Monday 8 October 2012

PSIKOMETRI SEMESTER 3



Tugas Psikometri
UNPRI
PENELITIAN DAN WAWANCARA UKUR PSIKOMETRI
Nama: Tjung teck
Nim:113310095
Tentang konsep diri  troma gempa bumi dan tsunami
Konsep diri di ukur berdasarkan kehidupan manusia sehari-hari,ukuran berdasarkan wawancara atau interviue langsung antara objeck dan subjeck juga alat ukur Psikologi berupa konsep diri yang di teliti secara tanyak jawab.
Diukur berdasarkan wawancara tanyak jawab konsep diri,wawancara dari Tjung teck kepada subjeck Amei.
Penelitian tolak ukur konsep diri
Pertanyakan dari :Tjung teck Praktek langsung di lapangan
1.       Apa yang Anda miliki konsep diri di dalam hidup sehari-hari?
Jawab: Awalnya suka menyendiri,suka membenci mama,papa dan membenci keluarga, kami hidup sederhana tidak telalu kaya,disaat gempa bumi di Aceh tahun 2004,kata Amie dia ditinggalkan sendiri di rumah oleh keluarganya.
·         Apa yang membuat kamu Amie troma?
Jawab: saya sekarang troma melihat air,begitu jalan bumi masih bergoyang,seperti ada gempa bumi ,padahal disaat ini tidak ada gempa bumi dan tsunami di tahun 2012,sehingga Amie selalu teringat pristiwa gempa bumi dan Tsuanmi di Aceh tahun 2004 itu.
·         Jadi motivasi konsep diri Amie gimana?
Jawab: saya selalu ketakutan,badan berjalan seperti terbang ada gempa bumi,sampai sekarang kalau jalan bumi bergetar ada gempa bumi.
·         Konsep diri dulu dan sekarang gimana?
Jawab:konsep diri dulu sebelum gempa bumi dan tsunami,saya orang rajin,tapi suka membenci orang lain dan tidak perduli kepada diri sendiri dan orang lain.
Konsep diri sekarang saya menjadi orang yang penakut,sedih,selalu teringat pristiwa gempa bumi dan tsunami di Aceh,konsep diri kosong hancur,pikiran selalu kacau,batin tidak tenang,maaf cakap kalau mau berak lihat air ketakutan dan pikiran muncul gempa bumi dan tsunami.
·         Motivasi dulu sebelum gempa bumi dan tsunami?
Jawab: saya dulu orang yang cerdas dengan motivasi berdiri sendiri,tampa bantuan orang lain kalau bekerja,rajin,ulet ingin usaha tidak mau di bantu orang lain,maunya kerja sendiri,suka iri hati pada orang yang maju,kemauan yang keras untuk maju.akan tetapi setelah terjadi gempa bumi dan tsunami tahun 2004 di Aceh,saya troma tidak punya motivasi diri,selelu ketakutan dan selalu teringat pristiwa gempa bumi ini,sehingga saya selalu ceritakan pristiwa itu pada orang lain,sedih dan takut lihat air,sehingga orang melihat saya tidak waras.
·         Apa yang membuat kamu orang mengatakan tidak waras?
Jawab: Amie karena saya takut ,selalu ada di pikiran saya dan setiap jumpa orang saya ceritakan pristiwa it terus menerus,setelah cerita saya ketakutan dan sedih,murung dan orang pergi mengatakan saya gila.
·         Motivasi kamu sekarang juga tergangu akibat ketakutan yang mengerogoti kamu ya?
Jawab:Amie ia aku takut hidup tidak berguna umur 48 tahun,aku kehilangan orang tua akibat gempa bumi dan tsunami,saudara saya tidak suka aku lagi,karena aku selalu ketakutan dan suka cerita pristiwa troma ini pada orang lain,dan setelah aku cerita aku ketakutan, orang mendengarkan tidak suka saya lagi dan pergi.
·         Jadi kamu sekarang tinggal dipanti jompo ini dan di rawat oleh dokter dan suster?
Jawab: ia aku berjalan harus di bantu oleh suster,kenapa? Karena aku berjalan seolah-olah bumi ini masih bergoyang ada gempa bumi,kadang suster tidak mau merawat aku,dia bilang mana ada gempa bumi lagi dan bumi bergoyang sana kemari,jawab suster ?tidak ada gempa bumi lagi,tapi kata Amie aku merasa bumi ini masih bergoyang sana kemari.
Kesimpulan wawancara objeck ukur konsep diri troma gempa bumi dan tsunami,berbeda subjek antara sempel data sebelum terjadi gempa bumi dan tsunami,pasien wawancara menjadi adnormal dan tidak waras baik prilaku,pikiran,dan ucapan.
Kesimpulan objeck ukur dari subjek tentang konsep diri troma gempa bumi dan tsunami (sama)subjeck dulu Amie orang yang konsep diri suka membenci orang tuanya dan keluarganya,sampai tidak perduli orang lain,setelah pristiwa terjadi Amie menjadi gila,takut dan makin membenci orang lain dan dirinya sendiri.
Kesimpulan objeck ukur dari subjeck tentang motivasi diri troma gempa bumi dan tsunami.(berbeda) subjeck dulu orang yang cerdas dengan motivasi diri berdiri sendiri tampa bantuan orang lain,rajin,ulet,mau bekerja sendiri,percaya diri,mau berkeja sendiri ,kamauan yang keras untuk bekerja,setelah pristiwa terjadi,Amie menjadi pemalas,selalu dibantu orang lain,suster merawatnya dia bilang tidak merawatnya,artinya Amie sakit dirawat oleh dokter dan suster.
Kesimpulan objeck ukur kepada subjeck tentang motivasi diri troma gempa bumi dan tsunami(sama) subjeck sekarang masih teringat troma gempa bumi dan tsunami,dan semakin depresi,subjeck dalam perawatan dokter,jiwa,pikiran,Syaraf tegang, neurotranmiter di otak  tergangu,memory jangka pendek tergangu,memory jangka panjang terangsang oleh stimulus pristiwa gempa bumi dan tsunami.sempel data langsung wawancara di rumah jompo.
Lokasi wawancara di Vihara (Fo si an) dan Panti jompo (Fo si an)di pantai labu.Yang mewawancarai objeck : Tjung teck Mahasiswa UNPRI dan yang di wawancari subjeck suadara Amie pasien korban gempa Bumi dan tsunami di Aceh tahun 2004.
Kesimpulan analisis uji beda (x) troma dan (y )tidak troma.ternyata hasil uji beda subjeck  Amie (x) troma dan( y) tidak troma(berbeda)( x) troma lebih tinggi( y) tidak troma renda.jadi subjeck Amie troma dan sakit,masih dalam perawatan dokter dan suster di panti jompo.



Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...