BELAJAR LAGI DAN KULIAH LAGI JADI MAHASISWA BARU DI UMPRI DENGAN JURUSAN FAKULTAS PSIKOLOGY DAN INI MERUPAKAN KEHIDUPAN DUNIA PENDIDIKAN AKADEMIS YANG HARUS DI PERDALAM SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN DUNIA ITU.
Wednesday, 7 March 2012
Tugas mata kuliah Filsafat Umum Semester 1
TugasFilsafat Umum
=======================================
Semester Ganjil Fakultas Psikologi kelas B UNPRI
Dosen :Pdt.Esra E.Pangaribuan,M.Th
Judul
Filsafat Umum
=======================================
Disusun oleh : Mahasiswa UNPRI:
Tjung teck
NPM:113310095
Kata Pengantar
Filsafat Umum dalam tugas sebagai Mahasiswa di UNPRI jurusan Psikologi kelas B ini merupakan susunan yang hasil mata kuliah setiap hari dengan Pak Dosen,sehingga filsafat Umum ini dapat di ceritakan dalam tulisan,baik dari hasil catatan dan kutipan dari berbagi Media dan ini lebih banyak hasil dari ilmu yang dapat di pelajari dengan konstan dari setiap hasil kuliah di kampus ini,namum Ilmu Filsafat Umum juga banyak di terbagi Media baik buku,dan internet,akan tetapi tugas ini juga hasil dari karya tulis dengan hasil mata kuliah yang di pelajari setiap hari di kampus itu.
Filsafat Umum ini tentunya berdasarkan ilmu yang aslinya berasal dari Yunani kuno dan modern,begitu banyak filsafat yang berdasarkan aspek-aspek yang ada,seperti aspek etika,aspek logika,aspek estetika,dan terbagi lagi aliran-aliran dan ilmu-ilmu dari filsafat Umum ini banyak berkembang di dunia pendidikan dan baik filsafat Agama,filsafat hukum,filsafat politik,filsafat sejarah dan sebagainya itu, terus berkembang berdasarkan kehidupan sehari-hari dengan cabang-cabang yang berkembang terus menerus itu,sehingga filsafat juga terdapat toko-toko terkemuka seperti Plato ,Arisoteres, yang banyak mengupas tentang filsafat baik yang sudah ada dan tersedia secara konkrit itu.
Degan tugas filsafat Umum ini kalau ada kekurangan dalam tulisan dapat di maklumi,karena juga tulisan ini di tulis dengan hasil mata kulia filsafat di kampus dan tugas ini juga disusun untuk mata kuliah semester ganjil,sebelum juga mengucapkan terima kasih.
Mahasiswa UNPRI Psikologi kelas B.
Tjung teck
Filsafat Adalah ilmu Pengetahuan yang sudah ada dan tersedia secara konkerit begitu juga ilmu dalam arti ilmu merupakan rumusan yang di teliti secara spesifik dari pengetahuan yang secara konkrit juga,Berdasarkan Kausa Prima Pahan ini yang berdasarkan “ Tuhan Yang Maha Esa”.Filsafat dilihat dari Disiplin ilmu,dimana filsafat umum juga sangat luas dari para akhli yang semua tentunya muncul dengan berbagai Filsafat Hukum,Filsafat hokum pada jaman dahulu lebih banyak dalam bentuk suatu kerajaan,jadi kajian-kajian filsafat hokum ada fungsinya yang menjelaskan kejujuran,ekhusi,meneliti tentang hokum,begitu juga filsafat hokum merupakan salah satu cabang hokum yang mana benar dan mana yang salah,walapun dimana banyak terjadi manipulasi tentang hokum juga terjadi disaat dalam masyarakat begitu juga yang terjadi fungsi disaat itu banyak petinggi Negara yang terjadi penyimpangan hokum dalam kerajaan dalam hal hokum itu,jadi fungsi hokum maka kita pahan akan taat pada hokum,misalnya seperti para dosen belum dapat gaji sudah di potong pajak,jadi dengan memahami apa itu hokum maka akan mentaati hokum itu secara jelas.
Begitu juga dengan munculnya FilsafatAgama yang mempercayai adanya Tuhan dan adanya surga dan neraka,maka filsafat Agama dari setiap jawaban bahwa mempercayai bahwa setiap kepercayaan adanya Tuhan,yang di bahas itu adalah apa yang yang patut di bahas berupa teologi misalnya:Agama Buddha adanya Nirvana dan ada surga,kalau Agama Kristen memberi makan 500 orang dengan roti dan ikan,Filsafat yang di kaji dalamnya tentunya Agama yang lebih banyak tidak menimbulkan kebimbangan dari setiap sangsi yang di berikan itu,jadi dari setiap pertanykan seperti sorga atau ada neraka,jadi setiap filsafat agama lebih banyak menkaji tentang bagaimana mengkaji dan mengkritis melalui pertanykan kritis dan logis dan sistimatis,sehingga filsafat Agama lebih banyak melihat kebenaranya pada ajarannya,begitu juga filsafat sebagai objeck dalam penelitian Agama,begitu juga ada filsafat yang bertentangan dengan Agama seperti Ateis.
SEJARAH FILSAFAT
1.Masa Yunani
Yunani terletak di Asia Kecil. Kebiasaan mereka hidup sebagainelayan mewarnai kepercayaan yang dianutnya, yaitu kekuatan.Hubungan manusia dengan Sang Maha Pencipta bersifat formalitas.Artinya, kedudukan Tuhan terpisah dengan kehidupan manusia.Kepercayaan, yang bersifat formalitas ini ditentang oleh Homerusdengan dua buah karyanya yang terkenal; yaitu
Ilias
dan
Odyseus
;memuat nilai-nilai yang tinggi dan bersifat edukatf.Ahli pikir pertama kali yang muncul adalah Thales (+ 625 – 545 SM)yang berhasil mengembangkan geometri dan matematika; Liokippos dan Democritos mengembangkan teori materi; Hipocrates mengembangkan ilmu kedokteran, Euclid mengembangkan geometri deduktif; Socrates mengembangkan teori tentang moral; Plato mengembangkan teoritentang ide; Aristoteles mengembangkan teori yang menyangkut duniadan benda dan berhasil mengumpulkan data 500 jenis binatang (ilmubiologi). Suatu keberhasilan yang luar biasa dari Aristoteles adalahmenemukan sistem pengaturan pemikiran (logika formal) yang sampai sekarang masih dkenal.2.Masa Abad PertengahanMasa ini diawali dengan lahirnya filsafat eropa. Pemikiran filsafat abad pertengahan didominasi oleh agama. Maka dirikanlah sekolah-
Di Jerman muncul Chirstian Wolft (1679 – 1754) dan Immanuel Kant(1754 – 1804), yang mengupayakan agar filsafat menjadi ilmupengetahuan yang pasti dan berguna.Abad ke-19, perkembangan pemikiran filsafat terpecah belah. Adafilsafat Amerika, filsafat Prancis, filsafat Inggris, filsafat Jerman. Tokoh-tokohnya adalah : Hegel (1770-1831), Karl Marx (1818-1883), AugustComte (1798-1857), JS. Mill (1806-1873), John Dewey (1858-1952).4.Masa Abad Dewasa Ini (Filsafat Abad ke-20)Filsafat Dewasa Ini atau Filsafat Abad Ke-20 juga disebut FilsafatKontemporer. Ciri khas pemikiran filsafat ini adalah desentralisasimanusia.Dalam bidang bahasa terdapat pokok-pokok masalah, yaitu artikata-kata dan arti pernyataan-pernyataan. Maka, timbullah filsafatanalitika, yang di dalamnya membahas tentang cara mengaturpemakaian kata-kata / istilah-istilah karena baha sebagai objek terpentingdalam pemikiran filsafat, para ahli pikir menyebutnya sebagai logosentris.Para paruh pertama abad ke-20 ini timbul aliran-aliran kefilsafatan,seperti Neo-Thomisme, Neo-Kantianisme, Neo-Hegelianisme, Kritika Ilmu,Historisme, Irasionalisme, Neo-Vitalisme, Spiritualisme, Neo-Positivisme.Pada Awal belahan akhir abad ke-20 muncul aliran-aliran kefilsafatanyang lebih dapat memberikan corak pemikiran dewasa ini, seperti filsafatAnalitik, Filsafat Eksistensi, Strukturalisme, Kritika Sosial.Http://gezafa.blogspot.com
Filsafat Yunani
Orang yunani yang hidup pada abad ke-6 SM mempunyai sistemkepercayaan, bahwa suatu kebenaran lewat akal pikir (logos) tidak berlaku,yang berlaku hanya suatu kebenaran yang bersumber pada mitos (dongeng-dongeng).Setelah pada abad ke-6 SM muncul sejumlah ahli pikir yangmenentang adanya mitos. Keadaan yang demikian ini sebagai suatudemitologi, artinya suatu kebangkitan pemikiran untuk menggunakan akalpikir dan meninggalkan hal-hal yang sifatnya mitologi. Timbullah peristiwaajaib
The Greek Miracle,
yang nantinya dapat dijadikan sebagai landasanperadaban dunia.Berikut ini terdapat tiga faktor yang menjadikan filsafat yunani lahir :a.Kaya akan mitos (dongeng), seperti syair Homerus, Orpheus, dan lain-lain.b.Karya Homerus mempunyai kedudukan yang sangat penting untukpedoman hidup orang-orang Yunani.c.Pengaruh ilmu pengetahuan yang berasal dari Babylonia di LembahSungai Nil.Zaman Yunani terbagi Periode Yunani Kuno diisi oleh Ahli pikir alam(Thales, Anaximandros, Pythagoras, Xenophanes, dan Democritus) dan padaPeriode Yunani Klasik diisi oleh Ahli pikir seperti Socrates, Plato, danAristoteles.Http://gezafa.blogspot.com
A.Yunani KunoPeriode Yunani Kuno ini lazim disebut periode filsafat alam. Karenapada periode ini ditandai dengan munculnya para ahli pikir alam. Parapemikir filsafat Yunani yang pertama berasal dari Miletos, sebuah kotaperantauan Yunani yang terletak di pesisir Asia Kecil.
