DEATH & DYING
(KEMATIAN DAN SEKARAT)
(KEMATIAN DAN SEKARAT)
CINDY (113310057)
FERISA (113310053)
HARRY (113310074)
SELLYANA (113310073)
RATNA (113310070)
ROSE DIANA GOZALI (113310061)
WILLY(113310060)
TJUNG TECK (113310095
)
KETAKUTAN KEMATIAN (DEATH ANXIETY)
Wanita mempunyai pemikiran tentang kematian lebih sering daripada pria.
Kematian
adalah saat dimana kita melawan hidup hingga ke bagian terpentingnya. Itu merupakan waktu untuk bertemu dengan Tuhan, bersatu dengan yang dicintai yang telah pergi duluan (Ross and Pollio, 1991).
Prediksi akan kecemasan kematian
Penyakit yang mengancam jiwa. Ketika kita berpikir akan yakinnya peningkatan kecemasan, hal yang pertama muncul di pikiran adalah penyakit yang serius. Orang-orang dengan penyakit yang mengancam nyawa tentunya lebih khawatir tentang kematian daripada orang dewasa yang sehat.
Orang-orang menghadapi penyakit mematikan mengalami berbagai macam emosi dari ketenangan ke depresi ke harapan. Kecemasan kematian bervariasi sebagai fungsi dari kepribadian secara keseluruhan, baik orang tersebut biasanya khawatir ataupun tidak. (Hintze, Templer, Cappelletty, dan Frederick, 1993).
Orang-orang yang lebih tua mungkin tidak mau
mengakui ketakutan pada diri mereka sendiri. Sebagaimana
yang kita lihat pada penelitian akan kecemasan kematian para penderita HIV positif,
penyangkalan kerap terjadi pada ujung dari masa hidup mereka, melindungi dirinya secara
emosional akan fakta bahwa hidup mereka hanya dalam hitungan tahun dan bulan.
Dalam sebuah penelitian, peneliti
memberikan tiga tes akan kecemasan kematian
bervariasi dari laporan sendiri untuk ketakutan dari orang dewasa dengan
berbagai usia (Feifel dan Branscomb, 1973). Ketika
ditanya, banyak orang menyangkal bahwa mereka takut akan kematian. Ketika diinstruksikan untuk mengkhayal, imajinasi mereka menunjukkan keragu-raguan. Pada
skala akhir, sebuah tes hubungan kata, jawaban mereka menunjukkan ketakutan
yang jelas. Terlebih lagi, ketika pada tes terhadap kecemasan yang lebih jelas,
yang lebih tua terhitung lebih sedikit rasa takut.
KEYAKINAN AGAMA
Banyak penelitian yang mengemukakan bahwa orang yang religius melaporkan ketakutan mereka sendiri dan kematian orang yang mereka cintai berkurang. (Powell dan Thorson, 1991;
Smith, Range dan Ulmer, 1991-1992). Orang yang religius lebih suka mengartikan kematian sebagai kondisi yang positif, sebagai “pintu gerbang” daripada “dinding” (Ross dan Pollio, 1991; Westman dan Brackney, 1990).
Di pihak lain, tidak semua penelitian mengungkapkan bahwa orang yang religuis memiliki skor terendah akan kecemasan tentang kematian.
TINGKATAN KEMATIAN KUBLER ROSS; DESKRIPSI DAN KRITIK
Saat menjadi psikiater di rumah sakit umum pada tahun 1960, Kubler Ross menjadi percaya bahwa pekerja medis mengabaikan keperluan emosional dari pasien terminal. Sebagai bagian dari seminar murid medis, dia mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai pasien sekarat. Selama pekerja medis
berada di sana, orang yang diwawancarai memiliki respon yang berbeda. Banyak yang dengan santai berbicara terbuka. Fakta dari Kubler Ross diterbitkan dalam sebuah buku berjudul On
Death and Dying bahwa komunikasi sangat penting.
Kubler Ross (1969) percaya bahwa proses manusia terdiri dari 5 tingkat untuk menerima kematian: penyangkalan, kemarahan, penawaran, depresi dan penerimaan.
