Psikologi Perkembangan 1
Semester II UNPRI
NAMA: Tjung teck (MAHASISWA UNPRI)
NIM:
113310095
CATATAN
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Psikologi
perkembangan merupakan psikologi terapan diri,Psikologi perkembangan mencakup:
·
Perkembangan
anak
·
Psikologi
perkembangan anak sejak dari kontrsepsi,berhubungan sex,lahirnya anak,jadi
psikologi perkembangan dari sejak awal,dan akhir atau sampai hari tua dan
sampai mati.
Psikologi
Perkembangan umunya juga berhubungan dengan:
·
Kwantitatip(perkembangan)
·
Kwalitatitip(pertumbuhan)
·
Kwantitatip
dari sejak di lahirkan sempai hari tua,umur bertambah tua,tinggi badan,berat
badan,yang bersifat pertumbuhan,suatu proses jumlah sel dalam tumbu yang
bersifat(iverlibel)yang bersifat tidak kembali ke awal.
Kwalitas
dari perkembangan Psikologi dengan Psil\kologi yang bersifat turun dari orang
tua,walaupun juga ada factor-faktor tertentu dari proses genetic,seperti anak
ediot,jadi pertumbuhan bersifat dinamis,dalam pertumbuhan anak dalam Psikologi
prenatal dalam pertumbuhannya lambat,apabila seorang anak akibat stress dari
sang ibu,ibu keracunan obat-obatan,gizi kurang,apabali sang ibu dalam
mengandung seorang anak,sehingga perkembangan seorang anak bias tergangu dan
berkembang.
Prenatal:
Faktor
Prenatal juga dari factor orang tua,yang suka jajan,terserang penyakit,maka
anak perkembangannya tergangu.
Contonya:seseorang
tuanya kena ciplis,diabetes,kosumsi obat-obatan,anak ediot,cacat
mental,perkembangan anak tergangu.
Prenatal:juga
proses kelahiran tidak teratur,ketuban pecah,anak bias mati:
·
Factor
kelahiran di vakum
·
Factor
kelahiran di sesar
Pasca
Pranatal perkembangan anak tergangu akibat jatuh,sakit,step,yang bias
mempengarui kecerdasan si anak dalam pertumbuhan.
Psikologi
perkembangan si anak akibat si bayi di buang,dampak psikologi perkembangan tergangu.
Psikologi
perkembangan juga bias bagi anak sejak lahir,seperti lahir si anak
telungkup,berjalan,gesot, berlari.
Psikologi di
lihat pertumbuhan motorik tubuhnya,misalnya anak tidak bias berbicara,tes
IQ,anak terlambat pertumbuhannya ,gigi belum tumbuh.
Perkembangan
manusia ada 3:
1. Fisik
2. Konitif
3. Cikososial
Tentunya
ketiganya yang saling berhubungan.
Fisik kalau
sakit dapat tergangu dari pikirannya,kurang cerdas.
Konitif
dalam mempelajari Psikologi perkembangan dapat dilihat 3 priode.
·
Minat
awal mempelajari perkembangan anak.Perberdaan-perbedaan individu mempunyai
dasar gentik
·
Potensial
individu dikatakan sudah ditentukan oleh factor keturunan,artinya sejak lahir
anak telah memilih bakat-bakat atau keaklihannya.
Abat ke 17
seorang filsofi inggris Jhon locke(1632-1704)
Pengalaman
dan pendidikan adalah factor yang paling penting,menetukan dalam perkembangan
anak,dia tidak mengakui adanya kemapuan bawaan(innateknowedge).
Isi kejiwaan
anak ketika dilahirkan diibaratkan secara kertas kosong atau putih,dimana corak
dan bentuk kertas tersebut sangat di tentukan bagaimana cara kertas itu di
tulis.
Locke
memberikan istilah taburasa(blank slate)mengunakan pentingnya pengaru
pengalaman dan lingkungan hidup terhadap perkembangan anak.
Jean
jaccgjmes Rousseau (1712-1778) filosof perancis abat ke 18
Ia menolak
pandagan bhawa bayi adalah makhluk pasif yang perkembangannya di tentukan oleh
pengalaman,dan menolak anggapan bahwa anak merupakan orang dewasa yang tidak
lengkap dan memperolah pengetahuan melalui cara berpikir orang dewasa.