1.
Thales
(625 – 545 SM) Thales sebagai salah satu dari tujuh orang bijaksana (
SevenWise Men of Greece
). Aristoteles memberikan gelar
The Father of Philosophy,
juga menjadi penasihat teknis ke-12 kota Ionia. Salahsatu jasanya yang besar adalah meramal gerhana matahari padatahun 585 SM.Menurut pendapatnya semua yang berasal dari air sebagaimateri dasar kosmis. Dari pendapat itu dapat kita artikan bahwaapa yang disebut sebagai
arche
(asas pertama dari alam semesta)adalah air. Katanya, semua berasal dari air, dan semuanya kembalimenjadi air. Bahwa bumi terletak di atas air, dan bumi merupakanbahan yang muncul dari air dan terapung di atasnya.
2.
Anaximandros (640 – 546 SM)Ia merupakan orang pertama yang membuat peta bumi.Pemikiranya, dalam memberikan pendapat tentang
arche
(asaspertama alam semesta), ia tidak menunjuk pada salah satu unsuryang dapat diamati oleh indra, tetapi ia menunjuk dan memilihHttp://gezafa.blogspot.com
pada sesuatu yang tidak dapat diamati indera, yaitu
to apeironi
yang tak terbatas.
3.
Phytagoras (+ 572 – 497 SM)Ia dilahirkan di Pulau Samos, Ionia. Menurut Aristoxenosseorang murid Aristoteles, Phytagoras pindah ke kota Kroton, ItaliaSelatan karena tidak setuju dengan pemerintahan Polykrates yangbersifat tirani.Pemikiranya, substansi dari semua benda adalah bilangan,dan segala gejala alam merupakan pengungkapan indrawi danperbandingan-perbandingan matematis. Ia mengemukakan bahwasetiap bilangan dasar dari 1 sampai 10 mempunyai kekuatan danarti sendiri.Phytagoras lah yang mengatakan pertama kali bahwa alamsemesta itu merupakan satu keseluruhan yang teratur.Keharmonisan dapat tercapai dengan menggabungkan hal-hal yangberlawanan, seperti:
–
Terbatas – tak terbatas
–
Ganjil – genap
–
Satu – banyak
–
Laki-laki – perempuan
–
Bujur sangkar – empat persegi panjang
–
Diam – gerak
–
Lurus – bengkokHttp://gezafa.blogspot.com
–
Baik – buruk
–
Terang – gelap
–
Kanan – kiri.Sebagai seorang yang ahli matematika abadi ia dengandalilnya. Jumlah dari luas dua sisi sebuah segitiga siku-siku adalahsama dengan luas sisi miringnya (a
2
+ b
2
= c
2
).1.Xenophanes (570 - ? SM)Ia lahir di Xolophon, Asia Kecil. Ia lebih tepat dikatakanpenyair dari pada ahli pikir (filosof), hanya karena ia mempunyaidaya nalar yang kritis dan mempelajari pemikiran-pemikiran filsafatpada saat itu. Pendapatnya yang termuat dalam kritik terhadapHomerus dan Herodotus, ia membantah adanya antropomorfisme Tuhan-tuhan. Yaitu Tuhan digambarkan sebagai seakan-akanmanusia. Kritik ini ditujukan kepada anggapan-anggapan lama yangberdasar pada mitologi.2.Heraclitos (535 – 475 SM)Ia lahir di Ephesus, ia mendapat julukan si gelap, karenauntuk menelusuri gerak pikirannya sangat sulit.Pemikiran filsafat nya terkenal dengan filsafat menjadi.Ucapannya yang terkenal:
Panta rhei kai uden menci,
artinya segalasesuatunya mengalir bagaikan arus sungai dan tidak satu orangpun dapat masuk ke sungai yang sama dua kali. Alsannya, karenaHttp://gezafa.blogspot.com
air sungai yang pertama telah mengalir, berganti dengan air yangberada dibelakangnya.Heraclitos yang mengemukakan pendapatnya bahwa segalayang ada selalu berubah dan sedang menjadi, ia mempercayaibahwa
arche
(asas yang pertama dari alam semesta) adalah api.Api dianggapnya sebagai lambang perubahan dan kesatuan. Apimempunyai sifat memusnahkan segala yang ada, danmengubahnya sesuatu itu menjadi abu atau asap. Walaupunsesuatu itu apabila dibakar menjadi abu atau asap, toh adana apitetap ada. Segala sesuatunya berasal dari api, dan akan kembali keapi.Menurut pendapatnya, di dalam
arche
terkandung sesuatuyang hidup (seperti roh) yang disebutnya sebagai
logos
(akal atausemacam wahyu).3.Parmenides (540-475 SM)Ia lahir di kota Elea, dialah yang pertama kali memikirkantentang hakikat tentang ada (
being
).Menurut pendapatnya, apa yang disebut sebagai realitasadalah bukan gerak dan perubahan. Yang ada (
being
) itu ada, yang ada tidak dapat hilang menjaditidak ada, dan yang tidak ada tidak mungkin muncul menjadi ada,yang tidak ada adalah tidak ada, sehingga tidak dapat dipikirkan.Http://gezafa.blogspot.com
Yang dapat dipikirkan hanyalah yang ada saja, yang tidak ada tidakdapat dipikirkan. Jadi, yang ada (
being
) itu satu, umum, tetap, dan tidak dapatdibagi-bagi karena membagi yang ada akan menimbulkan ataumelahirkan banyak yang ada, dan itu tidak mungkin.
4.
Zeno (+ 490 – 430 SM)Zeno lahir di Elea, dan murid dari Parmenides.Menurut Aristoteles, Zenolah yang menemukan dialektika,yaitu suatu argumentasi yang bertitik tolak dari suatu pengandaianatau hipotesis, dan dari hipotesis tersebut ditarik suatu kesimpulan.Sebagai contoh dalam mengemukakan hipotesis terhadapmelawan gerak adalah sebagai berikut:a.Anak panah yang dilepaskan dari busurnya sebagai hal yangtidak bergerak karena pada setiap saat anak panah tersebutterhenti di suatu tempat tertentu.b.Achiles si jago lari yang termasyhur dalam mitologi Yunani tidakdapat menang melawan kura-kura, karena kura-kura berangkatsebelum Achiles, sehingga Achiles lebih dahulu harus melewatiatau mencapai titik di mana kura-kura berada saat diaberangkat.1.Empedocles (490 – 435 SM)Lahir di Akragos, pulau Sicilia. Ia pandai dalam bidangkedokteran, penyair retorika, politik dan pemikir.Http://gezafa.blogspot.com
Empedocles sependapat dengan Parmenides, bahwa alamsemesta di dalamnya tidak ada hal yang dilahirkan secara baru, dantidak ada hal yang hilang. Tetapi ia mempertahankan adanyapluralitas dan perubahan dari hasil pengamatan indera. Realitastersusun empat unsur, yaitu api, udara, tanah dan air. Kemudian,empat unsur tersebut digabungkan dengan unsur yang berlawanan. Terdapat dua unsur yang mengatur perubahan-perubahan dialam semesta ini, yaitu, cinta dan benci. Cinta mengatur ke arahpengabungan, benci mengatur ke arah perceraian atau perubahan.
2.
Anaxagoras (+ 499 – 420 SM)Ia dilahirkan di kota Klazomenai, Ionia. Pemikirannya, realitasbukanlah satu, tetapi terdiri dari banyak unsur dan tidak dapatdibagi-bagi, yaitu atom. Atom ini sebagai bagian yang terkecil darimateri sehingga tidak dapt terlihat dan jumlahnya tidak terhingga. Tentang terbentuk nya dunia (kosmos), atom-atom yangberbeda bentuk nya itu saling terkait, kemudian digerakkan olehputing beliung. Semakin banyak atom-atom yang bergerak akanmenimbulkan pusat gerak (atom yang padat).Anaxagoras mengemukakan yang menyebabkan benihmenjadi kosmos adlah
nus
. Nus, yang berarti roh atau rasio. Tidaktercampur dengan benih-benih dan terpisah dari semua benda. Nusmengenal dan menguasai segala sesuatu.Http://gezafa.blogspot.com
Karen ajaran Anaxagoras tentang
nus
inilah, untuk pertamakalinya dlaam filsafat dikenal adanya pembedaan antara yang jasmani dan yang rohani.3.Democritus (460 – 370 SM)Ia lahir di Kota Abdera di pesisir Thrake di Yunani Utara. Darikarya-karyanya ia telah mewariskan sebanyak 70 karangan tentangbermacam-macam masalah, seperti kosmologi, matematika,astronomi, logika, etika, teknik, musik, puisi, dan lain-lainnya.Pemikirannya adalah bahaw realitas bukanlah satu, tetapiterdiri dari banyak unsur dan jumlahnya tak terhingga. Unsur-unsurtersebut merupakan bagian materi yang sangat kecil yang disebutatom.Menurut pendapatnya, atom-atom itu selalu bergerak, berartiharus ada ruang kosong. Maka, Democritus berpendapat bahwarealiatas itu ada dua, yaitu atom itu sendiri (yang penuh) dan ruangtempat atom bergerak (yang kosong).A.Yunani KlasikPada periode Yunani Klasik ini semakin besar minat orang terhadapfilsafat. Aliran yang mngawali periode Yunani Klasik ini adalah Sofisme.Sofisme ini berasal dari kata
sophos
yang artinya cerdik pandai.Http://gezafa.blogspot.com
Keahliannya dalam bidang bahasa, politik, retorika, dan terutama tentangkosmos.Antara kaum Sofis dengan Socrates mempunyai hubungan yangerat sekali. Mereka itu hidup sezaman, pokok permasalahan pemikiranmeraka juga sama, yaitu manusia. Perbedaan antara kaum Sofis denganSocrates adlah bahwa pemikiran filsafat Socrates sebagai suatu raksi dankritik terhadap pemikiran kaum Sofis.