Ketika orang
mendengar diagnosisnya untuk pertama kalinya, responnya adalah “Pasti terjadi
sebuah kesalahan.” Penyangkalan akan
didampingi dengan mencari bukti yang bertentangan, mengunjungi spesialis untuk diagnosis yang berbeda, diagnosis yang baru,
yang lebih positif dalam melihat tes. Ketika upaya
ini gagal, penyangkalan berlanjut kepada kemarahan.
Kemarahan. Pada tahap ini, orang akan memukul-mukul, meratapi nasib, menyusuri
orang yang ia cintai.
Tawar menawar. Pada tahap ini, orang akan memohon untuk
tambahan waktu, menjanjikan untuk menjadi “baik” jika kematian dapat
diperlambat, menawarkan kesepakatan dengan Tuhan.
Ketika reaksi
penawaran mereda, reaksi ini akan digantikan dengan
tahap ke empat, yaitu depresi. Lalu, respon ini dilanjutkan dengan penerimaan. Sejalannya waktu, orangnya akan mulai lemah, bukan sedih, marah, atau depresi.
COPING AND LONGEVITY
Setiap orang berbeda-beda dalam mengatasi penyakit yang mengancam jiwa, perbedaan tersebut juga beralasan bagi setiap orang. Seperti Kim, dari hasil wawancara, dia mencoba untuk memberikan
arti penyakit mereka dengan membantu orang lain atau untuk memaksimalkan waktu untuk menjadi lebih dekat dengan orang yang
dicintai sebelum dia meninggalkan mereka. dan ada beberapa
yang lain menjadi lumpuh karena depresi karena kecemasan
(Hilton, 1975).
Menindak lanjuti
pasien yang terkena kanker, Avery Weismen dan William Worden (1975) menemukan bahwa orang-orang
yang hidup lebih lama
dari yang diharapkan berdasarkan tingkat keparahan penyakit yang mereka punya, mereka mempertahankan hubungan
yang responsif dengan orang lain, terutama pada fase akhir dari penyakit mereka. Mereka lebih tegas dalam menunjukkan "semangat juang" yang lebih daripada mereka yang meninggal lebih awal.
Empat tugas perhatian yang kita harapkan ketika kita sakit parah ;
Kita ingin meminimalisir tekanan fisik,
untuk menjadi bebas dan mengurangi rasa sakit
Kita ingin memaksimalkan keamanan
psikologis, untuk mengurangi rasa takut, kecemasan dan merasa mengendalikan
bagaimana kita mati
Kita ingin meningkatkan hubungan sosial
yang bermakna, untuk menjadi sedekat mungkin dengan orang yang paling kita
sayangi
Kita ingin mengembangkan spiritualitas dan
memaknai bahwa ada integritas dan tujuan hidup kita.
Penyedia layanan kesehatan
Ketika para peneliti mengeksplorasi kecemasan kematian di antara internis, ahli bedah, dan psikiater yang bervariasi dalam usia dan tahun praktek, mereka menemukan bahwa, terlepas dari spesialisasi, dokter baru yang baru memulai yang paling diteror oleh kematian (Kane dan
Hogan, 1985-1986). Sebuah penelitian juga membandingkan perawat juga menunjukkan bahwa perawat yang
lebih berpengalaman akan cenderung melihat kematian dengan positif, seperti damai atau pembebasan. Para dokter muda lebih sering melihatnya sebagai bencana, peristiwa mengerikan
(Brent, Speece,
Gates dan Kaul 1992-1993; Campbell, Abernarthy, dan
Waterhouse 1983).
APLIKASI DAN INTERVENSI
Anggota rumah sakit yang terampil dalam tehnik dapat meminimalkan
ketidaknyamanan fisik dan dilatih dalam menyediakan lingkungan
yang mendukung fisiologisnya, salah satu yang menjamin pasien dan anggota keluarga bahwa mereka tidak akan ditinggalkan dalam menghadapi kondisi yang mendekati kematian (Cohen, 1979; Rossman, 1977).
