¨SIKAP
¨APA ITU SIKAP ?
¨SIKAP ADALAH EVALUASI YANG MEMUNCULKAN RASA SUKA TERHADAPISU,IDE,ORANG,KELOMPOK SOSIAL DAN OBJEK TERTENTU
¨KOMPONEN SIKAP
¨Komponen KOGNISI adalah berhubungan dengan belief(kepercayaan atau keyakinan),ide,konsep. Persepsi,stereotipe,opini yang dimiliki individu mengenai sesuatu.
¨Komponen AFEKSI yang berhubungan dengan kehidupan emosional seseorang.
¨Komponen KONATIF yang merupakan kecenderungan bertingka laku.”kecenderungan”:belum berprilaku.
¨KOMPONEN SIKAP
¨Interaksi antara komponen sikap seharusnya membentuk pola sikap yang seragam ketika dihadapkan padaobjeck sikap
¨Apabila salah satu komponen sikap tidak konsisten satu sama lain,maka akan terjadi ketidakselarasan.
¨Akibatnya: terjadi perubahan sikap
¨CIRI - CIRI SIKAP
1.Sikap tidak dibawa orang sejak sso dilahirkan,ttp dibentuk/dipelajari sepanjang perkembangan.
2.Sikap dapat berubah-ubah,karena itu sikap dapat dipelajari orang.sebaliknya sikap dapat dipelajarisebagai sikap dapat berubah pada sso
3.Sikap tidak berdiri sendiri,tetapi senatiasa mengandung relasi tentang terhadap suatu objek.
4.Sikap diasumsikan mempengarui prilaku individu.
¨FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUKAN SIKAP
1.Pengalaman pribadi:Dasar pembentukan sikap:pengalaman pribadi harus meninggalkan kesan yang kuat.
2.Kebudayaan :Pembentukan sikap tergantung pada kebudayaan tempat individu tersebut dibesarkancontohnya:pada sikap orang kota dan orang desa terhadap kebebasan dalam pergaulan.
3.Orang lain yang dianggap penting (Significant Otjhers):yaitu:orang-orang yang kita hadapi persetujuannyabagi setiap gerak tingkah laku dan opini kita,orang yang tidak ingin di kecewakan,dan yang berartikhusus.Misalnya:orangtua,pacar,suami/istri,teman dekat,guru,pemimpin.
¨FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUKAN SIKAP
4.Media masa :Dalam penyampaian pesan,media ,masa membawa pesan-pesan sugestif yang dapatmempengaruhi opini kita
Jika pesan sugestif yang disampaikan cukup kuat,maka akan memberikan dasar afektif dalam menilaisesuatu hal,sehingga membentuk sikap tertentu.
5. Institusi/lembaga Pendidikan dan Agama
Institusi yang berfungsi meletakan dasar pengertian dan konsep moral dalam diri individu
Pemahaman baik dan buruk,salah satu benar,yang menetukan sistem kepercayaan seseorang,sehingga ikutberperan dalam menentukan sikap seseorang.
●
●
●
¨TEORI PERUBAHAN SIKAP
¨Teori keseimbangan(Balance Theory),oleh Heider.
¨Keadaan seimbang/tidak seimbang selalu melibatkan 3 unsur yaitu:Individu (person/P),orang lain (other/o),objeck(ob).
¨Keadaan simbang menunjukan pada situasi dimana hubungan antara unsur-unsur yang ada (p,0,0b) berjalanharminis,sehingga tidak terdapat tekanan untuk mengubah keadaan.
¨Apabila hunungan unsur-unsur tersebut berbeda dalam ketidak seimbangan,maka akan timbul suatukekuatan yang mendorong pengembalian keseimbangan,yaitu memiliki perubahan.
¨Bila perunahan yang mengarui kepada pengembalian keseimbangan tidak tercapai,maka akan terjadiketegangan.Perubahan dapat terjadi pada sikap “P” atau sikap ”o” dan dapat terjadi juga pada diantara”p” hubungandan “O”.
¨Diagram Seimbangan
¨Diagram tidak seimbangan
¨TEORI PERUBAHAN SIKAP
1.Teori ketidaksesuaian (Dissonance Theory)oleh Festinger.
2.Ketidaksesuaian diantara unsur-unsur kognitif mengakibatkan”DISONANSI KOGNITIF”.
3.Disonansi kognitif adalah keadaan psikologis yang tidak menyenangkan yang timbul ketika dalam dirimenusia terjadi konfik antara 2 kognisi.
4.Contonnya “MEROKOK ITU TIDAK SEHAT & MEROKOK ITU SANGAT MEMBANTU PERGAULAN”
5.Disonansi kognitif akan menimbulkan ketegangan psikologi,sehingga ada usaha dalam diri menusia untukmengurangi/menghilangkannya.
¨USAHA-USAHA UNTUK MENGURANGI DISONANSI:
¨Mengubah elemen tingkah laku
¨Misalnya”seorang gadis membeli baju baru yang mahal,ketika baju ini dipakainya ke sekolah semuatemannya mengatakan baju itu norak”.
¨Mengubah Elemen kognitif lingkungan
¨“Gadis itu menyakinkan temannya bahwa baju tersebut tidak norak dan justru sedang mode top masa koni
¨Menambah Elemen kognitif Baru
¨Mencari pendapat teman lain yang mendukung pendapat bahwa baju tersebut bagus dan tidak norak
¨Functional Theory.oleh Katz
¨Berasumsi bahwa individu selalu menetukan sikap yang sesuai dengan kepentingannya. Ada berapa fungsisikap:
¨Fungsi Pengetahuan:
¨Sikap membutuhkan kita untuk menginterpresentasi stimulus baru dan menampilkan respon yang sesuai.
¨Contonya :”anak-anak diajari agar waspada,sehingga ia mengadopsi sikap dari orang tuanya agar tidakcepat percaya/menyukai orang asing yang baru dikenal untuk menghindari penculikan anak”.
¨Ego
¨Fungsi Pertahanan Ego
¨Sewaktu individu mengalami hal yang tidak menyenangkan & dirasa akan mengancam egonya atau sewaktuia mengetahui fakta &kebenaran yang tidak mengenakkan bagi dirinya,maka sikap dapat berfungsi sebagaimekanisme pertahanan ego yang akan melindunginya dari “KEPAHITAN KENYATAAN”
¨Fungsi Pernyataan nilai
¨Dengan fungsi ini seseorang sering kali mengembangkan sikap untuk memperoleh kepuasan dalammenyatakan nilai yang dianutnya yang sesuai dengan penilaian pribadi & konsep dirinya.Misalnya kampanyepartai.
¨