Kaum Sofis
Istilah Sofis yang berasal dari kata sophistes mempunyai pengertianseorang sarjana atau cendikiawan. Terdapat tiga faktor yang mendorong timbulnya kaum sofis, yaitusebagai berikut :a.Perkembangan secar pesat kota Athena dalam bidang politik danekonomi.b.Kota Athena sebagai pusat politik sehingga peranan pendidikan sangatpenting untuk mendidik kaum mudanya.c.Terbukanya masyarakat Yunani terhadap budaya luar akan membuatorang-orang Yunani menjadi dinamis dan berkembang.Salah satu Sofisme adalah Gorgias (480 – 380 SM).
Gorgias (480 – 380 SM)
Ia lahir di Leontinni, Sicilia. Menurut pendapatnya yang pentingadalah bagaimana dapat meyakinkan orang lain agar menerima pendapatkita.Http://gezafa.blogspot.com
Pemikirannya yang penting adalah :a.Mencari keterangan tentang asal usul yang adab.Bagaimana peran manusia sebagai makhluk yang mempunyaikehendak berpikirc.Norma yang sifatnya umum tidak ada, yanga ada norma yangindividualistis (subjektivisme).d.Bahwa kebenaran tidak dapat diketahui sehingga ia termasukpenganut Skeptisisme.Aspek positif dari adanya aliran Sofisme ini akan mempengaruhiterhadap kebudayaan Yunani, yaitu suatu revolusi intelektual, danmengangkat manusia sebagai objek pemikiran filsafat. Aspek negatifnyaaliran Sofisme membawa pengaruh yang tidak baik terhadap kebudayaan Yunani.1.SocratesIa anak seorang pemahat Sophroniscos, dan ibunya bernamaPhairnarete, yang pekerjaanya seorang bidan. Istrinya bernamaXantipe yang dikenal sebagai seorang
judes
(galak dan keras).Setiap mengajarkan pengetahuannya socrates tidak memungutbayaran kepada murid-muridnya. Maka ia kemudian oleh kaum sofissendiri dituduh memberikan ajran barunya, merusak moral parapemuda, dan menentang kepercayaan negara. Kemudian ia ditangkapdan akhirnya dihukum mati dengan minum racun pada umur 70 tahunyaitu pada tahun 399 SM.Http://gezafa.blogspot.com
Pemikiran filsafatnya untuk menyelidiki manusia secarakeseluruhan yaitu dengan menghargai nilai-nilai jasmaniah danrohaniah yang keduanya tidak dapat dipisahkan karena denganketerkaitan kedua hal tersebut banyak nilai yang dihasilkan.2.Plato (427 – 347 SM)Ia lahir di Athena, dengan nama asli Aristocles. Ia belajar filsafatdari Socrates, Pythagoras, Heracleitos, dan Elia.Sebagai titik tolak pemikiran filsafatnya, ia mencobamenyelesaikan permasalahan lama: mana yang benar yang berubah-ubah (Heracleitos) atau yang tetap (Parmenidas). Pengetahuan yangdiperoleh lewat indra disebutnya pengetahuan indra, pengetahuanyang diperoleh lewat akal disebut pengetahuan akal.
Dunia Ide dan Dunia Pengalaman
Plato menerangkan bahwa manusia itu sesungguhnya beradadalam dua dunia, yaitu dunia pengalaman yang bersifat tidak tetap,serta dunia ide yang bersifat tetap. Dunia yang sesungguhnya ataudunia realitas itu adalah dunia ide.Plato mengemukakan bahwa terdapat beberapa masalah bagimanusia yang tidak pantas apabila tidak mengetahuinya. Masalahtersebut adalah sebagai berikut :a.Manusia itu mempunyai Tuhan sebagai penciptanya.b.Tuhan itu mengetahui segala sesuatu yang diperbuat manusia.Http://gezafa.blogspot.com
c.Tuhan hanya dapat diketahui dengan cara negatif, tidak ada ayat,tidak ada anak dan lain-lain.d.Tuhanlah yang menjadikan alam ini dari tidak mempunyaiperaturan menjadi mempunyai peraturan.Sebagai puncak pemikiran filsafat Plato adalah pemikirannyatentang negara, yang tertera dalam Polites dan Nomoi.Konsepnya tentang etika sama seperti Socrates, yaitu bahwatujuan hidup manusia adalah hidup yang baik (
eudaimonia
atau
well-being
).Menurut Plato, di dalam negara yang ideal terdapat tigagolongan berikut:
a.
Golongan yang tertinggi (para penjaga, para filsuf)b.Golongan pembantu (prajurit, yang bertugas untuk menjagakeamanan negara)c.Golongan rakyat biasa (petani, pedagan, tukang) Tugas negarawan adalah mencipta keselarasan antara semuakeahlian dalam negara (polis) sehingga mewujudkan keseluruhan yangharmonis.Apabila suatu negara telah mempunyai undang-undang dasar,bentuk pemerintahan yang paling tepat adalah monarki. Sementaraitu, apabila suatu negara belum mempunyai undang-undang dasar,bentuk pemerintahan yang paling tepat adalah demokrasi. Konseptentang tata negara ini tertera dalam
Politea
(Tata Negara).Http://gezafa.blogspot.com
1.Aristoteles (384 – 322 SM)Ia dilahirkan di Stageira, Yunani Utara pada tahun 384 SM.Karya-karya Aristoteles berjumlah delapan pokok bahasansebagai berikut ;a.Logika, terdiri dari :
–
Categoriac
(kategori-kategori)
–
De interpretatione
(perihal penafsiran)
–
Analytics Priora
(Analitika logika yang lebih dahulu)
–
Analytica Posteriora
(analitika logika yang kemudian)
–
Topica
–
De sophistics elenchis
(tentang cara beragumentasi kaum Sofis)a.Filsafat Alam, terdiri dari :
(ajaran tentang badan-badan jagad raya)a.Psikologi, terdiri dari :
–
de anima
(perihal jiwa)
–
parva naturalia
(karangan-karangan kecil tentang pokok-pokokalamiah)a.biologi, terdiri dari :Http://gezafa.blogspot.com
–
de partibus animalium
(perihal bagian-bagian binatang)
–
de mutu animalium
(perihal gerak binatang)
–
de incessu animalium
(tentang binatang yang berjalan)
–
de generatione animalium
(perihal kejadian binatang-binatang)
a.
Metafisika, oleh Aristoteles dinamakan sebagai filsafat pertama atau
theologica.
b.Etika, terdiri dari :
–
Ethica Nicomachea
–
Magna moralia
(karangan besar tentang moral)
–
Ethica Eudemia
a.Politik dan ekonomi, terdiri dari :
–
Politics
–
Economics
a.Retorika dan poetika, terdiri dari :
–
Rhetorica
–
Poetica
Berikut ini akan kami uraikan tentang beberapa pemikiranAristoteles yang terdiri dari :a.Ajarannya tentang logikaSuatu pengertian memuat dua golongan, yaitu substansi danaksidensia. Dan dari dua golongan tersebut terurai menjadi sepuluhmacam kategori, yaitu :1)Substansi (manusia, binatang)Http://gezafa.blogspot.com
2)Kuantitas (dua, tiga)3)Kualitas (merah, baik)4)Relasi (rangkap, separuh)5)Tempat (di rumah, di pasar)6)Waktu (sekarang, besok)7)Keadaan (duduk, berjalan)8)Mempunyai (berpakaian, bersuami)9)Berbuat (memmbaca, menulis)10)Menderita (terpotong, tergilas). Sampai sekarang, Aristotelesdianggap sebagai Bapak logika tradisional.a.Ajaranya tentang sillogismeb.Ajarannya tentang pengelompokkan ilmu pengetahuanAritoteles mengelompokkan ilmu pengetahuan menjadi tigagolongan.c.Ajarannya tentang potensia dan dinamika
hule
adalah suatu unsur yang menjadi permacaman.Sementara itu,
morfe
adalah unsur yang menjadi dasar kesatuan.d.Ajarannya tentang pengenalane.Ajarannya tentang etikaf.Ajarannya tentang negara1.Filsafat HellenismeLima abad sepeninggal Aristoteles terjadi kekosongan sehinggatidak ada ahli pikir yang menghasilkan buah pemikiran filsafatnyaHttp://gezafa.blogspot.com
seperti Plato atau Aristoteles, sampai munculnya filosof Plotinus (204 –270).Lima abad dari adanya kekosongan di atas diisi oleh aliran-aliranbesar (seperti: Epikurisme, Stoaisme, Skeptisisme, dan Neoplatonisme.Menurut sejarah filsafat, masa ini (sesudah Aristoteles) disebutHellenisme. Filsafat Hellenisme ini dimulai pada pemerintahanAlexander Agung (356 – 23 SM) atau Iskandar Zulkarnain RajaMacedonia.a.EpicurismeSebagai tokohnya Epicurus (341 – 271 SM), lahir di Samos danmendapatkan pendidikan di Athena.Pokok ajarannya adalah bagaimana agar manusia itu dalamhidupnya bahagia. Epicurus mengemukakan bahwa agar manusiadalam hidupnya bahagia terlebih dahulu harus memperolehketenangan jiwa (
ataraxia
). Terdapat tiga ketakutan dalam diri manusia seperti berikut ini:
Pertama
, manusia takut terhadap kemarahan dewa.
