SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)


Tujuan Mata Kuliah :

    1. Mahasiswa mampu memahami sejarah Psikologi Abnormal
2. Mahasiswa mampu memahami pengertian dari Psikologi Abnormal
3. Mahasiswa mampu memahami penyebab tingkah laku abnormal
4. Mahasiswa mampu memahami kriteria abnormal
5.  Mahasiswa mampu memahami istilah-istilah tentang perilaku abnormal

Pertemuan ke                          : 1

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-1 :
Mahasiswa mampu mengetahui konsep umum Psikologi Abnormal

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Membuka proses perkuliahan dan menjelaskan silabus perkuliahan Psikologi Abnormal
Memperhatikan
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-1 : Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang dan sejarah dari Psikologi Abnormal
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  tingkah laku abnormal
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan penyebab dari tingkah laku abnormal 
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Menjelaskan kriteria dari tingkah laku abnormal
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan
Tanya jawab

20’
Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab

7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’


REFERENSI :

1.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Mengenal Perilaku Abnormal, Dr. A. Supratiknya






SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)

Tujuan Mata Kuliah :
1.   Mahasiswa mampu memahami model Demologis dan Naturalistic
2.   Mahasiswa mampu memahami model Organis dan Psikologis

Pertemuan ke                           : 2

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-2 :
Mahasiswa mampu memahami beberapa model perilaku abnormal


KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview pertemuan 1 dan menjelaskan cakupan pertemuan ke 2
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dari materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-2 : Mahasiswa mampu memahami beberapa model tingkah laku abnormal

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh tingkah laku menurut model perilaku abnormal
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan tingkah laku abnormal menurut model Demologis dan Naturalistic

Mendengarkan dan memberikan  respon


45’

Menguraikan tingkah laku abnormal menurut  model Organis dan Psikologis
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI:

1.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
2.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring

SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)

Tujuan Mata Kuliah :
1. Mahasiswa mampu memahami klasifikasi dan diagnosa
2. Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan dari sistem klasifikasi dan diagnosa
3. Mahasiswa mampu memahami system diagnosa dari APA (DSM IV)

Pertemuan ke                          : 3

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-3 :
Mahasiswa mampu memahami klasifikasi dan diagnosa

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-3
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-3 : Mahasiswa mampu memahami klasifikasi dan diagnosa

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  dari klasifikasi gangguan jiwa
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan proses penegakan diagnosa gangguan jiwa
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan cara menetapkan DSM IV
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Diagnostic and statistical manual of mental disorder IV Washington DC








SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)

Tujuan Mata Kuliah :

1.      Mahasiswa mampu melihat dan memahami gejala-gejala yang muncul dalam perilaku abnormal
2.      Mahasiswa mampu menentukan gejala yang dominan yang selalu muncul dalam perilaku normal

Pertemuan ke                          : 4

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-4 :
Mahasiswa mampu memahami konsep umum dari simptomatologi

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-4
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-4 : Mahasiswa mampu memahami konsep umum dari simptomatologi


Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  dari gejala tingkah laku abnormal
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan gejala-gejala tingkah laku abnormal
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan gejala-gejala yang  dominan dalam tingkah laku abnormal
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Diagnostic and statistical manual of mental disorder IV Washington DC
3.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk






SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)


Tujuan Mata Kuliah :

1.      Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang berhubungan dengan gangguan autism
2.      Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang berhubungan dengan gangguan ADHD

Pertemuan ke                          : 5

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-5 :
Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ciri-ciri dari gangguan Autism dan ADHD

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-5
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-5 : Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ciri-ciri dari gangguan Autism dan ADHD

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  anak autis dan ADHD
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan gejala-gejala dari gangguan autis
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan gejala-gejala dari gangguan ADHD   
Mendengarkan dan memberikan  respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Standard Pelayanan Psikologi Klinis, HIMPSI 2008











SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)


Tujuan Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu memahami pengertian, tipe dan ciri-ciri dari kecemasan

Pertemuan ke                          : 6


Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-6 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari kecemasan.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-6
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-6 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari kecemasan.