Mereka dapat menggunakan tehnik-tehnik psikologis untuk mengurangi rasa sakit,
seperti mengajar orang untuk mengalihkan fokus dari ketidaknyamanannya secara mental, menekankan
kegiatan yang menyenangkan, dan melatih keluarga untuk menghindari
ekspresi kecemasan
yang meningkatkan rasa sakit
PERINGATAN TERHADAP YANG SEKARAT DI RUMAH
Rumah
sakit dapat menawarkan ketenangan yang tidak biasa kepada orang yang sedang kritis dan seseorang yang dikasihi, mengijinkan keluarga memberikan suatu ungkapan kasih sayang yang terakhir.
Sebagian besar orang Amerika merasa meninggal di rumah adalah yang terbaik.Di rumah sakit, perawatan jasmani dilakukan
secara rutinitas dan adil. Di rumah, orang merasa terbebani dari anggota keluarga yang peduli terhadap kebutuhan fisiknya. Pasien mungkin ingin membagi waktu luang
mereka dengan orang yang mereka cintai; mereka mungkin ingin waktu sendiri untuk menangis, untuk melampiaskan amarahnya, penderitaan dan sakit. Di dalam rumah sakit, terdapat kesempatan untuk mengungkapkan emosi secara pribadi. Di rumah, jam berkunjung tak henti-hentinya ; pasien merasa terpaksa untuk melakukannya dengan cara tertentu.
Memanusiakan Perawatan di Rumah Sakit
Terkadang pasien dilepaskan
dari alat intensif saat mereka akan meninggal. Mereka dilepas dari mesin dan diberikan waktu yang
tidak terbatas untuk bersama keluarga selama jam-jam terakhir mereka. Administrasi rumah sakit secara rutin merubah peraturan waktu berkunjung di hari terakhir seseorang.
Sebagai contoh, seorang istri diijinkan tidur di kamar suaminya dan seorang anak dapat berkunjung setiap waktu (Kastenbaum, 1976-1977; Rando, 1984).
Untuk
satu hal, hanya sebagian kecil orang, bahkan orang-orang
dengan penyakit yang mengancam
jiwa, mengambil langkah pengajuan secara tertulis secara langsung. Orang-orang
secara alami enggan untuk menghadapi
ketidakmampuan masa depan mereka sendiri dan kematian (Sachs, 1994). Hanya sekitar 40% orang Amerika memiliki wasiat!
Dalam budaya tradisional Cina, misalnya, setiap pembicaraan
tentang kematian adalah hal yang tabu (Dubler, 1994).
Contoh Wasiat
saya akan ____________________, dengan sengaja dan sukarela memberitahukan keinginan saya bahwa kematian saya tidak akan berkepanjangan dalam situasi
yang ditetapkan di bawah, dan dengan ini menyatakan :
Jika suatu waktu waktu
saya harus menjalani kondisi sekarat dan dokter yang merawat saya telah menentukan tidak ada harapan medis dari pemulihan dan dimana, sebagai probabilitas medis, akan mengakibatkan, kematian, terlepas dari penggunaan
atau penghentian
pengobatan medial yang dilaksanakan untuk tujuan mempertahankan hidup, atau proses kehidupan,
saya memerintahkan agar perawatan medis ditahan atau ditarik, dan bahwa saya diizinkan untuk mati secara alami dengan hanya pemberian obat atau kinerja dari setiap prosedur medis yang
dianggap perlu untuk memberikan saya hati yang nyaman atau untuk mengurangi rasa sakit.
MAKANAN DAN CAIRAN ARTIFISIAL YANG DISEDIAKAN: Dengan memeriksa baris yang sesuai di bawah ini, saya secara khusus;
_______ memberikan kuasa
pemotongan atau menarik penyediaan makanan, air, atau
makanan lain atau
cairan lain secara artifisial.
________ TIDAK BOLEH mengotorisasi pemotongan atau penarikan penyediaan makanan,
air, atau makanan atau cairan lainnya
secara artifisial.
