Pelaksanaan tes neuropsikologi
tes dilakukan pada keadaan kesadaran penuh
- bila
tidak sadar, ditunggu hingga normal
tes sederhana à kerja semua bagian otak
tes menilas garis :
- pelihatan harus baik
- gerakan bola mata dan tangan normal
- pendengaran normal
- mengerti bahasa yang digunakan dalam perintah
- atensi
baik
- kooperatif, kerjasama pasien-pemeriksa baik
Tim : dr ahli mata, saraf, THT, dan ahli psikologi
Kraepelin : SDH stimmung (emosi), Denken (pemikiran), Handlung (perilaku)
Lezak : sistem kognitif, emosi, eksekutif
- kognitif : reseptif, memori, belajar, ekspresi hasil
belajar
- emosi : perasaan dan motivasi
- eksekutif : penampilan, perilaku, dan praksis
Belajar, Mengingat, dan Berpikir
Belajar
anak melakukan kegiatan belajar suatu ketrampilan
dengan mengulang-ulang
-
pengasuh menunjuk benda, menyebut namanya,
dan anak mengingat
à berkembang pengertian
setiap benda ada nama
pengertian nama benda berkembang dari inderaan,
misalnya : pisang
à mata : warna
à raba : lunak
à hidu : bau khas
à lidah : rasa manis
Bagan
gerakan dan inderaan
Pisang
Kulonluar lonluarman
Kulonlu lonluar luarman
Kulon lonlu luar arman
Kuning lonjong lunak aroma manis
Belajar…
dengan perkembangan anak, masuk unsur bahasa lainnya
à pada masa SD : belajar pengertian abstrak
- pisang, jambu, jeruk, mangga à abstrak “buah”
Mengingat
Lobus temporalis : kasus HM
Berpikir
kerja otak menghubungkan 2 atau lebih informasi
Ada 2 jenis :
- menggunakan bahasa/wicara internal
- tidak menggunakan bahasa : bentuk, gambar, cari
jalan pada peta, dll
à proses pembayangan ruangan
Berpikir…
pemikiran : pemecahan persoalan tidak tersedia dan harus cari jalan keluar
soal yang sulit à uraikan à cari hubungan antar komponen à kemudian di gabung à coba-coba, bila salah cari jalan lain
à di otak terjadi penggunaan bahasa yang tidak
diucapkan, ingatan pengalaman, ingatan
pemecahan persoalan logis, ingatan angka bila
menyangkut hitungan
E M O
S I
Bayi baru lahir menunjukkan emosi
-perut kenyang, tekak tdk kering, bokong kering
akan tenang
-perut kosong, tekak kering, bokong basah akan gelisah
à bila tidak segera ditolong akan menangis,
teriak makin keras, gerakan makin kuat,
tampak marah
Hubungan emosi dgn saraf otonom dan motorik
lahir à otak reptil menunjukan sifat egois
pertumbuhan à otak mamalia : emosi terkait rasa sayang, iri, sedih, empati, kecewa
pertumbuhan selanjutnya : jenis emosi lainnya
à sistem limbik (pembahasan lobus temporalis)
bagian penting dari sistem limbik
pada binatang
- rangsang nuklei lateral : reaksi agresif
- rangsang nuklei medial : hambat perilaku agresif
- kerusakan bilateral
: jinak,
tidak ada rasa takut alami
pada manusia : perangsangan menimbulkan rasa
takut, bingung, dan amnesia
dalam bidang seks : hipo atau hiperseks
emosi diungkapkan pula dalam bentuk gerakan
hewan di ganggu :
- berani : menyerang
- takut : lari
menyerang dan lari : kerja otot meningkat
à persiapan tambahan kerja ini perlu saraf otonom
àsecara anatomis amigdala dan hipothalamus (pusat
otonom) berhubungan erat
orang agresif à reaksi terhadap rangsang emosi berlebihan, bertindak tanpa pikir
Le Doux : hubungan antara indra dengan amigdala
-
di ejek seperti monyet, langsung menyerang
-
rangsang pendengaran
(monyet) à n akustikus à pons à
lemniskus lat à kolikulus inf à korpus genikulatum
medialis thalami à Heschl temporalis
-
orang agresif : ada jaras pintas dari korpus genikulatum
medial ke amigdala
lateral à pusat motorik à menyerang
-
orang normal : rangsang pendengaran sampai di pusat diolah
di pusat tersier, baru ambil keputusan
sifat agresif, faktor
lain : pengalaman yang terprogram dari luar
penelitian ahli psikologi Harlow di Wisconsin :
-
seekor monyet diisolasi sewaktu lahir
-
melihat monyet
lain tapi tidak bergaul
-
dewasa :
-
cubit dan gigit diri sendiri
-
bila didekati pengasuh akan ketakutan atau menyerang
- bunuh monyet lain yang dimasukkan ke kandangnya
penelitian lebih lanjut pengaruh pengasuhan
ibu :
-
Harlow tempatkan benda sebagai pengganti ibu : yang satu
dari kawat,
yang lain bahan berbulu
-
anak monyet lebih memilih yang berbulu, meski ditempatkan
botol susu pada yang kawat
-
memilih berbulu
yang bisa berayun
à yang tidak berayun lebih ganas sifatnya
àanak-anak yang terpaksa diam di tempat tidur dan kurang bergerak, sering ngamuk
Kesimpulan dari penelitian Harlow
-
pentingnya menggendong, memeluk, dan menimang bayi dan
anak dalam pembentukan karakternya
-
anak yang tidak atau kurang mendapat pengasuhan ibu yang
baik dapat menjadi agresif dan melakukan kekerasan
àHubungan erat gerakan dan emosi
àPemrograman yang salah pada masa kecil dapat berakibat buruk
pada masa dewasa
àPengalaman diwaktu kecil berpengaruh yang menetap karena dalam
masa perkembangan pemrograman itu juga berpengaruh membentuk, menentukan fungsi
struktur otan bersangkutan
à