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan ciri-ciri  dari kecemasan
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan pengertian dari kecemasan   
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan tipe-tipe dari kecemasan
Mendengarkan dan memberikan  respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.   Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk






SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)


Tujuan Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu memahami pengertian dari stres, perubahan dalam tubuh sehubungan dengan stress dan cara penanganannya

Pertemuan ke                          : 7


Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-7 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dari stres, faktor psikologis dan kesehatan

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-7
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-7 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dari stres, faktor psikologis dan kesehatan

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  dari stres  yang berhubungan dengan penyakit
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

30’
Uraian
Menguraikan hubungan stres dengan penyakit
Mendengarkan dan memberikan respon


35’
Menjelaskan cara penanganan stres


35’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.   Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk








SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)

Tujuan Mata Kuliah :
 Mahasiswa mampu memahami pengertian, tipe-tipe dan ciri-ciri dari gangguan kepribadian
Pertemuan ke                          : 8

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-8 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dari gangguan kepribadian


KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-8
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-8 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dari gangguan kepribadian

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  dari gangguan kepribadian
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan tipe-tipe dari gangguan kepribadian

Mendengarkan dan memberikan  respon


45’

Menjelaskan ciri-ciri dari gangguan kepribadian

Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk







SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)

Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami definisi, gejala-gejala dan kriteria gangguan seksualitas
Pertemuan ke                          : 9

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-9 :
Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang berhubungan dengan gangguan seksualitas


KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-9
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-9 : Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang berhubungan dengan gangguan seksualitas

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  gangguan seksualitas
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan jenis-jenis gangguan seksualitas
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan gangguan yang berhubungan dengan gangguan seksualitas
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberikan  kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.   Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk







SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)


Tujuan Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu memahami defenisi, simptom, dan gangguan yang termasuk dalam Psikosis Fungsional

Pertemuan ke                          : 10

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-10 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari Psikosis Fungsional


KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-10
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-10 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari Psikosis Fungsional
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  dari gangguan Psikosis Fungsional
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan jenis-jenis gangguan yang termasuk dalam Psikosis Fungsional  
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan gangguan-gangguan Psikosis Fungsional
Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberi kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberi kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :

1.   Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Diagnostic and statistical manual of mental disorder IV Washington DC






SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)

Tujuan Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu memahami defenisi, kriteria dan jenis-jenis Skizofren serta penanganannya

Pertemuan ke                          : 11

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-11 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep keseluruhan dari Skizofren

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-11
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-11 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep keseluruhan dari Skizofren

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh  dari Skizofren
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan jenis-jenis dari Skizofren
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan kriteria Skizofren serta cara penanganannya


Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberikan kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberikan kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.   Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
3.      Diagnostic and statistical manual of mental disorder IV Washington DC









SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Kuliah                            : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah                    : H. 22363
Semester                                  : VI
SKS dan Jumlah Jam              : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung           : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu                    : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)


Tujuan Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu memahami konsep umum, pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri pengguna narkoba serta upaya penanggulangannya

Pertemuan ke                          : 12

Tujuan instruksional Khusus Pertemuan ke-12 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dan pengertian dari Narkoba

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
(Menit)
Dosen
Mahasiswa
Pendahuluan

Deskripsi
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-12
Mendengarkan dan memberikan respon
Tanya jawab
OHP, Buku
3’
Relevansi
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
Mendengarkan dan memberikan respon


2’
TIK
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-12 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dan pengertian dari Narkoba

Mendengarkan dan memberikan respon


2’
Penyajian
Contoh
Mengajukan contoh-contoh pengguna Narkoba
Mendengarkan dan memberikan jawaban
Tanya jawab

10’
Uraian
Menguraikan jenis-jenis Narkoba
Mendengarkan dan memberikan respon


45’

Menjelaskan penyebab pemakaian Narkoba, ciri-ciri pemakai Narkoba dan cara penanggulangannya

Mendengarkan dan memberikan respon


45’
Latihan
Memberikan kesempatan  mahasiswa untuk bertanya
Bertanya, mendengarkan


20’

Memberikan kesempatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusi
Menjawab, mendengarkan


10’
Uraian
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
Mendengarkan dan memberikan respon


7’
Penutup
Tes
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap materi pertemuan ini
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
Tes lisan

2’
Umpan balik
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
Memberikan jawaban


2’
Tindaklanjut
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi pertemuan berikutnya
Mencatat


2’

REFERENSI :
1.      Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.      Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid dkk


Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...