Kedua,
manusia takut terhadap kematian.
Ketiga,
manusia takut terhadap nasib.b.StoaismeSebagai tokohnya adalah Zeno (366 – 264 SM) yang berasaldari Citium, Cyprus. Pokok ajarannya adalah bagaimana manusiaHttp://gezafa.blogspot.com
dalam hidupnya dapat bahagia. Untuk mencapai kebahagiaantersebut manusia harus haromoni terhadap dunia (alam) danharmoni dengan dirinya sendiri.c.Skeptisisme Tokoh skeptisisme adalah Pyrrhe (360 – 270 SM). Pokokajarannya adalah bagaimana cara manusia agar dapat hidupberbahagia. Hal ini ia menengarai bahwa sebagian besar manusiaitu hidupnya tidak bahagia, sehingga manusia sukar sekalimencapai kebijaksanaan.Aliran yang lain tingkatannya lebih kecil dari ketiga aliran diatas adalah : Neopythagoras (merupakan campuran dari ajaranPlato, Aristoteles, dan Kaum Stoa).d.Neoplatonisme Tokohnya adalah Plotinus dan Ammonius. Plotinus (204 – 270SM) lahir di Lykopolis, Mesir. Titik tolak pemikiran filsafat Plotinusadalah bahwa asas yang menguasai segala sesuatu adalah satu.Pemikirannya, karena Tuhan isi dan titik tolak pemikirannya, Tuhan dianggap Kebaikan Tertinggi dan sekaligus menjadi tujuansemua kehendak.Karena zaman Neoplatonisme ini diwarnai oleh agama, zamanini disebutnya sebagai zaman mistik.Http://gezafa.blogspot.com
FILSAFAT BARAT ABAD PERTENGAHAN
Giliran selanjutnya adalah warisan peradaban Yunani jatuh ke tangankekuasaan Romawi. Di dalam masa pertumbuhan dan perkembangan filsafatEropa (kira-kira selama 5 abad) belum memunculkan ahli fikir (filosof), akantetapi setelah abad ke-6 Masehi, barulah muncul para ahli pikir yangmengadakan penyelidikan filsafat. Jadi, filsafat Eropa yang mengawalikelahiran filsafat barat abad pertengahan.Filsafat Barat Abad Pertengahan (476 – 1492) juga dapat dikatakansebagai “abad gelap”. Ciri-ciri pemikiran filsafat barat abad pertengahanadalah :
–
Cara berfilsafatnya dipimpin oleh gereja
–
Berfilsafat di dalam lingkungan ajaran Aristoteles
–
Berfilsafat dengan pertolongan Augustinus dan lain-lain.Masa abad pertengahan ini terbagi menjadi dua masa yaitu masaPatristik dan masa Skolastik. Masa Skolastik terbagi menjadi Skolastik Awal,Skolastik Puncak, dan Skolastik Akhir.A.Masa PatristikIstilah Patristik berasal dari kata latin
pater
atau bapak, yangartinya para pemimpin geraja. Pada masa ini muncul upaya untukmembela agama kristen, yaitu para apologis (pembela iman kristen)dengan kesadarannya membela iman kristen dari serangan filsafatHttp://gezafa.blogspot.com
Yunani. Para pembela Iman kristen tersebut adalah Justinus Martir,Irenaeus, Klemens, Origenes, Gregorius, Nissa, Tertullianus, DiosiosArepagos, Au-relius Augustinus.1.Justinus martirMenurut pendapatnya, agama kristen bukan agama baru karenaKristen lebih tua dari filsafat Yunani, dan Nabi Musa dianggap sebagaiawal kedatangan kristen. Padahal, Musa Hidup sebelum Socrates danPlato.Orang-orang Yunani terpengaruh oleh demon atau setan. Demonatau setan tersebut dapat mengubah pengetahuan yang benarkemudian dipalsukan. Jadi, agama kristen lebih bermutu dibandingdengan filsafat Yunani. Demikian pembelaan Justinus Martir.2.Klemens (150 – 215)Pokok-pokok pikirannya adalah sebagai berikut :
–
Memberikan batasan-batasan terhadap ajaran kristen untukmempertahankan diri dari otoritas filsafat Yunani.
–
Memerangi ajaran yang anti terhadap Kristen dengan menggunakanfilsafat Yunani.
–
Bagi orang Kristen, filsafat dapat dipakai untuk membela imanKristen, dan memikirkan secara mendalam.1.Tertullianus (160 – 222)Http://gezafa.blogspot.com
Baginya berpendapat, bahwa wahyu Tuhan sudahlah cukup. Tidak ada hubungan antara teologi dengan filsafat, tidak adahubungan antara Yerussalem (pusat agama) dengan Yunani (pusatfilsafat).Ia mengatakan bahwa dibanding dengan cahaya Kristen, segalayang dikatakan oleh para filosof Yunani dianggap tidak penting.Akan tetapi lama kelamaan, tertullianus akhirnya menerima jugafilsafat sebagai cara berfikir yang rasional, karena berfikir yangrasional diperlukan sekali.2.Augustinus (354 – 430)Ia diakui keberhasilannya dalam membentuk filsafat Kristen yangberpengaruh besar dalam filsafat abad pertengahan sehingga iadijuluki sebagai guru skolastik yang sejati.Ajaran Augustinus berhasil menguasai sepuluh abad, danmempengaruhi pemikiran eropa. Mengapa ajaran Augustinus sebagaiakal dari skolastik dapat mendominasi hampir sepuluh abad? Karenaajarannya lebih bersifat sebagai metode daripada suatu sistemsehingga ajarannya mampu meresap sampai masa skolastik.A.Masa SkolastikIstilah Skolastik adalah kata sifat yang berasal dari kata
school
,yang berarti sekolah. Jadi, skolastik berati aliran atau yang berkaitandengan sekolah.Http://gezafa.blogspot.com
Terdapat beberapa pengertian dari corak khas skolastik, sebagaiberikut :a.Filsafat yang mempunyai corak semata-mata agama.b.Filsafat yang mengabdi pada teologi atau filsafat yang rasional.c.Suatu sistem filsafat yang termasuk jajaran pengetahuan alam kodrat.d.Filsafat Nasrani karena banyak dipengaruhi oleh ajaran gereja.Filsafat Skolastik ini dapat berkembang dan tumbuh karenabeberapa faktor berikut :A.Faktor ReligiusFaktor religius adalah keadaan lingkungan saat itu yangberperikehidupan religius.B.Faktor Ilmu PengetahuanMasa Skolastik terbagi menjadi tiga periode, yaitu:1.Skolastik Awal (berlangsung dari tahun 800 – 1200)Saat ini merupakan zaman baru bagi bangsa eropa. Hal ini ditandaidengan skolastik yang di dalamnya banyak diupayakanpengembangan ilmu pengetahuan di sekolah-sekolah.Kurikulum pengajarannya meliputi studi duniawi atau artesliberales, meliputi tata bahasa, retorika, dialektika (seni berdiskusi),ilmu hitung, ilmu ukur, ilmu perbintangan, dan musik.Diantara tokoh-tokohnya adalah Aquinas (735 – 805), JohannesScotes Eriugena (815 – 870), Peter Lombard (1100 – 1160), JohnSalisbury (1115 – 1180), Peter Abaelardus (1079 – 1180).Http://gezafa.blogspot.com
2.
Skolastik Puncak (berlangsung dari tahun 1200 – 1300)Masa ini merupakan kejayaan skolastik yang berlangsung daritahun 1200 – 1300 dan masa ini juga disebut mas berbunga.Berikut ini beberapa faktor mengapa masa skolastik mencapai padapuncaknya.a.Adanya pengaruh dari Aristoteles, Ibnu Rusyd, Ibu Sina sejakabad ke-12.b.Tahun 1200 didirikan Universitas Almamater di Prancis.c.Berdirinya ordo-ordo. Banyaknya perhatian orang terhadap ilmupengetahuan. Tokoh-tokohnya memegang peran di bidangfilsafat dan teologi, seperti Albertus de Grote, Thomas Aquinas,Binaventura, J.D. Scotus, William Ocham.
