Sunday 18 March 2012

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN 1 SEMESTER 2


Psikologi Perkembangan 1
Semester II UNPRI
NAMA: Tjung teck (MAHASISWA UNPRI)
NIM: 113310095
CATATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Psikologi perkembangan merupakan psikologi terapan diri,Psikologi perkembangan mencakup:
·        Perkembangan anak
·        Psikologi perkembangan anak sejak dari kontrsepsi,berhubungan sex,lahirnya anak,jadi psikologi perkembangan dari sejak awal,dan akhir atau sampai hari tua dan sampai mati.
Psikologi Perkembangan umunya juga berhubungan dengan:
·        Kwantitatip(perkembangan)
·        Kwalitatitip(pertumbuhan)
·        Kwantitatip dari sejak di lahirkan sempai hari tua,umur bertambah tua,tinggi badan,berat badan,yang bersifat pertumbuhan,suatu proses jumlah sel dalam tumbu yang bersifat(iverlibel)yang bersifat tidak kembali ke awal.
Kwalitas dari perkembangan Psikologi dengan Psil\kologi yang bersifat turun dari orang tua,walaupun juga ada factor-faktor tertentu dari proses genetic,seperti anak ediot,jadi pertumbuhan bersifat dinamis,dalam pertumbuhan anak dalam Psikologi prenatal dalam pertumbuhannya lambat,apabila seorang anak akibat stress dari sang ibu,ibu keracunan obat-obatan,gizi kurang,apabali sang ibu dalam mengandung seorang anak,sehingga perkembangan seorang anak bias tergangu dan berkembang.
Prenatal:
Faktor Prenatal juga dari factor orang tua,yang suka jajan,terserang penyakit,maka anak perkembangannya tergangu.
Contonya:seseorang tuanya kena ciplis,diabetes,kosumsi obat-obatan,anak ediot,cacat mental,perkembangan anak tergangu.
Prenatal:juga proses kelahiran tidak teratur,ketuban pecah,anak bias mati:
·        Factor kelahiran di vakum
·        Factor kelahiran di sesar
Pasca Pranatal perkembangan anak tergangu akibat jatuh,sakit,step,yang bias mempengarui kecerdasan si anak dalam pertumbuhan.
Psikologi perkembangan si anak akibat si bayi di buang,dampak psikologi perkembangan tergangu.
Psikologi perkembangan juga bias bagi anak sejak lahir,seperti lahir si anak telungkup,berjalan,gesot, berlari.
Psikologi di lihat pertumbuhan motorik tubuhnya,misalnya anak tidak bias berbicara,tes IQ,anak terlambat pertumbuhannya ,gigi belum tumbuh.
Perkembangan manusia ada 3:
1.     Fisik
2.     Konitif
3.     Cikososial
Tentunya ketiganya yang saling berhubungan.
Fisik kalau sakit dapat tergangu dari pikirannya,kurang cerdas.
Konitif dalam mempelajari Psikologi perkembangan dapat dilihat 3 priode.
·        Minat awal mempelajari perkembangan anak.Perberdaan-perbedaan individu mempunyai dasar gentik
·        Potensial individu dikatakan sudah ditentukan oleh factor keturunan,artinya sejak lahir anak telah memilih bakat-bakat atau keaklihannya.
Abat ke 17 seorang filsofi inggris Jhon locke(1632-1704)
Pengalaman dan pendidikan adalah factor yang paling penting,menetukan dalam perkembangan anak,dia tidak mengakui adanya kemapuan bawaan(innateknowedge).
Isi kejiwaan anak ketika dilahirkan diibaratkan secara kertas kosong atau putih,dimana corak dan bentuk kertas tersebut sangat di tentukan bagaimana cara kertas itu di tulis.
Locke memberikan istilah taburasa(blank slate)mengunakan pentingnya pengaru pengalaman dan lingkungan hidup terhadap perkembangan anak.
Jean jaccgjmes Rousseau (1712-1778) filosof perancis abat ke 18
Ia menolak pandagan bhawa bayi adalah makhluk pasif yang perkembangannya di tentukan oleh pengalaman,dan menolak anggapan bahwa anak merupakan orang dewasa yang tidak lengkap dan memperolah pengetahuan melalui cara berpikir orang dewasa.
