Friday 26 July 2013


Pelaksanaan tes neuropsikologi
tes dilakukan pada keadaan kesadaran penuh
  - bila tidak sadar, ditunggu hingga normal
tes sederhana à kerja semua bagian otak
  tes menilas garis :
  - pelihatan harus baik
  - gerakan bola mata dan tangan normal
  - pendengaran normal
  - mengerti bahasa yang digunakan dalam perintah
  - atensi baik
  - kooperatif, kerjasama pasien-pemeriksa baik
Tim  : dr ahli mata, saraf, THT, dan ahli psikologi
Kraepelin : SDH stimmung (emosi), Denken (pemikiran), Handlung (perilaku)
Lezak : sistem kognitif, emosi, eksekutif
  - kognitif : reseptif, memori, belajar, ekspresi hasil
      belajar
  - emosi : perasaan dan motivasi
  - eksekutif : penampilan, perilaku, dan praksis
Belajar, Mengingat, dan Berpikir
Belajar
anak melakukan kegiatan belajar suatu ketrampilan dengan mengulang-ulang
  - pengasuh menunjuk benda, menyebut namanya,
     dan anak mengingat
    à berkembang pengertian setiap benda ada nama
pengertian nama benda berkembang dari inderaan,
  misalnya : pisang
  à mata : warna
  à raba : lunak
  à hidu : bau khas
  à lidah : rasa manis
 
Bagan gerakan dan inderaan
Pisang
Kulonluar  lonluarman
Kulonlu   lonluar   luarman
Kulon     lonlu     luar     arman
Kuning lonjong lunak aroma manis
Belajar
dengan perkembangan anak, masuk unsur bahasa lainnya
  à pada masa SD : belajar pengertian abstrak
  - pisang, jambu, jeruk, mangga à abstrakbuah 
Mengingat
Lobus temporalis : kasus HM
Berpikir
kerja otak menghubungkan 2 atau lebih informasi
Ada 2 jenis :
  - menggunakan bahasa/wicara internal
  - tidak menggunakan bahasa : bentuk, gambar, cari
      jalan pada peta, dll
à proses pembayangan ruangan
Berpikir
pemikiran : pemecahan persoalan tidak tersedia dan harus cari jalan keluar
soal yang sulit à uraikan à cari hubungan antar komponen à kemudian di gabung à coba-coba, bila salah cari jalan lain
  à di otak terjadi penggunaan bahasa yang tidak
        diucapkan, ingatan pengalaman, ingatan
        pemecahan persoalan logis, ingatan angka bila
        menyangkut hitungan
E  M  O  S  I
Bayi baru lahir menunjukkan emosi
-perut kenyang, tekak tdk kering, bokong kering
    akan  tenang
-perut kosong, tekak kering, bokong basah akan gelisah
  à bila tidak segera ditolong akan menangis,
        teriak makin keras, gerakan makin kuat,
        tampak marah
Hubungan emosi dgn saraf otonom dan motorik
lahir à otak reptil menunjukan sifat egois
pertumbuhan à otak mamalia : emosi terkait rasa sayang, iri, sedih, empati, kecewa
pertumbuhan selanjutnya : jenis emosi lainnya
  à sistem limbik (pembahasan lobus temporalis)
bagian penting dari sistem limbik
pada binatang
  - rangsang nuklei lateral : reaksi agresif
  - rangsang nuklei medial : hambat perilaku agresif
  - kerusakan bilateral : jinak, tidak ada rasa takut alami
pada manusia : perangsangan menimbulkan rasa
    takut, bingung, dan amnesia
dalam bidang seks : hipo atau hiperseks
emosi diungkapkan pula dalam bentuk gerakan
hewan di ganggu :
  - berani : menyerang
  - takut : lari
menyerang dan lari : kerja otot meningkat
  à persiapan tambahan kerja ini perlu saraf otonom
àsecara anatomis amigdala dan hipothalamus (pusat
   otonom) berhubungan erat
orang agresif à reaksi terhadap rangsang emosi berlebihan, bertindak tanpa pikir
Le Doux : hubungan antara indra dengan amigdala
  - di ejek seperti monyet, langsung menyerang
  - rangsang pendengaran (monyet) à n akustikus à pons à
      lemniskus lat à kolikulus inf à korpus genikulatum
      medialis thalami à Heschl temporalis
  - orang agresif : ada jaras pintas dari korpus genikulatum
      medial ke amigdala lateral à pusat motorik à menyerang
  - orang normal : rangsang pendengaran sampai di pusat diolah
      di pusat tersier, baru ambil keputusan
sifat agresif, faktor lain : pengalaman yang terprogram dari luar
penelitian ahli psikologi Harlow di Wisconsin : 
  - seekor monyet diisolasi sewaktu lahir
  - melihat monyet lain tapi tidak bergaul
  - dewasa :
  - cubit dan gigit diri sendiri
  - bila didekati pengasuh akan ketakutan atau menyerang
       - bunuh monyet lain yang dimasukkan ke kandangnya
 
penelitian lebih lanjut pengaruh pengasuhan ibu :
  - Harlow tempatkan benda sebagai pengganti ibu :  yang satu
      dari kawat, yang lain bahan berbulu
  - anak monyet lebih memilih yang berbulu, meski ditempatkan
      botol susu pada yang kawat
  - memilih berbulu yang bisa berayun
  à yang tidak berayun lebih ganas sifatnya
àanak-anak yang terpaksa diam di tempat tidur dan kurang bergerak, sering ngamuk
Kesimpulan dari penelitian Harlow
  - pentingnya menggendong, memeluk, dan menimang bayi dan
      anak dalam pembentukan karakternya
  - anak yang tidak atau kurang mendapat pengasuhan ibu yang
      baik dapat menjadi agresif dan melakukan kekerasan
àHubungan erat gerakan dan emosi
àPemrograman yang salah pada masa kecil dapat berakibat buruk pada masa dewasa
àPengalaman diwaktu kecil berpengaruh yang menetap karena dalam masa perkembangan pemrograman itu juga berpengaruh membentuk, menentukan fungsi struktur otan bersangkutan
à

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...