Ia beranggap
bahwa sejak lahir anak adalah aktif.
Noble Sayage
mengandung arti anak,ketika lahir sudah membawa segi-segi moral.
Hal-hal yang
baik dan buruk benar dan salah yang dapat berkembang secara alami,dengan
baik,jika kemudian terdapat penyimpangan dan keburukan hal itu,dikenakan
pengaruh lingkungan dan pendidikan.
Pandangan
Dharwin ini menjadi landasan bagi Psikologi perkembangan,seperti Staney Hall
dengan perkembangan mengakhiri pengaruh Wilhem windt(1832-1920)
Pada abat ke
19 menjadi dasar tumbuhnya Psikologi sebagai prinsip
Windt
memperluas konsep rekapitulasi yang meliputi perkembangan kebudayan,bilogis
manusia.
Munculnya
studi Psikologi perkembangan modern.
Pada abat ke
20 studi sistematis tentang perkembangan anak semakin berkembang secara
shgnifikan.
Pertengahan
abat 20 j.b Watson(behaviorism theory)
Memperkenalakan
prinsip-prinsip conditioning dapat diterapkan pada semua perkembangan.
Karya Watson
membawa perkembangan pada teori Psikologi perkembangan,meskipun menimbulkan pertentangan,seperti
Sigmun Freud dengan teori Psikologianalisisnya,dan inilah yang menyebabkan
berkurangnya minat terhadap Psikologi perkembangan.
Dalam
research-research ini pendekatan:
Approach
Cross Sectional
Ada 4variasi
dalam metode:
Approach
Cross Sectional
·
Naturalitis
observation memperlajari tingkat laku anak-anak yang spontan dan sedang
bermain.
·
Freud
ora; (0-8 bulan),amal(18 blm-3th),Phalic(3-6 th),catent(6-11th),genital
perubahan.
Dedipus
complex artinya anak laki-laki berbicara pada orang tuanya(ibu)dan menyukainya.
Elektra
complex artinya anak perempuan suka dan bercinta pada orang
tuanya(laki-laki)takut pada ibunya.
Kognitif
kumpulan dari komponen struktur kognatif,dengan secara adaptasi menyesuaikan
diri dengan lingkungan,seperti lahir seorang anak yang menyesuaikan diri pada
panas dinginnya cuaca,lahir dengan asi,atau sisi lebih tidak menguntungkan susu
kaleng.
Genetik
Okomudasi:
memasukan informasi baru kognitif gabungan dari keseluruhnya.
Asimilasi:merupakan
sikap sendiri untuk menyesuaikan diri pada lingkungan.
·
Sensor
motorik(2th)
·
Praoprasional(2-7th)
·
Concrete
oprasional (7-11th)
·
Formal
oprasional(11-dewasa)
Teori social
budaya dari Vygotvky
Anak
berkembang intermisasi untuk menyesuaikan diri lingkungan,seperti seorang anak
tumbuh dewasa baik jahat dari didikan dari orang tua.
Teori
Evaluasi
Teori
Dharwin
Pola
perkembangan yang di pengarui lingkungan mungkin sifat orang tua itu,pada saat
lahir.
Kekurangan gizi
kadang wanita hamil itu,bias gimana? Dengan pola makan gizi bias buruk dan bagi
kekurangan gizi,dapat mempengarui si anak menjadi antisocial,kemudian
ketergantungan emosional,apa keguguran kandungan,pada kalahiran kembar tidak
seperti anak normal.
Setelah dewasa
baru bias normal,kalau ibu mengandung,pola fisik juga di pengaruhi oleh
lingkungan sejak ibu hamil,kekurangan kalsium,sehingga terlihat rapu dan
keropos,kalau ibu mengandung anak bias jenius,tergantung pola genetic dari
ibu,saat melahirkan,seperti mengatakan perasaan kita kepada orang lain
empati,mengatakan persaan dari dirinya sendiri.
Seperti anak
drwansindom dan anak Autis ,iden.mereka tidak sekolah dan sekolah luas
biasa,justru mereka sekolah di sekolah luar biasa.