Ia beranggap bahwa sejak lahir anak adalah aktif.
Noble Sayage mengandung arti anak,ketika lahir sudah membawa segi-segi moral.
Hal-hal yang baik dan buruk benar dan salah yang dapat berkembang secara alami,dengan baik,jika kemudian terdapat penyimpangan dan keburukan hal itu,dikenakan pengaruh lingkungan dan pendidikan.
Pandangan Dharwin ini menjadi landasan bagi Psikologi perkembangan,seperti Staney Hall dengan perkembangan mengakhiri pengaruh Wilhem windt(1832-1920)
Pada abat ke 19 menjadi dasar tumbuhnya Psikologi sebagai prinsip
Windt memperluas konsep rekapitulasi yang meliputi perkembangan kebudayan,bilogis manusia.
Munculnya studi Psikologi perkembangan modern.
Pada abat ke 20 studi sistematis tentang perkembangan anak semakin berkembang secara shgnifikan.
Pertengahan abat 20 j.b Watson(behaviorism theory)
Memperkenalakan prinsip-prinsip conditioning dapat diterapkan pada semua perkembangan.
Karya Watson membawa perkembangan pada teori Psikologi perkembangan,meskipun menimbulkan pertentangan,seperti Sigmun Freud dengan teori Psikologianalisisnya,dan inilah yang menyebabkan berkurangnya minat terhadap Psikologi perkembangan.
Dalam research-research ini pendekatan:
Approach Cross Sectional
Ada 4variasi dalam metode:
Approach Cross Sectional
·        Naturalitis observation memperlajari tingkat laku anak-anak yang spontan dan sedang bermain.
·        Freud ora; (0-8 bulan),amal(18 blm-3th),Phalic(3-6 th),catent(6-11th),genital perubahan.
Dedipus complex artinya anak laki-laki berbicara pada orang tuanya(ibu)dan menyukainya.
Elektra complex artinya anak perempuan suka dan bercinta pada orang tuanya(laki-laki)takut pada ibunya.
Kognitif kumpulan dari komponen struktur kognatif,dengan secara adaptasi menyesuaikan diri dengan lingkungan,seperti lahir seorang anak yang menyesuaikan diri pada panas dinginnya cuaca,lahir dengan asi,atau sisi lebih tidak menguntungkan susu kaleng.
Genetik
Okomudasi: memasukan informasi baru kognitif gabungan dari keseluruhnya.
Asimilasi:merupakan sikap sendiri untuk menyesuaikan diri pada lingkungan.
·        Sensor motorik(2th)
·        Praoprasional(2-7th)
·        Concrete oprasional (7-11th)
·        Formal oprasional(11-dewasa)
Teori social budaya dari Vygotvky
Anak berkembang intermisasi untuk menyesuaikan diri lingkungan,seperti seorang anak tumbuh dewasa baik jahat dari didikan dari orang tua.
Teori Evaluasi
Teori Dharwin
Pola perkembangan yang di pengarui lingkungan mungkin sifat orang tua itu,pada saat lahir.
Kekurangan gizi kadang wanita hamil itu,bias gimana? Dengan pola makan gizi bias buruk dan bagi kekurangan gizi,dapat mempengarui si anak menjadi antisocial,kemudian ketergantungan emosional,apa keguguran kandungan,pada kalahiran kembar tidak seperti anak normal.
Setelah dewasa baru bias normal,kalau ibu mengandung,pola fisik juga di pengaruhi oleh lingkungan sejak ibu hamil,kekurangan kalsium,sehingga terlihat rapu dan keropos,kalau ibu mengandung anak bias jenius,tergantung pola genetic dari ibu,saat melahirkan,seperti mengatakan perasaan kita kepada orang lain empati,mengatakan persaan dari dirinya sendiri.
Seperti anak drwansindom dan anak Autis ,iden.mereka tidak sekolah dan sekolah luas biasa,justru mereka sekolah di sekolah luar biasa.
