Friday 22 June 2012

PSIKOLOGI FAAL SEMESTER 2

Cairan Tubuh Manusia
Dr.Ali Napiah Nst
Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan cairan dan elektrolit untuk mempertahankan kelangsungan fungsi tubuh. Apabila cairan dan elektrolit tidak terpenuhi maka dapat mempengaruhi system organ tubuh terutama ginjal, apabila hal ini tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian.
Dasar Pemenuhan Kebutuhan Cairan Dan Elektrolit.
Kebutuhan cairan dan elektrolit adalah suatu proses dinamik karena metabolisme tubuh membutuhkan perubahan yang tetap dalam berespon terhadap stresor fisiologis dan lingkungan.
Fungsi cairan
Mempertahankan panas tubuh dan pengaturan temperatur tubuh.
Transpor nutrien ke sel.
Transpor hasil sisa metabolisme.
Transpor hormon.
Mempertahankan tekanan hidrostatik dalam sistem kardiovaskuler.
Keseimbangan Intake dan Output
Keseimbangan cairan ditentukan oleh intake atau masukan cairan dan pengeluaran cairan. Pemasukan cairan berasal dari minuman dan makanan. Kebutuhan cairan setiap hari antara 1800-2500 ml/hari.
Pengaturan keseimbangan cairan dapat melalui sistem endokrin seperti :
1. ADH
Hormon ini memiliki peran dalam meningkatkan reabsorpsi air sehingga dapat mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Dibentuk oleh hipotalamus di hipofisis posterior yang mensekresi ADH dengan meningkatkan osmolaritas dan menurunkan cairan ekstrasel.
2. Aldosteron
Hormon ini berfungsi sebagai absorpsi natrium yang disekresi oleh kelenjar adrenal di tubulus ginjal, proses ini diatur oleh adanya perubahan konsentrasi kalium, natrium, dan sistem angiotensin renin.
3. Prostaglandin
Merupakan asam lemak yang terdapat pada jaringan yang berfungsi merespons radang, mengendalikan tekanan darah dan kontraksi uterus, serta mengatur pergerakan gastrointestinal.
4. Glukokortikoid
Berfungsi untuk mengatur peningkatan reabsorpsi natrium dan air yang menyebabkan volume darah meningkat sehingga terjadi retensi natrium.
Mekanisme rasa haus
Diatur dalam rangka memenuhi kebutuhan cairan dengan cara merangsang pelepasan renin yang dapat menimbulkan produksi angiotensin II sehingga merangsang hipotalamus untuk rasa haus.
Intake Cairan :
Selama aktifitas dan temperatur yang sedang seorang dewasa minum kira-kira 1500 ml per hari, sedangkan kebutuhan cairan tubuh kira-kira 2500 ml per hari sehingga kekurangan sekitar 1000 ml per hari diperoleh dari makanan, dan oksidasi selama proses metabolisme.
Pengatur utama intake cairan adalah melalui mekanisme haus.
Pusat haus dikendalikan berada di otak Sedangkan rangsangan haus berasal dari kondisi dehidrasi intraseluler, sekresi angiotensin II sebagai respon dari penurunan tekanan darah, perdarahan yang mengakibatkan penurunan volume darah. Perasaan kering di mulut biasanya terjadi bersama dengan sensasi haus walupun kadang terjadi secara sendiri.
Output Cairan:
Kehilangan caiaran tubuh melalui empat rute (proses) yaitu :
• Urine :
Proses pembentukan urine oleh ginjal dan ekresi melalui tractus urinarius merupakan proses output cairan tubuh yang utama. Dalam kondisi normal output urine sekitar 1400-1500 ml per 24 jam, atau sekitar 30-50 ml per jam. Pada orang dewasa. Pada orang yang sehat kemungkinan produksi urine bervariasi dalam setiap harinya, bila aktivitas kelenjar keringat meningkat maka produksi urine akan menurun sebagai upaya tetap mempertahankan keseimbangan dalam tubuh.
IWL (Insesible Water Loss) :
IWL terjadi melalui paru-paru dan kulit, Melalui kulit dengan mekanisme difusi. Pada orang dewasa normal kehilangan cairan tubuh melalui proses ini adalah berkisar 300-400 mL per hari, tapi bila proses respirasi atau suhu tubuh meningkat maka IWL dapat meningkat.
Keringat :
Berkeringat terjadi sebagai respon terhadap kondisi tubuh yang panas, respon ini berasal dari anterior hypotalamus, sedangkan impulsnya ditransfer melalui sumsum tulang belakang yang dirangsang oleh susunan syaraf simpatis pada kulit.
TERIMAKASIH

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...