Sunday 6 November 2011

Psikologi Umum Semester 1


PSIKOLOGI UMUM I

Dosen : Sri Hartini,S.Psi,M.Si

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia mulai dari sejak lahir sampai masa tua. Psikologi berasal dari kata Psyche dan logos.
Psyche artinya soul, mind, spirit, atau jiwa
Logos artinya ilmu.

Psikologi juga disebut sebagai karakterologi.
Karakterologi adalah ilmu tentang karakter atau kepribadian seseorang.
Tipologi adalah ilmu ilmu yang mempelajari tentang tipe-tipe manusia.

Aristoteles (seorang ahli filsafat yunani kuno) membagi jiwa makhluk hidup menjadi 3 tingkatan :
- Anima Vegetativa
- Anima Sensitiva
- Anima Intelektiva

Anima Vegetativa adalah taraf hidup terendah yang terdapat pada tumbuhan. Hanya mampu melakukan reaksi terhdp rangsngan yang datang dari luar dan tujuannya semata hanya untuk mempertahankan hidup dan tumbuh.
Pada tahap ini belum terdpt kesdaran. Contoh : tanaman putri malu.

Anima Sensitiva adalah taraf hidup yang terdapat pada hewan. Makhluk ybs sudah memiliki alat indera. Reaksi makhluk sdh bervariasi sesuai dengan bekerjanya alat indera. Tgkt ini ditandai dgn adanya kemampuan seleksi, mana yg perlu didekati dan mana yg perlu dijauhi. Tahap ini belum mengenal norma atau tata tertib.

Anima Intelektiva adalah taraf hidup yang tertinggi, terdapat pada manusia.pada taraf ini terdapat kehidupan yang lebih dari sekedar kehidupan sadar belaka, misalnya potensi kecerdasan. Terdpt kemampuan u/ menyimpan ransang yg kmdn timbul sbg jejak2 dalam kesadaran yang disebut “Fungsi Mneme” maka man dpt bereaksi thdp hal2 yg sdh lewat.

Wilhelm Wundt (1879) disebut sbg bpk Psikologi.
Hipocrates disebut sebagai bpk Ilmu kedokteran.
John Locke mengemukakan teori tabularasa, yg artinya pada umumnya semua man dilahirkan putih. Yg buat orang beda adalah power yg ada pa dirinya.
Tipe Kepribadian
Sanguine = orang yang kelebihan darah merah, tempramen penggembira
Melankolik = terlalu banyak sum2 hitam dalam tubuhnya, tempramen pemurung
Kholerik = terlalu banyak sum2 kuning, tempramen semangat dan gesit
Plegmatik = terlalu banyak lendir dalam tubuh, tempramen lambat
Warna
Pengaruh warna pada kepribadian :
Senin = putih, krem
Selasa = merah, ungu
Rabu = biru
Kamis = abu-abu
Jumat = hijau
Sabtu = coklat, kuning
Lambang Psikologi
Garputala :
Cognitif = ide, pikiran
Afektif = rasa, emosi
KOnatif = pelaksana/psikomotor/ ketrampilan yg dimiliki.
Bidang Psikologi
Psi Experimen = membahas ttg perkembangan pengukuran & pengontrolan yang tepat. Pada psikologi ini sering dilakukan Eksperimen u/ mengetahui pengaruh sebuah variabel atau beberapa variabel terhadap aspek perilaku seseorang.

Psi. perkembangan = menekankan perkembangan dan berbagai faktor yang membentuk perilaku sejak lahir sampai berusia lanjut.
Psi. sosial = membahas ttg cara manusia berinteraksi dengan orang lain, yang mempengaruhi sikap dan perilaku serta perilaku kelompok.

Psi kepribadian = berfokus pada perbedaan antara individu dan kualitas individu yang unik.
Psi Klinis = membahas masalah diagnosis dan perawatan masalah emosi & perilaku penyakit jiwa, kenakalan remaja, tindakan kriminal, kecanduan obat, keterbelakangan mental, konflik perkawinan & keluarga, serta masalah penyesuaian lainnya.

Psi pendidikan = merupakan ahli dalam bidang proses belajar mengajar, seperti menangani kesulitan anak pada tahun pertama sekolah, menafsirkan hasil tes IQ, tes hasil belajar, dan tes kepribadian siswa.