Anak dwansindom
ini lebih bersifat khusus,walaupun mereka juga bisa berperstasi,secara
Psikologi bagi si anak orang yang disipin bukan asal-asalan,perkembangan
motorik fisik berupa kadang berjalan,berlari,naik sepeda,motorik halus berupa
berbicara,melukis.
Apabila pola
genetic,esternal social internal sangat mempengaruhi,tahapan-tahapan
perkembangan.
Hambatan itu
juga dapat mempengaruhi di saat sakit akan menghambat perkembangan,kalau anak
susah berbicara,kalau ibunya jarang berbicara.
Awal dari
suatu kehidupan:
Prenatal
dari suatu kehidupan dimana tahap pembuahan7,8,9 bulan janin dalam kelahiran
awal dalam suatu kelahiran dari sel telur dan pria sperma,lebih kurang mengandung
38 ribu juta janin,akan tetapi tidak semua yang mampu untuk memesuki sel telur
wanita,jadi salah satu yang menembus itu yang jadi janin bayi,kalau ibu hamil
itu sering suka minuman keras,troma,kalau wanita itu dalam kehamilan sangat
berat,masalah-masalah akan timbul proses kehamilan.
·
Hamil
gugur beberapa kali dan baru punya anak
·
Hamil
karena mual,stress,beban kelahiran
·
Hamil
lahir prenatal
Pada hari
kelahiran sel telur telah di buahi,yang pertama adalah dari sarap dulu,dalam kedokteran
ada tiga tipe:
1. Tipe kordinal janin
2. Tipe kordinal embrio
3. Tipe kordinal anak bayi.
·
Kontradiksi
dimana tahap kelahiran hal yang lebih baik,awal kelahiran tahap incubator,sebulan
sekali,walaupun semua orang lahir dengan normal,trisemester dua bias ke UGD
untuk cek bayi,bayi di usia 8 bulan sudah tumbuh rambut,hal itu juga membuat
ibu parut gatal akibat bayi tumbuh rambut,trisemester 3 organ tumbuh hampir sempurna,kaki
bayi sudah bias menedang,kapala bayi sudah dibawah vagina pintu kelahiran
bayi,kromosom yang membutuhkan janin kalahiran,dimana sperma laki-laki lebih
menentukan jenis kalahiran dari kromosom yx,jumpa telur wanita x,wanita kembar
identik secara fisik,mereka sama akan menjadi anak kembar, ada ovum di buahi 2
sperma dan membelah dua,setelah lahir bayi ada yang 3 kg.
·
Anak
kembar 3 anak lebih social
·
Anak
kembar 4 anaknya cenderung menyalakan orang lain,ketingalan
perkembangan,kecerdasan ketinggalan,perkembangan motorik ketinggalan
Jadi anak
kembar 3 anak cenderung terhadap pertumbuhan saling bersanding,baik dan jahat
dari pola asuh dari orang tua.
Ada penyebab
keguguran sang ibu,penyebabnya nakoba,terserang penyakit,merokok,alcohol,wanita
hamil itu olah-raga,jalan pagi,bekerja jangan talalu berat,jangan sembarangan
makan obat-obatan.wanita hamil akan mengakibatkan dwansindrom bagi anak akibat
merokok,nakotik,hiperaktip,obat-obatan dll.
Proses
kelahiran :
Proses
kelahiran kalau di kampong ada dukun desa,bidan,dukun beranak,kalau dikota
dokter dan suster,proses kelahiran juga terjadi perubahan pada
rahim(praturisi)kontradiksi sang istri,maksudnya selama kelahiran,pola
kebiasaan bias hilang,ada pasein kalau sakit,malan di suntik rasa sakit,disaat
histeris menigkat,sehingga kelahiran secara normal,dengan kontradiksi bagi
wanita semalam kuat,maka kepala janin akan melingtang kebawah,maka prasenta
yang di sebut ari-ari jadi tali pusat dipotong,kemudian masuk masah yunit,kalau
misalnya kontradiksi terus,maka pecah ketuban,keluar kuning-kuning,seperti (pipis)ketuban,kalau
dokter di beri vakum supaya bayi keluar.