SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
1. Mahasiswa mampu memahami sejarah Psikologi Abnormal
2. Mahasiswa mampu memahami
pengertian dari Psikologi Abnormal
3. Mahasiswa mampu memahami penyebab tingkah laku abnormal
4. Mahasiswa mampu memahami kriteria abnormal
5. Mahasiswa mampu memahami istilah-istilah
tentang perilaku abnormal
Pertemuan ke : 1
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-1 :
Mahasiswa mampu mengetahui konsep
umum Psikologi Abnormal
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Membuka proses perkuliahan dan menjelaskan
silabus perkuliahan Psikologi Abnormal
|
Memperhatikan
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-1 :
Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang dan sejarah dari Psikologi Abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh tingkah laku abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan penyebab dari tingkah laku
abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan kriteria dari tingkah laku
abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
Tanya jawab
|
20’
|
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
7’
|
|
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Mengenal
Perilaku Abnormal, Dr. A. Supratiknya
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
1. Mahasiswa
mampu memahami model Demologis
dan Naturalistic
2. Mahasiswa mampu memahami model Organis dan Psikologis
Pertemuan ke : 2
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-2 :
Mahasiswa mampu memahami beberapa
model perilaku abnormal
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview pertemuan 1 dan menjelaskan cakupan
pertemuan ke 2
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dari materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-2 : Mahasiswa
mampu memahami beberapa model tingkah laku abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh tingkah laku menurut
model perilaku abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan tingkah laku abnormal
menurut model Demologis dan Naturalistic
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menguraikan tingkah laku abnormal
menurut model Organis dan Psikologis
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI:
1.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
2.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
1. Mahasiswa mampu memahami klasifikasi dan diagnosa
2. Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan dari sistem
klasifikasi dan diagnosa
3. Mahasiswa mampu memahami system diagnosa dari APA (DSM IV)
Pertemuan ke : 3
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-3 :
Mahasiswa mampu memahami klasifikasi
dan diagnosa
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-3
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-3 : Mahasiswa
mampu memahami klasifikasi dan diagnosa
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh dari klasifikasi gangguan jiwa
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan proses penegakan diagnosa
gangguan jiwa
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan cara menetapkan DSM IV
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Diagnostic
and statistical manual of mental disorder IV Washington DC
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
1.
Mahasiswa
mampu melihat dan memahami
gejala-gejala yang muncul
dalam perilaku abnormal
2.
Mahasiswa
mampu menentukan gejala yang dominan yang selalu muncul dalam perilaku normal
Pertemuan ke : 4
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-4 :
Mahasiswa mampu memahami konsep umum dari simptomatologi
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-4
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-4 : Mahasiswa mampu memahami konsep umum dari simptomatologi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh dari gejala tingkah laku abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan gejala-gejala tingkah laku
abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan gejala-gejala yang dominan dalam tingkah laku abnormal
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1. Psikologi Abnormal, Gerald C.
Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2. Diagnostic and statistical manual of
mental disorder IV Washington DC
3. Psikologi Abnormal, Jefrey S Nevid
dkk
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
1.
Mahasiswa
mampu mengkaji
permasalahan yang berhubungan dengan gangguan autism
2.
Mahasiswa
mampu mengkaji
permasalahan yang berhubungan dengan gangguan ADHD
Pertemuan ke : 5
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-5 :
Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ciri-ciri dari
gangguan Autism dan ADHD
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-5
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan
ke-5 : Mahasiswa mampu
memahami pengertian dan
ciri-ciri dari gangguan Autism dan
ADHD
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh anak autis dan ADHD
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan gejala-gejala dari gangguan autis
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan gejala-gejala dari gangguan ADHD
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Standard
Pelayanan Psikologi Klinis, HIMPSI 2008
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami pengertian, tipe dan ciri-ciri dari kecemasan
Pertemuan ke : 6
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-6 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari kecemasan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-6
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-6 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan
konsep dari kecemasan.
