MANFAAT ANALISA JABATAN
Informasi yang dihasilkan anajab dpt digunakan untuk:
1.Mengorganisir dan mengintegrasi seluruh tenaga kerja berdasarkan kewajiban dan t.jawab jabatan
2.Menerima, memilih dan menempatkan pegawai berdasarkan syarat-syarat perorangan, sifat, kecerdasan, kecakapan dll.
3.Mengadakan program latihan guna memberikan pengetahuan dan kecakapan yang diperlukan
n
4.Administrasi upah dan gaji yang berusaha memberikan kompensasi berdasarkan kecakapan yg diperlukan, sukarnya kewajiban, beratnya t jawab, dan syarat syarat perorangan yang diperlukan
5.Mengadakan pemindahan dan kenaikan pangkat pegawai berdasarkan syarat syarat pengetahuan, kecakapan, dan pengalaman untuk tiap jabatan. Anajab memberikan dasar yang tepat untuk perencanaan program promosi.
n
6.Mengatasi rasa tidakpuas pegawai dengan memberikan t.jawab, kewajiban, tugas yang sebanding dengan tingkat pembayaran yang seadil-adilnya
7.Memperbaiki kondisi kerja yg menurut anajab berbahaya, kurang nyaman, tdk sehat, dan kurang efektif.
8.Meningkatkan produktivitas pegawai melalui penyederhanaan kerja dan perbaikan metode berdasar anajab.
9.Mempermudah perencanaan organisasi dengan memberikan rumusan yang jelas dari tiap jabatan dan menunjukkan hubungan dari satu jabatan ke jab. lainnya
nISI ANALISA JABATAN
A.Nama jabatan atau pangkat
B.Metode dan prosedur kerja yang sekarang (kewajiban,alat kerja,bahan & perlengkapan, prosedur kerja, t.jawab, pengawasan yg diterima & diberikan, standar hasil kerja)
C.Kondisi fisik dalam lingkungan kerja (tempat kerja, penerangan, ventilasi, kebisingan, temperatur )
D.Hubungan antara pekerjaan yang satu dgn pek. yang lain (bawahan, rekan, kord antar jabatan)
n
E.Kondisi penerimaan karyawan(metode seleksi, lama jam kerja, metode penggajian, status peg., peluang promosi)
F.Ciri-ciri fisik pekerja
G.Karakteristik psikologis pekerja
H.Latar belakang pekerja
n
nAnalisa terhadap pekerja
Ciri-ciri fisik
nkesehatan
nkekuatan & daya tahan
nbesarnya ukuran badan
nketajaman indera, kemampuan motorik
Ciri-ciri psikologis
nkecerdasan
nkarakter, sikap dan tingkah laku pekerja seperti kestabilan emosi, kejujuan dll.
Latar belakang pekerja
nPendidikan
nPengalaman kerja sebelumnya
nLatihan
n
nContoh ANALISA JABATAN
I. RANGKUMAN JABATAN
A.Nama jabatan :
nSub seksi :
nBagian :
nNama instansi :
nAlamat :
B.Golongan gaji :
nGaji pokok :
nGaji bersih :
C.Kedudukan jabatan dlm organisasi
Gambarkan schema organisasi dgn nama-namanya terbatas pd grs hub seperlunya
D.Nama Jabatan
nNama atasan langsung
nNama atasan tidak langsung
nII. Tugas-tugas dan Pelaksanaan
nA.Tugas Pokok dan Tugas Tambahan
A.1. Tugas Pokok
1. …
2…. Dst.
( Tugas pokok adalah tugas utama yang harus dilaksanakan dalam jabatan ini.)
A.2. Tugas Tambahan
1.
2. dst
(Tugas tambahan adl tugas-tugas selain tugas utama ttp secara langsung berkaitan/menunjang jabatan ini )
n
nB. Pelaksanaan Tugas Pokok dan Tugas Tambahan
Uraikan dengan singkat bgm tugas-tugas diatas dilaksanakan, secara satu persatu. Catat pula berapa lama waktu yang digunakan untuk melaksanakan peekrjaan pada setiap itemnya)
B.1. Pelaksanaan tugas pokok
1. Uraian.
Waktu : menit/jam/tidak menentu
2. Uraian
Waktu :
B.2. Pelaksanaan tugas tambahan ( -------sda------)
n
nC. Tugas Berkala
( Tugas berkala adalah tugas-tugs yang secara berkala harus dilakukan. )
1.
2.
Pelaksanaan:
( Uraikan secara singkat bagaimana tugas berkala ini dilakukan dan apa isi laporan tersebut. Catat berapa lama waktu yang digunakan untuk membuat laporan tersebut )
1. Uraian
Waktu : jam/hari/bulan. Dst.
n
nD. Tugas lain-lain
( Tugas lain-lain adalah tugas-tugas selain tugas utama tetapi secara tidak langsung bisa berkaitan atau menunjang jabatan ini.)
1.
2.
Pelaksanaan :
nIII. Tanggung Jawab
nA. Pemberian Pengawasan
1.Secara langsung mengawasi :
a. (jabatan) …. Orang.waktu: % dari jam kerja/hari
b. dst
( sebutkan siapa saja yang diawasi secara langsung/jabatannya dan berapa orang jumlahnya serta berapa lama waktu yang digunakan untuk mengawasinya ).
2. Secara tidak langsung mengawasi :
a. ( jabatan) …orang, waktu: kapan dan contoh pelaksanaan pengawasan.
n
3. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam hal pemberian pengawasan.