Albertus Magnus (1203 – 1280)
Ia juga dikenal sebagai cendikiawan abad pertengahan. DiUniversitas Padua ia belajar
artes liberales
, belajar teologi diBulogna, dan masuk ordo Dominican tahun 1223.
Thomas Aquinas (1225 – 1274)
Nama sebenarnya adalah Santo Thomas Aquinas, yang artinya Thomas yang suci dari Aquinas.Karya Thomas Aquinas telah menandai taraf yang tinggi dari aliranSkolastisisme pada abad pertengahan. Thomas menyadari bahwa tidak dapat menghilangkan unsur-unsurAristoteles. Masuknya unsur Aristoteles ini didorong oleh kebijakanHttp://gezafa.blogspot.com
pimpinan geraja Paus Urbanus V (1366) kemudian Thomasmengadakan langkah-langkah sebagai berikut.
Langkah pertama,
Thomas menyuruh teman sealiran Willem vanMoerbeke untuk membuat terjemahan baru yang langsung dari Yunani.
Langkah kedua,
pengkristenan ajaran Aristoteles dari dalam.
Langkah ketiga,
ajaran Aristoteles yang telah dikristenkan dipakaiuntuk membuat sintesis yang lebih bercorak ilmiah.
1.
Skoloastik Akhir (berlangsung dari tahun 1300 – 1450)Masa ini ditandai dengan adanya rasa jemu terhadap segala macampemikiran filsafat yang menjadi kiblatnya sehingga memperlihatkanstagnasi (kemandegan). Diantara tokoh-tokohnya adalah WilliamOckham (1285 – 1349), Nicolaus Cusasus (1401 – 1464).
William Ockham (1285 – 1349)
Menurut pendapatnya, pikiran manusia hanya dapat mengetahuibarang-barang atau kejadia-kejadian individual.Ia membantah anggapan skolastik bahwa logika dapatmembuktikan doktrin teologis. Hal ini akan membawa kesulitandirinya yang pada waktu itu sebagai penguasanya Paus John XXII.
Nicolas Cusasus (1401 – 1464)
Ia sebagai tokoh pemikir yang berada paling akhir masa skolastik.Menurut pendapatnya terdapat tiga cara untuk mengenal yaitulewat indra, akal dan intuisi.Http://gezafa.blogspot.com
Pemikiran Nicolas ini sebagai upaya mempersatukan seluruhpemikiran abad pertengahan yang dibuat ke suatu sintesis yanglebih luas.
2.
Skolastik Arab (Islam) Tokoh-tokoh yang termasuk para ahli fikir Islam yaitu Al-Farabi, IbuSina, Al-Kindi, Ibnu Rusyd. Peranan para ahli pikir tersebut besarsekali, yaitu sebagai berikut :a.Sampai pertengahan abad ke-12 orang-orang barat belumpernah mengenal filsafat Aristoteles.b.Orang-orang barat mengenal Aristoteles berkat tulisan dari paraahli fikir islam.c.Skolastik Islamlah yang membawakan perkembagan SkolastikLatin.Dengan demikian, dalam pembahasan skolastik isalam terbagimenjadi dua periode, yaitu :a.Periode Mutakallimin (700 – 900)b.Periode Filsafat Islam (850 – 1200)A.Masa PeralihanPada masa peralihan diisi dengan gerakan kerohanian yang bersiatpembaharuan. Masa peralihan ini ditandai dengan munculnyarenaissance, humanisme, dan reformasi yang berlangsung antara abadke-14 hingga ke-16.Http://gezafa.blogspot.com
Renaissance
Atau kelahiran kembali di Eropa ini merupakan suatu gelombangkebudayaan dan pemikiran yang dimulai di Italia. Di antara tokoh-tokohnya adalah Leonardo da Vinci, Michelangelo, Machiavelli, danGiordano Bruno.
Humanisme
Humanisme menjadi gerakan untuk kembali melepaskan ikatan darigereja dan berusaha menemukan kembali sastara Yunani atauRomawi. Di antara para tokohnya adalah Boccaccio, Petrarcus, LorencoValllia, Erasmus, dan Thomas Morre.
Reformasi
Reformasi merupakan revolusi keagamaan di Eropa Barat pada abadke=16. Para tokohnya antara lain Jean Calvin dan Martin Luther.Http://gezafa.blogspot.com
PEMIKIRAN FILSAFAT DI TIMUR
A.Filsafat IndiaFilsafat india terbagi menjadi lima zaman berikut ini :a.Zaman Weda (1500-600 SM)Zaman ini diisi oleh pendapat bangsa Arya.b.Zaman Wiracarita (600-200 SM)Zaman ini diisi oleh perkembangan sistem pemikiran filsafatyang berupa
upanishad.
c.
Zaman Sastra Sutra (200 SM-1400 M) Zaman ini diisi oleh semakinbanyaknya bahan-bahan pemikiran filsafat (sutra).
d.
Zaman kemunduran (1400 – 1800 SM). Zaman ini diisi oleh pemikiranfilsafat yang mandul.e.Zaman pembaharuan (1800 – 1950 SM). Zaman ini diisi olehkebangkitan pemikiran filsafat india. Pelopornya adalah Ram MohanRay.
Zaman Weda (1500 -600 SM)
Dikatakan zaman weda karena sumber benih pemikiran filsafatberasal dari kitab-kitab weda (rig
weda, sama weda, yajur weda
, dan
atharwa weda
). Benih pemikiran filsafat tersebut dalam mantera “diatas air samudera mengapung telor dunia, kemudian pecah menjadiwismakarman sebagai anak pertama alam semesta.” “Dunia tersusunHttp://gezafa.blogspot.com
menjadi tiga bagian, yaitu surga, bumi, dan langit, di mana ketigabagian tersebut mempunyai dewa sendiri-sendiri.” “Jiwa manusia tidakdapat mati.” “Mereka yang masuk surga adalah orang-orang yangsoleh dan hidup baik.”Dewa secara harfiah adalah benda yang terang yang dianggapmempunyai
person.
Dewa indra dianggap sebagai dewa nasional,dewa waruna yaitu dewa yang menguasai alam semesta.Pada tahun 700 SM, benih pemikiran filsafat pembahasannyabersumber pada sastra
Upanishad
.
Zaman Wiracarita (600 SM – 200 M)
Sebagai latar belakang zaman ini adanya krisis politik,kemerosotan moral atau kepercayaan terhadap para dewa. Timbullahaliran yang bertuhan (
baghawadgita
), aliran yang tidak bertuhan(
jainisme
dan
Buddhisme
)
,
juga aliran yang spekulatif (
Saddarcana
).Pelopornya adalah Wardhamana (abad ke-6 SM). Jelmaanterakhir Buddhisme adalah Sidharta, yang lahir tahun 567 SM diKapilawastu.Baghawadgita adalah sebuah kitab yang ditulis pada abad ke-3SM, pusat penyebarannya di Gangga barat, isi kitabnya adalah uraianajaran Kresna pada Arjuna tentang
bhakti
(penyerahan diri).
Zaman Sastra Sutra (200 – sekarang)
Http://gezafa.blogspot.com
Kitab yang muncul pertama kali adalah kitab Wedangga yanguraiannya berbentuk prosa. Sistem filsafat India, terbagi menjadi enamsistem berikut :
a.
Nyala, yaitu membicarakan bagian umum dan metode yang dipakaidalam penyelidikan.b.Waisesika, yaitu kitab yang bersumber pada Waisesika Sutra.c.Sakha, artinya pemantulan.d.Yoga, yaitu suatu cara untuk mengawasi pikiran.e.Purwa Wimansa, yaitu sistem yang mendasarkan pada kitab Weda.f.Wedanta yaitu suatu sistem yang membicarakan bagian kitab wedayang terakhir. Tokoh-tokoh tersebut diatas mengemukakan ajaran sebagaiberikut:1.Sankara (788 – 820) merupakan pengajar aliran Adwaita. Pokokajarannya adalah bahwa “Brahman adalah Nyata”.
2.
Ramanuja (1017 – 1137) ia berupaya menyatukan agama Wisnudengan Wedanta. Menurutnya terdapat tiga kenyataan yangtertinggi; Tuhan (
Iswara
), jiwa (
Cit
), dan benda (
Acit
).3.Madwa (1199 - 1278), ia sangat berpengaruh di India Barat.
Filsafat India pada Akhir Abad ke-20
Mulai abad ke-7 sampai ke-14, ajaran Wedanta mendominasifilsafat India. Tetapi, setelah abad ke-14 pemikiran filsafat mengalamiHttp://gezafa.blogspot.com
kemunduran. Tokohnya Kabir (1440 – 1518), yang berupayamenyingkirkan unsur-unsur yang melemahkan perjuangan islam.Setelah abad ke-19, pemikiran filsafat India bangkit berkatsentuhan kebudayaan barat. Pelopornya adalah Ram Mohan Ray (1777– 1833).Seorang pembaru lain adalah Mahatma Gandhi (1869 – 1948).Ajarannya untuik mencari kemenangan harus dengan Satyagraha(kekuatan kebenaran). Terdapat dua orang pembaru yaitu, Sri Aurobindo (1872 – 1950),dan Sri Rama Maharsi (1870 – 1950).A.Filsafat Tiongkok Terdapat empat buah buku yang dianggap sebagai kitab suci rakyat Tiongkok, yaitu :a.Analecta Confucius;b.Karangan-karangan Mencius;
c.
Ilmu Tinggi (
The Great Learning
).
d.
