Sunday 12 April 2015

ANALISA JABATAN

ANALISA JABATAN

MANFAAT ANALISA JABATAN

Informasi yang dihasilkan anajab dpt digunakan untuk:
1.Mengorganisir dan mengintegrasi seluruh tenaga kerja berdasarkan kewajiban dan t.jawab jabatan
2.Menerima, memilih dan menempatkan pegawai berdasarkan syarat-syarat perorangan, sifat, kecerdasan, kecakapan dll.
3.Mengadakan program latihan guna memberikan pengetahuan dan kecakapan yang diperlukan
n
4.Administrasi upah dan gaji yang berusaha memberikan kompensasi berdasarkan kecakapan yg diperlukan, sukarnya kewajiban, beratnya t jawab, dan syarat syarat perorangan yang diperlukan
5.Mengadakan pemindahan dan kenaikan pangkat pegawai berdasarkan syarat syarat pengetahuan, kecakapan, dan pengalaman untuk tiap jabatan. Anajab memberikan dasar yang tepat untuk perencanaan program promosi
n
6.Mengatasi rasa tidakpuas pegawai dengan memberikan t.jawab, kewajiban, tugas yang sebanding  dengan tingkat pembayaran yang seadil-adilnya
7.Memperbaiki kondisi kerja yg menurut anajab berbahaya, kurang nyaman, tdk sehat, dan  kurang efektif.
8.Meningkatkan produktivitas pegawai melalui penyederhanaan kerja dan perbaikan metode berdasar anajab.
9.Mempermudah perencanaan organisasi dengan memberikan rumusan yang jelas dari tiap jabatan dan menunjukkan hubungan dari satu jabatan ke jab. lainnya
nISI ANALISA JABATAN
A.Nama jabatan atau pangkat
B.Metode dan prosedur kerja yang sekarang (kewajiban,alat kerja,bahan & perlengkapan, prosedur kerja, t.jawab, pengawasan yg diterima & diberikan, standar hasil kerja)
C.Kondisi fisik dalam lingkungan kerja (tempat kerja, penerangan, ventilasi, kebisingan, temperatur )
D.Hubungan antara pekerjaan yang satu dgn pek. yang lain (bawahan, rekan, kord antar jabatan)
n
E.Kondisi penerimaan karyawan(metode seleksi, lama jam kerja, metode penggajian, status peg., peluang promosi)
F.Ciri-ciri fisik pekerja
G.Karakteristik psikologis  pekerja
H.Latar belakang pekerja
n
nAnalisa terhadap pekerja
Ciri-ciri fisik
nkesehatan
nkekuatan & daya tahan
nbesarnya ukuran badan
nketajaman indera, kemampuan motorik
Ciri-ciri psikologis
nkecerdasan
nkarakter, sikap dan tingkah laku pekerja seperti kestabilan emosi, kejujuan dll.
Latar belakang pekerja
nPendidikan
nPengalaman kerja sebelumnya
nLatihan
n
nContoh ANALISA JABATAN
I. RANGKUMAN JABATAN
A.Nama jabatan  :
nSub seksi  :
nBagian  :
nNama instansi  :
nAlamat  :
B.Golongan gaji  :
nGaji pokok  :
nGaji bersih  :
C.Kedudukan jabatan dlm organisasi
  Gambarkan schema organisasi dgn nama-namanya terbatas pd grs hub seperlunya
D.Nama Jabatan
nNama atasan langsung
nNama atasan tidak langsung
nII. Tugas-tugas dan Pelaksanaan
nA.Tugas Pokok dan Tugas Tambahan
  A.1. Tugas Pokok
  1. …
           2…. Dst.
  ( Tugas pokok adalah tugas utama yang harus dilaksanakan dalam jabatan ini.)
  A.2. Tugas Tambahan
  1.
  2. dst
         (Tugas tambahan adl tugas-tugas selain tugas utama ttp secara langsung berkaitan/menunjang jabatan ini )
n
nB. Pelaksanaan Tugas Pokok dan Tugas  Tambahan
   Uraikan dengan singkat bgm tugas-tugas diatas dilaksanakan, secara satu persatu. Catat pula berapa lama waktu yang digunakan untuk melaksanakan peekrjaan pada setiap itemnya)