(jelaskan bagaimana pejabat tsb memberikan tugas)
n
nB. Penerimaan Pengawasan
1. Instruksi yang diterima karyawan dari atasan :
( Apa saja instruksi yang diterima dari atasan yang berkaitan dengan jabatannya ini )
2. Keputusan yang dpt diambil :
a. Tanpa persetujuan atasan : 1.
2. dst
b. Dengan persetujuan atasan :
1.
2. dst
3. Bagian dari pekerjaan karyawan yg di cek orang lain :
1.
2. dst
4. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam hal penerimaan pengawasan
n
nC. Administrasi
1. Formulir-formulir yg dikerjakan oleh si pejabat. (tuliskan semua formulir tsb dan uraikan nama bentuk, dan digunakan untuk apa formulir tsb)
2. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam hal ketelitian kerja administrasi.
3. Gambaran tanggung karyawan thp timbulnya kerugian finansial sbg akibat kelalaian karyawan dalam mencatat, filing dan menghitung )
n
nD. Keuangan dan surat-surat berharga
1. Karyawan berhadapan /tidak dengan uang dan surat berharga dalam melakukan tugasnya.
2. Gambaran tanggung jawab karyawan di bdiang keuangan dan surat-surat berharga.
n
nE. Alat-Alat, Instrumen dan mesin-mesin
1. Alat, instrumen atau mesin yg dipakai karyawan :
(sebutkan alatnya, dan waktu penggunaannya brp % dri /hari kerjanya. Mis: telpon.waktu 30 % )
n
2. Suplies yg berhubungan dgn karyawan:
( sebutkan stationary apa saja yg digunakan)
3. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam hal alat-alat instrumen atau mesin:
( misalnya bertanggung jawab atasan mobil dinas dan pemeliharaannya atau penyimpanannya)
n
nF. Kontak Sosial
1. Hubungan yg dijalankan karyawan didalam perusahaan untuk dpt melaksanakan pekerjaannya:
a. dgn atasan langsung: ( untuk apa ?)
b.
dgn bagian ini .
c.
dgn cabang itu .
2. Hungan yg dijalankan karyawan diluar perusahaan untuk dpt melaksanakan pekerjaannya;
a. misal dgn Pemda, (untuk apa)
b. ….
n
nG.Kerahasiaan
1. Rahasia perusahaan yg diketahui karyawan :
2. Gambaran tanggung jawab karyawan ttg kerahasiaan dlm perusahaan
( uraikan singkat seberapa rahasia, dan kalau bocor rahasia itu gimana. Apa effeknya bagi perusahaan )
nH. Metode kerja
1. (ada atau tdk metode kerja yg dipakai karyawan dalam menjalankan pekerjaannya )
2. Gambaran tanggung jawab karyawan atas metode kerja.
nIV. LINGKUNGAN KERJA
n1. Persentase yang dipakai karyawan setiap harinya dalam hal
a. berdiri
b. berjalan
c. duduk
n2.Lama kerja karyawan selama 1 minggu, dan perinciannya.
n3.Jam lembur dalam arti dibayar gaji lembur bagi karyawan : ada atau tidak
n4. Tugas khusus diluar peekrjaan sehari-hari : ada /tidak
n5. Pekerjaan yg meliputi dalam/luar kota:ada/tidak. (uraikan brp lama diperlukan, untuk apa, pergi ke ?)
n6. Bahaya dan kemungkinan kecelakaan yg ada ditempat kerja karyawan: (uraikan misalnya gedung roboh, kecelakaan l alu lintas atau kemungkinan lain)
n7. a. Pekerjaan bersifat monoton/bervariasi, melelahkan atau tidak
b. Lingkunagn atau tempat kerja yg menyebabkan pekerjaan tsb kurang menyenangkan.
n
n
n8. Lingkungan atau tempat kerja yg menyebabkan pekerjaan tsb kurang menyenangkan.
nV.
PERSYARATAN JABATAN
nA. PENDIDIKAN
Taraf pendidikan formal yg minimal diperlukan untuk jabatan ini
contoh : minimal
D III Politeknik jurusan teknik mesin dengan pengalaman kerja 5 tahun
nB. LATIHAN JABATAN
1. Dengan syarat pendidikan formal yg minimal, diperlukan Job
Training selama .. bulan agar dapat melaksanakan tugasnya dalam jabatan ini dengan baik
2. Pelatihan lain yg dibutuhkan guna menunjang tugasnya adalah
3. Waktu yg dibutuhkan untuk dapat menguasainya ialah … tahun pengalaman kerja
n
nC.
PENGALAMAN KERJA
1. Karyawan telah ….bulan/tahun memegang jabatan ini
3. Pengalaman jabatan khusus yg dijadikan dasar dalam menentukan gaji karyawan dan tidak didasarkan pada ijasah pendidikannya :
4. Pengalaman lain yg diperlukan bagi pemegang jabatan ini
nD.
LAIN-LAIN
1. Umur minimal yg diperlukan untuk jabatan ini :
2. Sebaiknya yg memegang jabatan ini adalah :
a. Pria b. wanita
nE. Persyaratan Psikologis
nUraian Psikologis menguraikan :
a. aspek-aspek psikologis yg diperlukan untuk jabatan ini
b. Sampai taraf berapa aspek itu diperlukan
c. berapa sering aspek psikologis tsb dijumpai.
nKETERANGAN :
n
TARAF NILAI Frekwensi
Rendah 1 Jarang sekali
dibawah rata2 2 jarang
Rata2 3 biasa
Diatas rata-rata 4 sering
Tinggi 5 sering sekali
n