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan ciri-ciri dari kecemasan
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan pengertian dari kecemasan
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan tipe-tipe dari kecemasan
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi,
memikirkan dan memberikan pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan
jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami pengertian dari stres, perubahan dalam tubuh sehubungan dengan stress
dan cara penanganannya
Pertemuan ke : 7
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-7 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dari stres, faktor
psikologis dan kesehatan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta menjelaskan
cakupan materi pertemuan ke-7
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-7 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan
konsep umum dari stres, faktor psikologis dan kesehatan
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh dari stres
yang berhubungan dengan penyakit
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
30’
|
|
Uraian
|
Menguraikan hubungan stres dengan penyakit
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
35’
|
||
Menjelaskan cara penanganan stres
|
35’
|
||||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami pengertian, tipe-tipe
dan ciri-ciri dari gangguan kepribadian
Pertemuan ke : 8
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-8 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dari gangguan
kepribadian
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-8
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-8 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara
keseluruhan konsep umum dari gangguan kepribadian
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh dari gangguan kepribadian
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan tipe-tipe dari gangguan
kepribadian
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan ciri-ciri dari gangguan
kepribadian
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami definisi, gejala-gejala dan kriteria gangguan seksualitas
Pertemuan ke : 9
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-9 :
Mahasiswa mampu mengkaji
permasalahan yang berhubungan dengan gangguan seksualitas
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-9
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-9 : Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang
berhubungan dengan gangguan seksualitas
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh gangguan seksualitas
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan jenis-jenis gangguan seksualitas
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan gangguan yang berhubungan dengan
gangguan seksualitas
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberikan kesempatan
mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami defenisi, simptom, dan gangguan yang termasuk dalam Psikosis Fungsional
Pertemuan ke : 10
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-10 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari
Psikosis Fungsional
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-10
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-10 : Mahasiswa
mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep dari Psikosis
Fungsional
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh dari gangguan Psikosis Fungsional
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan jenis-jenis gangguan yang
termasuk dalam Psikosis Fungsional
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan gangguan-gangguan Psikosis Fungsional
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberi kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Diagnostic
and statistical manual of mental disorder IV Washington DC
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami defenisi, kriteria dan jenis-jenis Skizofren serta penanganannya
Pertemuan ke
: 11
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-11 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep keseluruhan dari Skizofren
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-11
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-11 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep keseluruhan
dari Skizofren
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh dari Skizofren
|
Mendengarkan dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan jenis-jenis dari Skizofren
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan kriteria Skizofren serta cara
penanganannya
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya, mendengarkan
|
20’
|
||
Memberikan kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab, mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi, memikirkan dan memberikan
pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1. Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk
3.
Diagnostic
and statistical manual of mental disorder IV Washington DC
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah : Psikologi Abnormal
Kode Matakuliah : H. 22363
Semester : VI
SKS dan Jumlah
Jam : 3 / 2,5 jam (150 menit)
Matakuliah
Pendukung : Psikologi Umum I, Psikologi Kepribadian 1
Dosen Pengampu : Yulia S.Psi Psikolog
(Prasyarat)
Tujuan Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu memahami konsep umum, pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri pengguna narkoba serta
upaya penanggulangannya
Pertemuan ke : 12
Tujuan
instruksional Khusus Pertemuan ke-12 :
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan konsep umum dan pengertian dari
Narkoba
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
(Menit)
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
Pendahuluan
Deskripsi
|
Mereview materi pertemuan sebelumnya, serta
menjelaskan cakupan materi pertemuan ke-12
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
Tanya jawab
|
OHP, Buku
|
3’
|
Relevansi
|
Mahasiswa dapat menyadari dan memahami
cakupan dan materi perkuliahan pada pertemuan ini
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
2’
|
||
TIK
|
Menjelaskan TIK untuk pertemuan ke-12 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan secara keseluruhan
konsep umum dan pengertian dari Narkoba
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
2’
|
||
Penyajian
Contoh
|
Mengajukan contoh-contoh pengguna Narkoba
|
Mendengarkan
dan memberikan jawaban
|
Tanya jawab
|
10’
|
|
Uraian
|
Menguraikan jenis-jenis Narkoba
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
45’
|
||
Menjelaskan penyebab pemakaian Narkoba,
ciri-ciri pemakai Narkoba dan cara penanggulangannya
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
45’
|
|||
Latihan
|
Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
|
Bertanya,
mendengarkan
|
20’
|
||
Memberikan kesempatan mahasiswa untuk
menyampaikan hasil diskusi
|
Menjawab,
mendengarkan
|
10’
|
|||
Uraian
|
Memberikan pertanyaan, jawaban dan evaluasi
|
Mendengarkan
dan memberikan respon
|
7’
|
||
Penutup
Tes
|
Meminta mahasiswa memberi tanggapan terhadap
materi pertemuan ini
|
Berdiskusi,
memikirkan dan memberikan pendapat
|
Tes lisan
|
2’
|
|
Umpan balik
|
Mengajukan pertanyaan pada beberapa mahasiswa
|
Memberikan
jawaban
|
2’
|
||
Tindaklanjut
|
Memberitahukan mahasiswa mengenai materi
pertemuan berikutnya
|
Mencatat
|
2’
|
REFERENSI :
1.
Psikologi
Abnormal, Gerald C. Davidson, John M. Neale, Ann M. Kring
2.
Psikologi
Abnormal, Jefrey S Nevid dkk