Psi. Industri & organisasi (PIO) = membahas maslah di perusahaan seperti pemilihan orang yang tepat u/ memegang pekerjaan ttt, menyusun program latihan, membantu pimpinan dalam mengambil keputusan yg menyangkut semangat kerja dan kesejahteraan karyawan, mempelajari hubungan antara manusia dengan mesin, sehingga memperkecil kekeliruan, merancang tempat tinggal/kerja yg efisien.
Metode Psikologi
Metode Eksperimental
Metode observasi
Metode survey
Metode test
Metode riwayat khusus
Metode interview.


From Group: Psikologi, Hipnotis
Kampus Universitas Prima Indonesia
Mahasiswa dan Mahasiswi UNPRI
Tanyak Jawab oleh Mahasiswa dan Mahasiswi UNPRI

** Nov 17 Thu 10:33 **
Candasilo  : Wah ini baik untuk kehidupan sehari melihat prilaku orang dan pengaru apa saja dalam,jiwa dan ilmu yg nanti juga di teliti dan di pelajari di kampus.
** Nov 17 Thu 21:21 **
Dewi cynthia: Mengapa seseorang yg di hipnotis bisa mengingat kehidupan lampaunya???
** Nov 17 Thu 22:48 **
Candasilo  : Karena di waktu regresi ini yg sering disebut dalam ilmu pisikologi dimana setiap orang berbuat jahat dari di luar kesadaranya,jadi di saat hipnotis alam bawah sadar yg di bangkitkan,sehingga dengan menayakan di alam bawah sadar maka semua yg tersimpau masah lampau bisa di ingat kembali,maka orang yg bisa di hipnotis makin cerdas,karena membangkitkan daya ingat masa lampu.kalau orang sadar di suruh ingat sesuatu dia bisa bodoh atau lupa dan tidak ingat.begitu lah jawabannya.
** Nov 17 Thu 22:50 **
Candasilo  : Jadi hipnotis untuk menjadi orang cerdas dalam membangkitkan daya ingat seseorang.dan melatih daya ingat orang itu akan makin cerdas,seperti mengasa otak dengan daya ingat masa lampau.
** Nov 17 Thu 22:54 **
Dewi cynthia: Wah, kalau bgtu blh sering2 di hipnotis donk biar tmbah cerdas:D
** Nov 17 Thu 23:01 **
Candasilo  : Tergantung orang hipnotis jangan sembarang juga di hipnotis kalau orang bisa di percaya dan tujuan benar,dengan mencerdaskan orang di hipnotis,akan tetapi juga jangan di hipnotis sama orang kurang di percaya alias bisa membuat kebalik dari cerdas menjadi orang bodoh loh,jadi istilahnya orang baik dan jujur dalan kehidupan itu, tidak apa akan menjadi orang baik dan cerdas.jadi jangan sembar orang juga loh harus bijaksana.
** Nov 17 Thu 23:05 **
Dewi cynthia: Ouu.. Bisa ǥå bhante waktu di hipnotis kita di kasih sugesti biar mudah menghapal dan belajar?
** Nov 17 Thu 23:07 **
Candasilo  : Kalau sekali saja di hipnotis sudah cukup,sudah cerdas dan tak perlu berulang_ulang karena yg di bangkitkan daya ingat masah lampau.itu sudah otomatis perlahan2x bisa mengigat masa lampaunya itu.kalau sering2x pun kurang baik bisa mempengarui yg lain.
** Nov 17 Thu 23:11 **
Dewi cynthia: Ooooo
** Nov 17 Thu 23:16 **
Candasilo  : Bisa kalau hipnotis dengan sugesti menghafal buku ini orang belajar akan cepat menghafal buku,apalagi hipnotis lihat kehidupan lampau,misalnya kehidupan lampau perna hafal buku SMP,kalau alam sadar sudah lupa,kalau di hipnotis bisa di ingat kembali yg dulu di hafal dan dapat di ingat kembali.ini orang akan cerdas dengan daya ingatnya.
** Nov 17 Thu 23:18 **
Dewi cynthia: Alam bawa sadar trnyata hebat banget ya