  B.1. Pelaksanaan tugas pokok
  1. Uraian.
               Waktu :   menit/jam/tidak menentu
           2. Uraian
       Waktu  :
  B.2. Pelaksanaan tugas tambahan (  -------sda------)
n
nC. Tugas Berkala
  ( Tugas berkala adalah tugas-tugs yang secara berkala harus dilakukan. )
  1.
  2.
  Pelaksanaan:
   (  Uraikan secara singkat bagaimana tugas berkala ini dilakukan dan apa isi laporan tersebut. Catat berapa lama waktu yang digunakan untuk membuat laporan tersebut )
  1. Uraian
      Waktu :  jam/hari/bulan. Dst.
n
nD. Tugas lain-lain
  ( Tugas lain-lain adalah tugas-tugas selain tugas utama tetapi secara tidak langsung bisa berkaitan atau menunjang jabatan ini.)
  1.
  2.
  Pelaksanaan :
nIII. Tanggung Jawab
nA. Pemberian Pengawasan
  1.Secara langsung mengawasi :
  a. (jabatan)  ….   Orang.waktu: %   dari jam   kerja/hari
  b. dst
  ( sebutkan siapa saja yang diawasi   secara langsung/jabatannya dan   berapa orang jumlahnya serta berapa   lama waktu yang digunakan untuk   mengawasinya ).
  2. Secara tidak langsung mengawasi :
  a. ( jabatan)  …orang, waktu: kapan   dan contoh pelaksanaan pengawasan.
n
3. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam hal pemberian pengawasan.
  (jelaskan bagaimana pejabat tsb memberikan tugas)
n
nB. Penerimaan Pengawasan
  1. Instruksi yang diterima karyawan dari atasan :
  ( Apa saja instruksi yang diterima dari atasan   yang berkaitan dengan jabatannya  ini )
  2. Keputusan yang dpt diambil :
  a. Tanpa persetujuan atasan :                1.
  2. dst
  b. Dengan persetujuan atasan
  1.
  2. dst
        3. Bagian dari pekerjaan karyawan yg di cek   orang lain :
  1.
  2. dst 
  4. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam   hal penerimaan pengawasan            
n
nC. Administrasi
  1. Formulir-formulir yg dikerjakan oleh si pejabat. (tuliskan semua formulir tsb dan uraikan nama bentuk, dan digunakan untuk apa formulir tsb)
  2. Gambaran tanggung jawab karyawan dalam hal ketelitian kerja administrasi.
  3. Gambaran tanggung karyawan thp timbulnya kerugian finansial sbg akibat kelalaian karyawan dalam mencatat, filing dan menghitung )
n
nD. Keuangan dan surat-surat berharga
  1. Karyawan berhadapan /tidak dengan uang dan surat berharga dalam melakukan tugasnya.
  2. Gambaran tanggung jawab karyawan di bdiang keuangan dan surat-surat berharga.
n
nE. Alat-Alat, Instrumen dan mesin-mesin
    1. Alat, instrumen atau mesin yg dipakai   karyawan :
   (sebutkan alatnya, dan waktu   penggunaannya brp % dri /hari   kerjanya. Mis: telpon.waktu 30 % )
n
  2. Suplies yg berhubungan dgn   karyawan:
     ( sebutkan stationary apa saja yg   digunakan)
   3. Gambaran tanggung jawab   karyawan dalam hal alat-alat   instrumen atau mesin:
  ( misalnya bertanggung jawab   atasan mobil dinas dan   pemeliharaannya atau   penyimpanannya)
n
nF. Kontak Sosial
  1. Hubungan yg dijalankan karyawan         didalam perusahaan untuk dpt melaksanakan pekerjaannya:
  a. dgn atasan langsung: ( untuk apa ?)
             b. dgn bagian ini .
             c. dgn cabang itu .
        2. Hungan yg dijalankan karyawan diluar perusahaan untuk dpt melaksanakan pekerjaannya;
  a. misal dgn Pemda, (untuk apa)
             b. ….
       