Ini adalah halaman pertama dari
Wasiat Hidup Saya
Dokter – Bunuh diri yang dibantu
Seperti yang kita lihat, dokter diwajibkan oleh hukum untuk menghormati
pasien yang ingin
menolak memperpanjang hidup pengobatan,
meskipun penolakan ini mungkin mempercepat
kematian. Namun, sampai tulisan ini dikeluarkan, kebanyakan Negara adalah melanggar hukum untuk secara aktif melakukan intervensi untuk membantu orang yang telah
meminta untuk mati. Seperti Bernard Gert, James Bernat, dan Peter Mogielnicki (1994) tunjukkan, perbedaan antara mematuhi penolakan dan secara aktif membantu dalam permintaan.
Pasien memiliki kebebasan untuk diizinkan untuk mati. Dokter dilarang melakukan intervensi
yang mengakhiri kehidupan seseorang.
Pembunuhan jenis ini melanggar prinsip agama bahwa
hanya Tuhan yang
dapat memberi atau mengambil kehidupan.
Inilah sebabnya meskipun survei menunjukkan dukungan publik yang
luas untuk melegalkan bunuh diri yang dibantu dokter
(Morrison dan Meier, 1994), orang-orang yang sangat religious, mereka yang merupakan bagian dari hak untuk gerakan hidup, dan mereka
yang percaya pada kehidupan setelah kematian adalah yang paling benci menerima langkah ini dalam penentuan diri dari kematian. Terlepas dari pertimbangan agama, ada
juga argumen lain terhadap praktek tersebut.
Dengan menyetujui dokter-bunuh
diri yang dibantu, kritikus khawatir bahwa kita mungkin membuka gerbang untuk euthanasia sukarela, memungkinkan dokter untuk “menarik steker” pada orang-orang yang mungkin tidak benar-benar
ingin mati. Bahkan ketika permintaan
orang membantu mengakhiri hidupnya, ada masalah. Ia mungkin tidak benar-benar
sakit parah, ia mungkin telah salah didiagnosis atau mungkin masih
memiliki waktu bertahun-tahun untuk menjalani sisa kehidupan
yang produktif. Sebagai Psikiater,
Herbert Hendlin (1994) menunjukkan, dengan membantu seseorang mati, seseorang melakukan suatu tindakan yang tidak
dapat dibatalkan
berdasarkan apa yang bisa menjadi perasaan sementara. Orang-orang yang bunuh
diri sering tertekan. Jika depresi diobati individu, individu mungkin merasa sangat berbeda dengan mengakhiri
hidupnya. Dalam mendukung pandangannya, Hendlin menulis sebuah kasus anak muda berumur 30an didiagnosa leukemia dan mempunyai
25% kesempatan
untuk selamat. Takut mengalami efek samping dari pengobatan,
dia memohon rekannya untuk membunuh dirinya.
Orang-orang yang sekarat sering sakit parah, penderitaan yang kadang-kadang tidak dapat sepenuhnya dikendalikan
oleh obat-obatan.
Haruskah pasien ini dipaksa untuk enggan menahan
rasa sakit dan penghinaan tentang kematian ketika dokter memiliki alat untuk
mengakhiri hidup? Mengetahui penderitaan
bahwa penyakit mematikan dapat menjadi penyebab, apakah benar-benar manusiawi untuk berdiri dan membiarkan
alam mengambil jalannya secara
bertahap (Morrison dan Meyer, 1994)? Apakah pelegalan bunuh diri yang dibantu oleh
dokter menuju
penentuan nasib
sendiri atau
kebalikannya, awal dari sebuah “lereng licin” yang mungkin berakhir dalam sanksi membunuh siapa saja yang kualitas hidupnya terganggu?
Callahan (1994), merincikan prinsip-prinsip berikut dalam apa yang ia sebut pendekatan siklus hidup perawatan medis
1. Setelah seseorang telah menjalani
rentang kehidupannya
secara alami,
perawatan medis seharusnya tidak lagi berorientasi untuk melawan kematian.
2. Penyediaan perawatan
medis bagi mereka yang telah menjalani jangka hidup yang normal akan dibatasi
pada saat menghilangkan penderitaan.
3. Keberadaan teknologi
medis mampu memperpanjang kehidupan orang tua yang telah menjalani jangka hidup
alami dan tidak menimbulkan anggapan apapun bahwa teknologi harus digunakan
untuk tujuan itu.