** Nov 17 Thu 23:24 **
Candasilo  : Yah karena otak kita tersimpat banyak rangkaian ingat yg tersimpan,sehingga kalau mau di keluarkan satu persatu,kadang2x gimana dan tersimpan di bagian mana,seperti komputer menyimpan data ke foder,setelah sangil banyak kita binggu simpan dimana,sehingga orang bisa lupa,aku ingat tapi apa yah dimana,kapan yg muncul ragu2x saja tidak pasti,walupun dulu dia perna ingat dan seperti itu,kalau alam bawah sadar ini kumpulan data masah lampau yg tersimpan,jadi cuman di bangkitankan daya ingat masah lampau maka dapat di ingat dengan baik dan pasti kebenaranya,seperti cmputer mencari ke foder yg tersimpan di masa lampau.
** Nov 17 Thu 23:30 **
Candasilo  : Itu lah hebatnya alam bawah sadar agak khusus bagi kehidupan alam manusia itu,karena tugasnya di dalam,jadi utk mengetahui yg dalam harus dari dalan juga utk mencari infonya.dari dalam tentu alam bawah sadar. Itu
** Nov 17 Thu 23:30 **
Dewi cynthia: Ouuu,ngmg2 soal ini saya masih penasaran bhante,dejavu itu pristiwa yg sudah pernah trjadi tp lupa, atau memang belum pernah trjadi tapi kita bisa melihatnya?
** Nov 17 Thu 23:31 **
Dewi cynthia: Trus kalau org yg kena amnesia bisa di hipnotis biar ingat kembali masa lampaunya gak?
** Nov 17 Thu 23:34 **
Candasilo  : Satu sudah perna terjadi dan satu lagi mungkin belum terjadi dan akan terjadi sama2x berada di bawah sadar,cuman yg akan terjadi itu mungkin bisa mimpi,juga bisa indra keenam bisa melihat kehidupan akan terjadi dan kejadian akan datang terjadi.
** Nov 17 Thu 23:35 **
Kho_╋̶╋̶engky: Kalau saya boleh jawab, kalo gak salah menurut yg prn w plajari, kalo dejavu menurut w itu, ketika pada suatu kejadian atau waktu, kamma baik kita berbuah dan kita mampu mengingat bhwa kita perna berada di tmpt trsbt atau kita prn mengenal org tsbt di kehidupan lampau kita, dan kamma baik kita yg membantu kita mengingat itu kembali.. (Jwaban dr guru agama sma saya)
** Nov 17 Thu 23:36 **
Candasilo  : Itu mungkin dejavu salah satu dejavu memory jangka pendek mempengarui memory jangka panjang.dalan Psikologi. Brain dalam otak
** Nov 17 Thu 23:37 **
Dewi cynthia: Hengky@ kalau bgtu pristiwa itu sudah pernah trjadi y?
** Nov 17 Thu 23:37 **
Dewi cynthia: Bingung juga kalau soal dejavu itu
** Nov 17 Thu 23:38 **
Kho_╋̶╋̶engky: Ya w pun kurang paham si, mgkin kita perna brda dmpt itu, n kita mengenal org" yg kita jumpai disitu di kehidupan lampau kitaa.. N kmma baik itu berbuah jadi muncullah kemampuan utk mengingat kembali hal itu wlpn tak bgtu nyataa
** Nov 17 Thu 23:42 **
Dewi cynthia: Trus kata2 yg di ucapkan seseorang itu kog bisa sama?
** Nov 17 Thu 23:44 **
Dewi cynthia: Mungkin saya lbh setuju dgn pnjelasan bhante kalau kejadian itu mungkin blm pernah trjadi dan ada indra keenam
** Nov 17 Thu 23:44 **
Candasilo  : Bhante lagi juga meneliti tentang dejavu kalau dalam praktek hipnotis di lakukan mungkin suwatu hari bisa ketemu jawbannya.tapi ini yg di ketahui dimana hipnotis kalau di prkatekan bisa merasakan apa yg mempegarui dejavu dan apa penyebabnya apa indara keenam atau ingatan masah lampau,atau simpanan ingatan lampau,atau simpana memory jangaka pendek atau memory jangka panjang,juga atau mimpi itu yg mirip dengan alam bawah sadar dan indra keenam.tapi semua ingatan data tersimpan di otak besar,cuman pemicunta memory saja mengelurkan data,tentunya melalui alam bawah sadar.
** Nov 17 Thu 23:46 **
Kho_╋̶╋̶engky: (y) bhante
** Nov 17 Thu 23:48 **
Dewi cynthia: Cara meneliti nya gimana bhante?
** Nov 17 Thu 23:50 **
Candasilo  : Kalau kata kata bisa juga dunia medis atau dunia spiritual itu kontak batin,karena manusia punya energi jadi saling kontak dan terkontak,jadi bisa orang bicara ada kata yg keluar kok seolah sama kok bisa yah,orang jaman dahulu di sebut lata bagi orang tua,kok he copot...copot..misalnya.