n
nG.Kerahasiaan
  1. Rahasia perusahaan yg diketahui    karyawan :
     2. Gambaran tanggung jawab   karyawan     ttg kerahasiaan dlm   perusahaan
     ( uraikan singkat seberapa rahasia,   dan   kalau bocor rahasia itu   gimana.   Apa effeknya bagi   perusahaan )
nH. Metode kerja
   1. (ada atau tdk metode kerja yg dipakai   karyawan dalam menjalankan   pekerjaannya )
   2. Gambaran tanggung jawab karyawan   atas metode kerja.
nIV. LINGKUNGAN KERJA
n1. Persentase yang dipakai karyawan setiap harinya dalam hal
    a. berdiri
   b. berjalan
    c. duduk
n2.Lama kerja karyawan selama 1 minggu, dan perinciannya.
n3.Jam lembur dalam arti dibayar gaji lembur bagi karyawan : ada     atau tidak
n4. Tugas khusus diluar peekrjaan sehari-hari : ada /tidak
n5. Pekerjaan yg meliputi dalam/luar kota:ada/tidak. (uraikan brp   lama diperlukan, untuk apa, pergi ke ?)
n6. Bahaya dan kemungkinan kecelakaan yg ada ditempat kerja   karyawan: (uraikan misalnya gedung roboh, kecelakaanalu lintas atau kemungkinan lain)
n7. a. Pekerjaan bersifat monoton/bervariasi, melelahkan atau   tidak
       b. Lingkunagn atau tempat kerja yg menyebabkan pekerjaan   tsb kurang menyenangkan.
n
n
n8. Lingkungan atau tempat kerja yg menyebabkan pekerjaan tsb kurang menyenangkan.
nV. PERSYARATAN  JABATAN
nA. PENDIDIKAN
  Taraf pendidikan formal yg minimal diperlukan untuk jabatan ini
     contoh : minimal D III Politeknik jurusan teknik mesin dengan pengalaman kerja 5 tahun
nB. LATIHAN JABATAN
     1. Dengan syarat pendidikan formal yg minimal,  diperlukan Job Training selama .. bulan agar dapat melaksanakan tugasnya dalam jabatan ini dengan baik
     2. Pelatihan lain yg dibutuhkan guna menunjang tugasnya adalah
     3. Waktu yg dibutuhkan untuk dapat menguasainya ialahtahun pengalaman kerja
n
nC. PENGALAMAN KERJA
    1. Karyawan telah ….bulan/tahun     memegang     jabatan ini
    2. Jabatan lain yg berguna untuk karyawan melaksanakan jabatan ini (pengalaman sebelim ini )
    3. Pengalaman jabatan khusus yg dijadikan dasar dalam menentukan gaji karyawan dan tidak didasarkan pada  ijasah pendidikannya :
    4. Pengalaman lain yg diperlukan bagi pemegang jabatan ini
nD. LAIN-LAIN
    1. Umur minimal yg diperlukan untuk  jabatan ini :
 2. Sebaiknya yg memegang jabatan ini  adalah :
           a. Pria       b. wanita
 
nE. Persyaratan Psikologis
nUraian Psikologis menguraikan :
  a. aspek-aspek psikologis yg diperlukan untuk jabatan ini
   b. Sampai taraf berapa aspek itu diperlukan
   c. berapa sering aspek psikologis  tsb dijumpai.
nKETERANGAN :
n
TARAF                      NILAI                  Frekwensi
Rendah                         1                    Jarang sekali
dibawah rata2               2                     jarang
Rata2                            3                     biasa
Diatas rata-rata             4                     sering
Tinggi                            5                     sering sekali

n

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...