Ajaran tentang Jalan Tengah (
Doctrine of The Mean
)Menurut Fung Yu Lan, terdapat tiga agama, yaitu Confucianisme, Taoisme, dan Buddhisme.Menurut rakyat Tiongkok fungsi filsafat dalam kehidupan manusiaadalah untuk mempertinggi tingkat rohani. Menurut Mencius, “Orangbijaksana adalah sebagai puncak hubungan antarmanusia”.Http://gezafa.blogspot.com
Dari sudut moral, oran gyang arif bijaksana adlaah manusia yangpaling sempurna di dalam suatu masyarakat. Mempelajari filsafat agarorang dapat berkembang menjadi “Manusia” dan supaya tidak menjadi“orang macam tertentu”, artinya orang mempelajari “bukan filsafat”,memungkinkan orang untuk berkembang menjadi orang macam tertentu(
some special kind of man
).1.Latar Belakang Filsafat Tiongkok Tiongkok adalah suatu negeri daratan (
continental
) yang luassekali, tidak pernah melihat lautan.Akar atau sumber alam pikiran rakyat Tiongkok adalah Taoismedan Confusianisme. Taoisme adalah pandangan hidup yang menitikberatkan pada hal-hal yang sifatnya naturalistik. Confucianisme adalahsuatu pandangan hidup yang menitik beratkan pada organisasi sosial.Sebagai contoh:
–
Fajar telah menyingsing
–
Jangan sekali-kali berlebih-lebihan
–
Bilamana matahari telah mencapai puncaknya
–
Dan bila mana bulan sudah purnama
–
Maka mengecillah1.Sentuhan dengan Filsafat BaratPada akhir Dinasti Ming (abad ke-14), banyak pelajar Tiongkokyang mengagumi matematika dan astronomi, yang dibawa dari Baratoleh kaum misionaris Kristen.Http://gezafa.blogspot.com
Pada abad ke-19, karena keunggulan militer, muncul gerakanuntuk kembali kepada ajaran Confusius. Pelopornya adalah K’ang YuMei (1858 – 1927).2.Aliran-aliran Pemikiran Filsafat di TiongkokConfusianismeConfusianisme dipelopori oleh K’ung Fu Tzu (551 – 479 SM), iadianggap sebagai Guru kesusilaan bangsa Cina. Pemikirannya, suatuyang dipentingkan oleh K’ung Fu Tze adlah ritual dan harus menguasaiaspek keagamaan dan sosial. Sistem kekerabatan harus didasarkanpada
syian
, yaitu suatu perasaan keterikatan terhadap orang-orangyang menurunkannya. TaoismePendiri Taoisme adalah Lao Tse lahir tahun 604 SM. Semua orangyang mengikuti Tao harus melepaskan semua usaha. Tujuan tertinggiadalah meloloskan diri dari khayalan keinginan dengan renungansecara gaib.Pemikirannya orang hendaknya memberikan kasih sayangnyatidak hanya terbatas pada para anggota keluarganya saja, tetapi haruskepada seluruh anggota keluarga yang lain.A.Filsafat IslamHttp://gezafa.blogspot.com
Islam dengan kebudayaannya telah berjalan selama 15 abad.Dalam kurun waktu lima abad itu para ahli pikir islam merenungkankedudukan manusia di dalam hubungan nya dengan sesama, denganalam, dan dengan Tuhan.Dalam kegiatan pemikiran filsafat tersebut, terdapat dua macam(kekuatan) pemikiran berikut :a.Para ahli fikir islam berusaha menyusun sebuah sistem yangdisesuaikan dengan ajaran islam.b.Para ulama menggunakan metode rasional dalam menyelesaikan soal-soal ketauhidan.Ulama yang berkeberatan terhadap pemikiran filsafat (golongansalaf) berpendapat bahwa “adanya pemikiran filsafat dianggapnyasebagai bid’ah dan menyesatkan. Alquran tidak untuk diperdebatkan,dipikirkan, dan ditakwilkan menurut akal pikir manusia, tetapi al-quranuntuk diamalkan sehingga dapt dijadikan tuntunan hidup di dunia dan diakhirat”.1.Beberapa Perbedaan yang Mendorong Aliran Pemikiran Filsafat Timbul Timbulnya aliran pemikiran filsafat didorong oleh beberapaperbedaan :a.Persoalan tentang Zat Tuhan yang tidak dapat diraba, dirasa dandipikirkan.b.Perbedaan cara berpikir.c.Perbedaan orientasi dan tujuan hidupHttp://gezafa.blogspot.com
d.Perasaan “asabiyah” keyakinan yang buta atas dasar suatupendirian walaupun diyakini tidak benar lagi.1.Lahirnya Filsafat IslamSifat khas orang-orang Arab saat itu yang hidup mengembara(kafilah) bergeser pada proses urbanisasi. Setelah proses urbanisasi,mereka terikat oleh birokrasi dan mengalami krisis identitas dalambidang sosial dan agama.Proses akulturasi tersebut mencapai puncaknya dengandidirikannya lembaga-lembaga pengajaran, penterjemahan, danperpustakaan. Misalnya, tahun 833 khalifah al-Ma’mun (Baghdad),mendirikan bait al-Hikmah, tahun 972 khalifah Hakam (Qahirah)mendirikan Jami’at al-Azhar.2.Pembagian Aliran Pemikiran Filsafat Islama.Periode Mu’tazilah. Mulai abad ke-8 sampai abad ke-12.b.Periode Filsafat Pertama. Mulai dari abad ke-8 sampai dengan badke-11.c.Periode Kalam Asy’ari’. Periode ini berlangsung mulai abad ke-9sampai abad ke-11.d.Periode Filsafat Kedua. Mulai abad ke-11 sampai abad ke-12.Dalam periode Mutakallimin (700 – 900), muncul mazhab-mazhab al-Khawarij, Murji’ah, Qadariyyah, Jabariyyah, Mu’tazilah, AhliSunnah Wal-Jama’ah.Http://gezafa.blogspot.com
Berikut ini pembagian aliran pemikiran filsafat islam yangberdasar pada hubungannya dengan sistem pemikiran Yunani (adaempat), yaitu :a.Periode Mu’tazilah,Keberadaan Mu’tazilah ini sangat penting artinya dalam pemikiranfilsafat islam, karena terlihat orientasi pemikirannya dalammenetapkan hukum, pemakaian akal pikir didahulukan, kemudianbaru diselaraskan dengan Alquran dan Alhadist.b.Periode filsafat pertama, Terdapat dua bagian dalam periode filsafat pertama, yaitu pertama,bercorak Neoplatonic yang berkembang di Irak, Iran, dan Turkestan;kedua bercorak peripatetis yang berkembang di Spanyol dan Magrib(Maroko).Al-Kindi (800 – 870), dialah satu-satunya orang Arab asli yangmenjadi filsuf (ahli fikir). Ibnu Sina (980 – 1037) dalam umur 18tahun ia telah menjadi ahli dalam bidang filsafat, astronomi, fikih,matematika, biologi, ilmu bahasa dan lain-lainnya.c.Periode kalam asy’ari’, Timbulnya aliran ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor, yaitu :
○
Perlunya mempertahankan kemurnian tauhid dari keragamansistem pemikiran dalam islam.
○
Untuk menangkis hal-hal yang melemahkan tauhid dariserangan luar.Http://gezafa.blogspot.com
○
Terdapat gerakan yang membahayakan ketauhidan, misalnyaAl-hallaj (858 – 922).a.Periode kedua.Dalam sejarah islam, Spanyol disebut Andalusia. Berkat jasaseorang pahlawan islam Tariq bin Ziyad yang meluaskan islamsampai ke Spanyol, tahun 710. Cordoba dan Toledo ditaklukkan.Dalam kurun waktu dua abad, telah lahir beberapa ahli pikir islam,yaitu Ibnu Masarrah (883 – 931), Ibnu Tufail (1110 – 1185), IbuBajah (1100 – 1138), dan Ibnu Rusyd (1126 – 1198).A.Filsafat Indonesia
Pemikiran Filsafat Indonesia
Maksud pemikiran filsafat Indonesia adalah suatu pemikiran filsafatyang diperuntukkan dalam atau sebgai landasan hidup bangsa indonesia.Maksud hakikat pribadi dalam kedudukannya sebagai manusiaIndonesia adalah sebagai Makhluk individu, makhluk sosial dan makhluktuhan. Untuk mencapai kesejahteraan, kebahagiaan, dan ketentramanseseorang harus mengupayakan dengan tiga cara keselarasan ataukeharmonisan, yaitu :a.Selaras atau harmonis dengan dirinya sendiri.Http://gezafa.blogspot.com
b.
Selaras atau harmonis dengan pergaulan sesama manusia, dan dilingkungan kehidupannya.c.Selaras atau harmonis dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Materi Filsafat Indonesia
Pandangan hidup yang sesuai dengan manusia Indonesia adlahsuatu pandangan hidup yang berasal dari akar hikmat yang terkandungdalam khasanah budaya indonesia.Dengan keragaman suku, adat istidat, bahasa, kepercayaan, danbudaya semuanya mempunyai suatu kesamaan hakikat. Dari kesamaanhakikat inilah nantinya akan muncul suatu rumusan pandangan hidupbangsa Indonesia yaitu Filsafat Pancasila.
