Sunday 12 April 2015

kisi-kisi klinis

1.      Sebutkan defenisi retardasi mental !
Menurut American Association Mental Retardation (AAMR, 2002 ) retardasi mental adalah suatu disabilitas yang ditandai dengan suatu limitasi/keterbatasan yang bermakna baik dalam fungsi intelektual maupun perilaku adaptif yang diekspresikan dalam keterampilan konseptual, social dan praktis.

2.      Jelaskan klasifikasi retardasi mental secara singkat !
a.       Retardasi mental ringan
IQ berkisar antara 50 sampai 69 menunjukkan retardasi mental ringan. umur mental 8 -11 tahun, dapat dilatih dan dididik
b.      Retardasi mental sedang
Antara IQ 35 hingga 49 umurmental 4 – 8 tahun. Dapat dilatih dan dapat dididik (Trainable &Educable) sampai ke taraf kelas II – III SD.
c.       Retardasi Mental Berat
memiliki IQ antara 32-20 menurut Skala Binet dan antara 39-25 menurut Skala Weschler. kemampuan komunikasi dan motorik anak sangat terbatas, sehingga memerlukan bantuan atau perawatan dari orang lain.

3.      Sebutkan ciri2 anak retardasi mental ringan !
Ciri-cirinya : dapat dilatih dan dididik.
— dapat merawat dirinya dan melakukan semua pekerjaan di rumah.
— dalam keadaan cocok dapat mencari nafkah - tetapi tak dapat bersaing dengan orang lain dan tak dapat mengurus pekerjaannya dengan bijaksana, sehingga bila ada penghematan tenaga kerja, penderita diberhentikan lebih dahulu.
— tidak dapat dididik di sekolah biasa tetapi harus di lembaga istimewa atau Sekolah Luar Biasa.
— pada saat menginjak Taman Kanak-kanak belum tampak kekurangannya, sesudah menginjak Sekolah Dasar tampakkurang kepandaiannya, sehingga sukar untuk naik kelas (kelas I SD - 3 tahun)
— tak dapat berfikir secara abstrak, hanya hal-hal konkrit yang dapat difahami.
— kurang dapat membedakan hal-hal yang penting dan remeh atau hal-hal yang baik dan buruk, sehingga mudah tersangkut perkara kriminil. Oleh karena itu perlu pengawasan orang tua dalam melakukan aktivitasnya.
— koordinasi motorik tidak mengalami gangguan.
— perkembangan fisik biasanya normal tetapi perkembangan bicara biasanya masih terlambat (biasanya bicara kurang sempurna dan perbendaharaan kata-kata kurang).

4.      Jelaskan secara singkat apa penyebab retardasi mental!
a.      Faktor prenatal ( konsumsi alkohol saat hamil, ibu hamil yang menggunakan bahan-bahan kimia, dan nutrisi yang buruk. Penyakit ibu, seperti sifilis. Komplikasi kelahiran sprti kekurangan oksigen dan cidera kepala, prematur,dll)
b.      Faktor Psikososial(lingkungan rumah atau sosial yang miskin, yaitu yang tidak memberikan stimulasi intelektual, penelantaran, atau kekerasan dari orang tua)
c.       Faktor Biologis(. Pengaruh genetik yaitu gangguan gen majemuk disebut tuberous sclerosis, Pengaruh kromosomal sprti down syndrome dan fragile X syndrome)
d.      Kondisi Emosi Anak Retardasi Mental(Perkembangan dorongan (drive) dan emosi berkaitan dengan derajat berat ringannya retardasi mental tersebut.)

5.      Apa yang anda ketahui tentang play therapy !

Terapi yang diberikan kepada anak retardasi mental dengan cara bermain, misalnya: memberikan pelajaran tentang hitungan, anak diajarkan dengan cara sosiodrama, bermain jual-beli.

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...