** Nov 17 Thu 23:51 **
Dewi cynthia: Ouuuu
** Nov 17 Thu 23:54 **
Candasilo  : Yah yg pentinga ada orang mau di regressi dan mau di hipnotis dan orang yg bersedia di regressi itu mempunyai. Kealihat masala lampau atau akan datang dari mimpi dan indra keemam dengan kontak dari alam gaib itu.mudahan2x ada orangnya.sehingga dejavu dapat terungkap asal mula dejavu dan penyebab dari dejavu itu.
** Nov 17 Thu 23:55 **
Dewi cynthia: Kalau dengan meditasi saja ǥå bisa meneliti nya bhante?
** Nov 17 Thu 23:58 **
Candasilo  : Bisa tapi bhante lebih yakin dengan hipnotis karena yg keluar bedasarkan kejujuran dan keragu raguan 8o persen tidak terjadi,kalau pakai meditasi bisa juga,cuman harus ektrim dan banyak meditasi.
** Nov 18 Fri 00:00 **
Dewi cynthia: Hmmm...
** Nov 18 Fri 00:01 **
Dewi cynthia: Mudaha2n ada orang yg bisa di regresi y, saya penasaran dengan dejavu itu
** Nov 18 Fri 00:07 **
Candasilo  : Mudaha kalau ada karma jodoh pasti kita bisa kerja sama untuk meneliti dejavu ini,bhante pun penasaran juga dengan dejavu ini di dalam mata kuliah. Psikologi
** Nov 18 Fri 00:07 **
Dewi cynthia: Yah, dosen nya sendiri juga tdk bisa menjelaskan nya
** Nov 18 Fri 00:14 **
Candasilo  : Hihihi kalau bisa juga nanti bisa kerja sama dosen kita untuk meneliti tentang dejavu ini,muda_mudahan bisa terungkap tentang dejavu,kalau berdasarkan pengalam mungkin mirip yg di atas ditulis tadi.dari hasil hipnotis.
** Nov 18 Fri 00:17 **
Dewi cynthia: Bisa di jadilan skripsi tuh bhante
** Nov 18 Fri 00:17 **
Dewi cynthia: Hahahaa
** Nov 18 Fri 00:20 **
Candasilo  : Bolah juga ini ideh juga berhubungan dengan anak indigo apa behubungan denga dejavu atau beda ini harus di teliti juga.
** Nov 18 Fri 00:21 **
Dewi cynthia: (y) bhante
** Nov 18 Fri 00:30 **
Candasilo  : Istirahat dulu yah nanti kita bahas lagi,bhante capek besok kita sambung lagi dengan topik dan pertanyaan lain,Psikologi dan Hipnotis itu Apa.tapi kalau bisa beri masukan juga bhante pingin tahu juga tentang Psikologi dan pengalam orang di hipnotis.:) (y) X_X *...* 3-|
** Nov 18 Fri 00:31 **
Dewi cynthia: Baik bhante
** Nov 18 Fri 00:31 **
Dewi cynthia: Selamat malam, namo budhaya
** Nov 18 Fri 00:32 **
Candasilo  : Yoh malam namo Buddhaya.
** Nov 18 Fri 07:12 **
Blizz King: Saya ikut nimbrung masalah dejavu ..... Menurut saya dejavu adalah bagian dari informasi yang ada di otak kita yang mana informasi tersebut tersimpan di memory di otak kita ....
** Nov 18 Fri 07:13 **
Blizz King: Dejavu adalah suatu keadaan yg sdh pernah terjadi secara ketidaksadaran ( alias kita tidak menyadarinya )
** Nov 18 Fri 07:13 **
Blizz King: Pikiran sadar kita tidak menyadarinya tetapi pikiran bawah sadar kita menyadarinya dan merekam informasi tersebut
** Nov 18 Fri 07:15 **
Blizz King: Lalu apabila suatu saat ada sebuah stimulus secara indera maka informasi tersebut keluar dan membuat kita mengingat informasi tersebut di kesadaran ( alam sadar )
** Nov 18 Fri 07:15 **
Blizz King: Menurut saya itulah dejavu
** Nov 18 Fri 08:16 **
Candasilo  : Ini bagus salah satu masukan dalam bidang mata kuliah Psikologi,tapi dejavu kata orang bisa melihat masa akan terjadi,setelah dia berada di suatu tempat, dia teringat oh aku kok perna disini,ini sudah terjadi masa lampu atau belum terjadi,akan tetapi bisa teringat di waktu kesuatu tempat,apa ini di sebut orang yg bisa lihat kehidupan akan datang dengan indra kenam atau isarat info dari mimpi apa demikian yah.!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...