Bentuk filsafat Indonesia
Bentuk filsafat Indonesia terdiri dari lima sila berikut :Sila I : Ketuhanan Yang Maha EsaSila II : Kemanusiaan yang adil dan beradabSila III: Persatuan IndonesiaSila IV : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaandalam permusyawaratan/ perwakilanSila V : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat IndonesiaLima sila di atas juga disebut lima dasar sebagai suatu totalitas. Dengandemikian, Pancasila mempunyai sifat yang abstrak, umum, universal,tetap tidak berubah, menyatu dalam suatu inti hakikat mutlak. Jadi,Http://gezafa.blogspot.com
Pancasila adalah satu-satunya pandangan hidup (filsafat) yang dapatmempersatukan rakyat dan bangsa Indonesia.Http://gezafa.blogspot.com
FILSAFAT MODERN
Zaman modern dimulai sejak adanya krisis zaman pertengahan selamadua abad (abad ke-14 dan ke-15), yang ditandai dengan munculnya gerakanRenaissance. Renaissance akan banyak memberikan segala aspek realitas.Bermula dari William Ockham (1295 – 1349), yang mengetengahkan
via Moderna
(jalan modern) dan
via antiqua
(jalan kuno). Akibatnya, manusiadidewa-dewakan, manusia tidak lagi memusatkan pikirannya kepada Tuhandan surga.Dalam era filsafat modern, muncullah berbagai aliran pemikiran:Rasionalisme, Empirisme, Idealisme, Positivisme, Evolusionis, Materialisme,Neo-Kantianisme, Pragmatisme, Filsafat Hidup, Fenomologi, Eksistensialisme,dan Neo-Thomisme.A.RasionalismeRasionalisme dipelopori oleh Rene Descartes (1596 – 1650) yang disebutsebagai Bapak filsafat modern. Yang harus dipandang sebagai hal yangbesar adalah apa yang jelas dan terpilah-pilah (
clear and distinctively
).Latar belakang munculnya rasionalisme adalah keinginan untukmembebaskan diri dari segala pemikiran tradisional (skolastik).B.EmpirismeSebagai tokohnya adalah Thomas Hobbes, John Locke, dan David Hume.Kemudian beranggapan bahwa pengetahuan yang bermanfaat, pasti danHttp://gezafa.blogspot.com
benar hanya diperoleh lewat indra (pemimpi), dan empirilah satu-satunyasumber pengetahuan. Pemikiran tersebut lahir dengan nama empirisme.C.KritisismeAliran ini muncul abad ke-18. Zaman baru ini disebut zaman Pencerahan(
Aufklarung
). Sebagai latar belakang nya, manusia melihat adanyakemajuan ilmu pengetahuan (ilmu pasti, biologi, filsafat dan sejarah) telahmencapai hasil yang menggembirakan.Isaac Newton (1642 – 1727) memberikan dasar-dasar berfikir denganinduksi, yaitu pemikiran yang bertitik tolak pada gejala-gejala danmengembalikan kepada dasar-dasar yang sifatnya umum.Seorang ahli pikir Jerman Immanuel Kant (1724 – 1804) mencobamengikuti rasionalisme, tetapi kemudian terpengaruh oleh empirisme(
Hume
).Walaupun semua pengetahuan bersumber pada akal (
rasionalisme
),tetapi adanya pengertian timbul dari benda (empirisme). Ibarat burungterbang harus mempunyai sayap (rasio) dan udara (empiri). Jadi, metode berpikirnya disebut metode kritis. Walaupun ia mendasarkandiri pada nilai yang tinggi dari akal, tetapi ia tidak mengingkari adanyapersoalan-persoalan yang melampaui akal.D.IdealismePelopor Idealisme : J.G. Fichte (1762 – 1814), F.W.J. Scheling (1775-1854),G.W.F. Hegel (1770-1831), Schopenhauer (1788-1860).Http://gezafa.blogspot.com
Kan merasa puas tentang ilmu pengetahuan yang dibatasi secara kritis.Artinya, gerak yang menimbulkan tesis, kemudian menimbulkan anti tesis(gerak yang bertentangan), kemudian timbul sintesis yang merupakantesis baru, yang nantinya menimbulkan antitesis dan seterusnya. Inilahyang disebutnya sebagai dialektika.E.PositivismeFilsafat Positivisme lahir pada abad ke-19. Maksud positif adalah segalagejala dan segala yang tampak seperti apa adanya, sebatas pengalaman-pengalaman objektif. Beberapa tokoh: August Comte (1798-1857), John S.Mill (1806-1873), Herbert Spencer (1820-1903).F.EvolusionismeAliran ini dipelopori oleh seorang Zoologi yang mempunyaipengaruh sampai saat ini yaitu, Charles Robert Darwin (1809-1882). Iamendominasi pemikiran filsafat abad ke-19.Pada tahun 1838 membaca bukunya Malthus
An Essay on thePrinciple of Population
. Buku tersebut memberikan inspirasi kepadaDarwin untuk membentuk kerangka berpikir dari teorinya.Dalam pemikirannya, ia mengajukan konsepnya
survival of thefittest
dan
struggle for life.
Dalam pemikirannnya, Darwin tidak melahirkan sistem filsafat,tetapi pada ahli pikir berikutnya (Herbert Spencer) berfilsafat berdasarkanpada evolusionisme.G.MaterialismeHttp://gezafa.blogspot.com
Seorang tokoh lagi (Materialisme Alam) adlah Ludwig Feueurbach(1804-1872) sebagai pengikut Hegel, mengemukakan pendapatnya,bahwa baik pengetahuan maupun tindakan berlaku adagium, artinyaterimalah dunia yang ada, bila menolah agama/ metafisika.Dari Materialisme Historis/ dialektis, yaitu Karl Marx (1818-1883),nama lengkapnya Karl Heinrich Marx. Menurut pendapatnya, tugasseorang filosof bukan untuk menerangkan dunia, tetapi untukmengubahnya. Hidup manusia ternyata ditentukan oleh keadaanekonomi.H.Neo-KantianismeBanyak filosof jerman yang tidak puas terhadap Materialisme,Positivisme, dan Idealisme. Mereka ingin kembali ke filsafat kritis.Gerakan ini disebut Neo-Kantianisme. Tokohnya antara lain WilhelmWindelband (1848-1915), Herman Cohen (1842-1918), Paul Natrop (1854-1924), Heinrich Reickhart (1963-1939).I.PragmatismePragmatisme berasal dari kata pragma yang artinya guna. Makapragmatisme adalah suatu aliran yang benar adalah apa saja yangmembuktikan dirinya sebagai yang benar dengan akibat-akibat yangbermanfaat secara praktis. Tokohnya William James (1842-1910) lahir di New York,memperkenalkan ide-idenya tentang pragmatisme kepada dunia. Ia ahlidalam bidang seni, psikologi, anatomi, fisiologi dan filsafat.Http://gezafa.blogspot.com
J.Filsafat Hidup Tokohnya adalah Henry Bergson (1859-1941). Pada mulanya iabelajar matematika dan fisika, tapi ia terjun ke dalam bidang filsafat.Pemikirannya, alam semesta ini merupakan suatu organisme yangkreatif, tetapi perkembangannya tidak sesuai dengan implikasi logis.Pemikiran filsfat Henry Bergson ini sebagai reaksi dari Positivisme,Materialisme, Subjektivisme, dan Relativisme.K.FenomenologiFenomologi berasal dari kata
fenomen
yang artinya gejala, yaitusuatu hal yang tidak nyata dan semua.Dan yang lebih penting dalam filsafat fenomologi sebagai sumberberpikir yang kritis. Tokohnya Edmund Husserl (1839-1939), danpengikutnya Max Scheler (1874-1928).Pemikirannya, bahwa objek/ benda harus diberi kesempatan untukberbicara, yaitu dengan cara deskriptif fenomologis yang didukung olehmetode deduktif. Tujuannya adalah untuk melihat hakikat gejala-gejalasecara intuitif.L.EksistensialismeKata eksistensialisme berasal dari kata
eks
= ke luar, dan
sistensi
atau
sisto
= berdiri, menempatkan.Eksistensialisme merupakanaliran filsafat yang memandangberbagai gejala dengan berdasar pada eksistensinya. Artinya, bagaimanamanusia berada (bereksistensi) dalam dunia.
Pelopornya adalah Soren Kierkegaard (1831-1855), MartinHeidegger, J.P. Sartre, Karl Jaspers, Gabriel Marcel.M.Neo-ThomismePada pertengahan abad ke-19, Gereja Katolik banyak penganutpaham Thomisme, yaitu aliran yang mengikuti Paham Thomas Aquinas.Kemudian, akhirnya menjadi suatu paham Thomisme, yaitu
pertama,
paham yang menganggap bahwa ajaran.
Kedua
, paham yangmenganggap bahwa walaupun ajaran Thomas telah sempurna, tetapimasih terdapat hal-hal yang belum dibahas.
Ketiga,
paham yangmenganggap bahwa ajaran Thomas harus diikuti.
FILSAFAT DEWASA INI
A.Filsafat Analitis Tokoh aliran ini adalah Ludwig Josef Johan Wittgenstein (1889-1951). Ilmu yang ditekuninya adalah ilmu penerbangan yang memerlukanstudi dasar matematika yang mendalam.Filsafat Analitis ini berpengaruh di Inggris dan Amerika sejak tahun1950. Filsfat ini membahas analisis bahasa dan analisis konsep-konsep.B.Strukturalisme Tokah strukturalisme adalah J. Lacan yang lahir di Paris pada tahun1901. Menurut pendapatnya, kita baru menjadi pribadi apabila kitamengabdikan diri pada permainan bahasa.Filsafat dewasa ini juga disebut Filsafat barat Abad ke-20. Ciri nyaadalah desentralisasi manusia.Desentralisasi manusia adalah perhatian khusus terhadap bahasasebagai subjek kenyataan kita sehingga pemikiran filsafat sekarang inidisebut logosentris.
