Sunday 12 April 2015

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
Alasan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Pendekatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Penyebab Kecelakaan Kerja
1. Peristiwa-peristiwa secara kebetulan
-Bencana Alam
-Gedung yang rubuh
2. Kondisi dan Tindakan Yang Membahayakan
-Perlengkapan dan penjagaannya kurang baik.
-Perlengakapan yang rusak
-Susunan atau prosedur yang berbahaya
-Tempat penyimpanan yang membahayakan
-Penerapan yang kurang memadai, cahaya yang kurang atau menyilaukan.
-Ventilasi yang kurang baik, pergantian udara yang tidak cukup.
Lanjutan,,,
2. Perbuatan-perbuatan yang membahayakan
-Menyelenggarakan pekerjaan tanpa wewenang.
-Lalai meminjamin perlengkapan & peringatan akan bahaya yang mungkin menimpa
-Lalai menggunkan APD
-Melemparkan bahan-bahan
-Bekerja terlalu lambat atau terlalu cepat
-Menggunakan perlengkapan membahayakan
-Menggunakan prosedur2 membahayakan
-
Hal-hal yg dapat dilakukan untuk mencegah kecelakaan
Program bantuan karyawan (Employee Assistance Program)
  Kebanyakan perusahaan harus berhadapan dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh karyawannya. Beberapa perusahaan melakukan solusi dalam menghadapi permasalahan tersebut dengan cara memberikan konseling.
Employee Assistance Program (EAP)
Program yang menangani :
Permasalahan yang berkaitan dengan   produktifitas kerja (work-related problems)
Permasalahan pribadi yang berdampak pada kinerja karyawan dalam bekerja
Mengapa Perlu EAP?
Kesejahteraan fisik & kesejahteraan non-fisik   (psikologis) karyawan sama pentingnya
Kehidupan karyawan : sebagai personal &   sebagai profesional saling mempengaruhi
Karyawan perlu memiliki keseimbangan dalam   kehidupannya sebagai pribadi dan sebagai pekerja/profesional
Manfaat EAP
Kesempatan bagi karyawan untuk mendapat dukungan membantu dirinya sendiri menghadapi dan mengatasi permasalahan yang dihadapinya
Membantu organisasi/perusahaan dalam menangani permasalahan yang dihadapi karyawan
Kepedulian organisasi atau perusahaan  terhadap kesejahteraan non-fisik karyawan akan berdampak pada produktifitas dan efektifitas kerja karyawan
Jenis Pelayanan dlm EAP
1.Orientasi EAP untuk karyawan dan keluarga
2.Konseling psikologis
3.Seminar tentang isu Work-Life Balance
4.Training EAP untuk supervisor/manager
5.Tindak lanjut & Rujukan
Permasalahan
yang ditangani
*Pekerjaan dan lingkungan kerja
*Perkawinan dan keluarga
*Pengasuhan dan pendidikan anak
*Mengelola stres
*Menghadapi dan mengatasi kecemasan, depresi, stres pasca trauma
*Penyesuaian terhadap perubahan dalam kehidupan
*Kesehatan fisik yang berdampak terhadap kesehatan mental
*Penggunaan narkoba
*Penyesuaian lintas budaya
   Kapan perlu EAP?
Karyawan atau anggota keluarganya dapat menghubungi EAP, jika (antara lain):
* Mengalami rasa khawatir yang berkepanjangan          karena masalah yang dihadapi
*
* Menyadari adanya permasalahan namun tidak tahu kemana mencari bantuan untuk membicarakannya
* Pekerjaan, kesehatan, kehidupan keluarga dan sosialnya menjadi terpengaruh akibat masalah yang dihadapinya
TERIMA KASIH

Yudisium mahasiwa UNPRI pada tgl 18 september 2016

Acara pelepasan wisudawan dan wisudawati psikologi S1 angkatan ke 5 Yudisium mahasiwa Unpri jurusan psikologi, kegiatan ini juga akan ...