Anak dwansindom ini lebih bersifat khusus,walaupun mereka juga bisa berperstasi,secara Psikologi bagi si anak orang yang disipin bukan asal-asalan,perkembangan motorik fisik berupa kadang berjalan,berlari,naik sepeda,motorik halus berupa berbicara,melukis.
Apabila pola genetic,esternal social internal sangat mempengaruhi,tahapan-tahapan perkembangan.
Hambatan itu juga dapat mempengaruhi di saat sakit akan menghambat perkembangan,kalau anak susah berbicara,kalau ibunya jarang berbicara.
Awal dari suatu kehidupan:
Prenatal dari suatu kehidupan dimana tahap pembuahan7,8,9 bulan janin dalam kelahiran awal dalam suatu kelahiran dari sel telur dan pria sperma,lebih kurang mengandung 38 ribu juta janin,akan tetapi tidak semua yang mampu untuk memesuki sel telur wanita,jadi salah satu yang menembus itu yang jadi janin bayi,kalau ibu hamil itu sering suka minuman keras,troma,kalau wanita itu dalam kehamilan sangat berat,masalah-masalah akan timbul proses kehamilan.
·        Hamil gugur beberapa kali dan baru punya anak
·        Hamil karena mual,stress,beban kelahiran
·        Hamil lahir prenatal
Pada hari kelahiran sel telur telah di buahi,yang pertama adalah dari sarap dulu,dalam kedokteran ada tiga tipe:
1.     Tipe kordinal janin
2.     Tipe kordinal embrio
3.     Tipe kordinal anak bayi.
·        Kontradiksi dimana tahap kelahiran hal yang lebih baik,awal kelahiran tahap incubator,sebulan sekali,walaupun semua orang lahir dengan normal,trisemester dua bias ke UGD untuk cek bayi,bayi di usia 8 bulan sudah tumbuh rambut,hal itu juga membuat ibu parut gatal akibat bayi tumbuh rambut,trisemester 3 organ tumbuh hampir sempurna,kaki bayi sudah bias menedang,kapala bayi sudah dibawah vagina pintu kelahiran bayi,kromosom yang membutuhkan janin kalahiran,dimana sperma laki-laki lebih menentukan jenis kalahiran dari kromosom yx,jumpa telur wanita x,wanita kembar identik secara fisik,mereka sama akan menjadi anak kembar, ada ovum di buahi 2 sperma dan membelah dua,setelah lahir bayi ada yang 3 kg.
·        Anak kembar 3 anak lebih social
·        Anak kembar 4 anaknya cenderung menyalakan orang lain,ketingalan perkembangan,kecerdasan ketinggalan,perkembangan motorik ketinggalan
Jadi anak kembar 3 anak cenderung terhadap pertumbuhan saling bersanding,baik dan jahat dari pola asuh dari orang tua.
Ada penyebab keguguran sang ibu,penyebabnya nakoba,terserang penyakit,merokok,alcohol,wanita hamil itu olah-raga,jalan pagi,bekerja jangan talalu berat,jangan sembarangan makan obat-obatan.wanita hamil akan mengakibatkan dwansindrom bagi anak akibat merokok,nakotik,hiperaktip,obat-obatan dll.
Proses kelahiran :
Proses kelahiran kalau di kampong ada dukun desa,bidan,dukun beranak,kalau dikota dokter dan suster,proses kelahiran juga terjadi perubahan pada rahim(praturisi)kontradiksi sang istri,maksudnya selama kelahiran,pola kebiasaan bias hilang,ada pasein kalau sakit,malan di suntik rasa sakit,disaat histeris menigkat,sehingga kelahiran secara normal,dengan kontradiksi bagi wanita semalam kuat,maka kepala janin akan melingtang kebawah,maka prasenta yang di sebut ari-ari jadi tali pusat dipotong,kemudian masuk masah yunit,kalau misalnya kontradiksi terus,maka pecah ketuban,keluar kuning-kuning,seperti (pipis)ketuban,kalau dokter di beri vakum supaya bayi keluar.



Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...