Kutipan Wikipedia
Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.[1] Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.
Logika merupakan sebuah ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat. Hal itu membuat filasafat menjadi sebuah ilmu yang pada sisi-sisi tertentu berciri eksak di samping nuansa khas filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, rasa penasaran dan ketertarikan. Filsafat juga bisa berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.
Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Arab فلسفة, yang juga diambil dari bahasa Yunani; Φιλοσοφία philosophia. Dalam bahasa ini, kata ini merupakan kata majemuk dan berasal dari kata-kata (philia = persahabatan, cinta dsb.) dan (sophia = "kebijaksanaan"). Sehingga arti harafiahnya adalah seorang “pencinta kebijaksanaan”.
Kata filosofi yang dipungut dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia. Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya. Dalam bahasa Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut "filsuf".
Dalam membangun tradisi filsafat banyak orang mengajukan pertanyaan yang sama , menanggapi, dan meneruskan karya-karya pendahulunya sesuai dengan latar belakang budaya, bahasa, bahkan agama tempat tradisi filsafat itu dibangun.
Oleh karena itu, filsafat biasa diklasifikasikan menurut daerah geografis dan latar belakang budayanya. Dewasa ini filsafat biasa dibagi menjadi dua kategori besar menurut wilayah dan menurut latar belakang agama.
Menurut wilayah, filsafat bisa dibagi menjadi: filsafat barat, filsafat timur, dan filsafat Timur Tengah. Sementara, menurut latar belakang agama, filsafat dibagi menjadi: filsafat Islam, filsafat Budha, filsafat Hindu, dan filsafat Kristen.
Filsafat Barat
Filsafat Barat adalah ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universitas di Eropa dan daerah-daerah jajahan mereka. Filsafat ini berkembang dari tradisi filsafat orang Yunani kuno.
Dalam tradisi filsafat Barat, dikenal adanya pembidangan dalam filsafat yang menyangkut tema tertentu.
Metafisika mengkaji hakikat segala yang ada. Dalam bidang ini, hakikat yang ada dan keberadaan (eksistensi) secara umum dikaji secara khusus dalam Ontologi. Adapun hakikat manusia dan alam semesta dibahas dalam Kosmologi.
Epistemologi mengkaji tentang hakikat dan wilayah pengetahuan (episteme secara harafiah berarti “pengetahuan”). Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas, sumber, serta kebenaran suatu pengetahuan.
Aksiologi membahas masalah nilai atau norma yang berlaku pada kehidupan manusia. Dari aksiologi lahirlah dua cabang filsafat yang membahas aspek kualitas hidup manusia: etika dan estetika.
Etika, atau filsafat moral, membahas tentang bagaimana seharusnya manusia bertindak dan mempertanyakan bagaimana kebenaran dari dasar tindakan itu dapat diketahui. Beberapa topik yang dibahas di sini adalah soal kebaikan, kebenaran, tanggung jawab, suara hati, dan sebagainya.
Estetika membahas mengenai keindahan dan implikasinya pada kehidupan. Dari estetika lahirlah berbagai macam teori mengenai kesenian atau aspek seni dari berbagai macam hasil budaya.
Filsafat Timur
Filsafat Timur adalah tradisi falsafi yang terutama berkembang di Asia, khususnya di India, Republik Rakyat Cina dan daerah-daerah lain yang pernah dipengaruhi budayanya. Sebuah ciri khas Filsafat Timur ialah dekatnya hubungan filsafat dengan agama. Meskipun hal ini kurang lebih juga bisa dikatakan untuk Filsafat Barat, terutama di Abad Pertengahan, tetapi di Dunia Barat filsafat ’an sich’ masih lebih menonjol daripada agama.
Filsafat Timur Tengah dilihat dari sejarahnya merupakan para filsuf yang bisa dikatakan juga merupakan ahli waris tradisi Filsafat Barat. Sebab para filsuf Timur Tengah yang pertama-tama adalah orang-orang Arab atau orang-orang Islam dan juga beberapa orang Yahudi, yang menaklukkan daerah-daerah di sekitar Laut Tengah dan menjumpai kebudayaan Yunani dengan tradisi falsafah mereka.
Lalu mereka menterjemahkan dan memberikan komentar terhadap karya-karya Yunani. Bahkan ketika Eropa setalah runtuhnya Kekaisaran Romawi masuk ke Abad Pertengahan dan melupakan karya-karya klasik Yunani, para filsuf Timur Tengah ini mempelajari karya-karya yang sama dan bahkan terjemahan mereka dipelajari lagi oleh orang-orang Eropa.
Filsafat Islam merupakan filsafat yang seluruh cendekianya adalah muslim. Ada sejumlah perbedaan besar antara filsafat Islam dengan filsafat lain. Pertama, meski semula filsuf-filsuf muslim klasik menggali kembali karya filsafat Yunani terutama Aristoteles dan Plotinus, namun kemudian menyesuaikannya dengan ajaran Islam.
Kedua, Islam adalah agama tauhid. Maka, bila dalam filsafat lain masih 'mencari Tuhan', dalam filsafat Islam justru Tuhan 'sudah ditemukan, dalam arti bukan berarti sudah usang dan tidak dibahas lagi, namun filsuf islam lebih memusatkan perhatiannya kepada manusia dan alam, karena sebagaimana kita ketahui, pembahasan Tuhan hanya menjadi sebuah pembahasan yang tak pernah ada finalnya.
Filsafat Kristen
Filsafat Kristen mulanya disusun oleh para bapa gereja untuk menghadapi tantangan zaman di abad pertengahan. Saat itu dunia barat yang Kristen tengah berada dalam zaman kegelapan (dark age). Masyarakat mulai mempertanyakan kembali kepercayaan agamanya.
Filsafat, terutama Filsafat barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke 7 S.M.. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai memikirkan dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka dan tidak menggantungkan diri kepada [agama] lagi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.
Banyak yang bertanya-tanya mengapa filsafat muncul di Yunani dan tidak di daerah yang beradab lain kala itu seperti Babilonia, Yudea (Israel) atau Mesir. Jawabannya sederhana: di Yunani, tidak seperti di daerah lain-lainnya tidak ada kasta pendeta sehingga secara intelektual orang lebih bebas.
Orang Yunani pertama yang bisa diberi gelar filsuf ialah Thales dari Mileta, sekarang di pesisir barat Turki. Tetapi filsuf-filsuf Yunani yang terbesar tentu saja ialah: Sokrates, Plato dan Aristoteles. Sokrates adalah guru Plato sedangkan Aristoteles adalah murid Plato. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sejarah filsafat tidak lain hanyalah “Komentar-komentar karya Plato belaka”. Hal ini menunjukkan pengaruh Plato yang sangat besar pada sejarah filsafat.
Buku karangan plato yg terkenal adalah berjudul "etika, republik, apologi, phaedo, dan krito".
Pada jaman sebelum masehi setiap filsafat Agama dimana pertanyakan selalu di pertanyakan dan hasilnya akan muncul ilmu pengetahuan dan munculnya adalah fisika dan matematika yang menghitung bagaimana luasnya bumi dan alam semesta ini dapat di teliti atas berbagai masalah yang muncul menjadi suatu ilmu pengetahuan untuk membahas ilmu masing-masing,misalnya metematika juga ada benturan-benturan dalam masalah metematika itu,sehingga juga bisa kembali ke filsafat,dimana matematika tidak dapat di hitung maka berkembang ilmu pengetahuan.
Fisafat hokum merupakan suatu permasalahan hokum yang dikaji dalam fisafat hokum,walaupun ilmu hokum juga ada selain filsafat hokum,apa hakekat hokum itu?,yang dikaji dalam filasaft hokum,sehingga dikaji dalam metode filsafat hokum,setelah itu bias menghasilakan secara logis dan lahir hokum,fisafat hokum dapat juga sebagai objeck penelitian dari hokum dan asal mula dari hokum itu.
Exsistensi Agama juga membahas tentang muncul suatu nabi dan rasul dan di percaya sebagai hal yang di bahas secara konkrit dalam suatu kepercayaan juga dibahas tentang ada Tuhan dan umat penganuat suatu kepercayaan dari agama yang berkembang secara setifikan,akan tetapi exsitensi Agama ini lebih menghasilkan nilai-nilai yang di percayai secara cultural dari setiap ajaran-ajaran yang berkembang dari suatu jaman itu,sehingga exsistensi agama lebih menghasilkan suatu kepercayaan dari nabinya dan rasulnya itu,namum semua itu juga baik bagi kepercayaan bagi suatu kepercayaan yang berkembang di saat itu,walupun suatu kepercayaan itu juga banyak menganut paham yang sulit di percaya dengan keberadaanya itu,seperti adanya kepercayaan tayul,aninisme dan yang tidak di masuk akal sehat,akan tetapi ini merupakan suatu hasil dari nilai –nilai yang muncul dalam suatu ajaran suatu agama,walaupun ajaran agama itu berkembang sampai saat ini.